Mitsubishi Colt T120

Mitsubishi Colt T120 lama

Mitsubishi Colt T120 yang beredar diIndonesia sebenarnya adalah nama lain dari Mitsubishi Delica yang beredar di negara asalnya Jepang. Nama “Delica” sendiri adalah singkatan dari DELIvery CAR. Entah kenapa ATPM Mitsubishi, Krama Yudha Tiga Berlian Motor malah memberi nama mobil ini denga nama colt. Padahal nama colt sendiri adalah nama dari varian sedan kompak buatan Mitsubishi yang juga beredar diIndonesia tahun 60an.


Mobil ini menjadi salah satu penggerak hidupnya perusahaan karoseri yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan mobil ini awalnya hanya dijual sebagai mobil barang (pick up). Lambat laun karena ketanguhannya mobil ini dipakai untuk angkutan umum dan mobil penumpang. Bahkan perusahaan karoseri besar bernama New Armada awalnya tumbuh karena pesanan membuat versi minibus dari Colt T120 ini pada pemilu tahun 1980. Versi minibus untuk keluaran 80an bentuknya masih serasi dengan model body aslinya dengan bagian belakang membulat dan kaca samping model geser yang agak miring bentuknya. Mobil ini jika dibuat versi minibus bisa memuat sampai 12 orang, namun jika hanya dibuat 9 penumpang maka ruang kakinya akan terasa luas karena memang ukuran baknya terbilang sangat luas dibanding mobil pickup lain seangkatannya. Rata rata untuk versi minibus karoseri hanya ada model 3 pintu saja, namun tidak menutup kemungkinan ada juga versi minibus Jepang yang sudah dilengkapi dengan sliding door.

Mobil ini menggunakan mesin 4G41 Neptune 86 berkapasitas 1378cc (1400cc). Mesin OHV 4 silinder segaris yang blok mesinnya terbuat dari iron cast ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 86Ps pada 6000Rpm dan torsi 115Nm pada 4000Rpm. Mesin Neptune 86 ini adalah mesin Mitsubishi terakhir yang masih menggunakan teknologi OHV dengan blok mesin yang terbuat dari biji besi tuang (cast iron). Mesin ini memiliki ukuran bore x stroke yang nyaris square. Yaitu 76.5 x 75mm dengan rasio kompresi sedang sebesar 9:1. Mesin ini terakhir dipasang di Colt T120 tahun 1981 sebelum akhirnya Mitsubishi mengeluarkan Colt L300 ditahun yang sama.

Mobil yang tersohor lewat jingle “Eng…Ing…Eng” dari komedian Benyamin S ini Terkenal bandel dan minim perawatan. Bahkan karena saking bandelnya dari 33,525 unit yang terjual banyak diantaranya yang masih menjadi mesin pencetak uang andalan pengusaha sampai sekarang. Bahkan ada slentingan yang bilang Mitsubishi bisa bangkrut kalau mobil ini masih dijual lagi karena mobil ini susah dan nggak rusak rusak.

Kelebihan dan kelemahan mobil ini hampir sama dengan Mitsubishi Colt L300 bensin yang keluar setelah produksi mobil ini dihentikan. Bedanya, material besi mobil ini lebih tebal dan kokoh sehingga masih jadi favorit untuk angkut barang secara overload dibeberapa daerah. Selain untuk usaha, mobil juga jadi barang klangenan atau hobi dan disimpan untuk kenangan karena bentuknya yang cantik dan sangat kental nuansa era 70an walaupun mobil ini adalah mobil pickup. Dimodifikasi juga masih pantas apalagi jika dipakaikan velg celong seperti velg Shelby dan sedikit diceperkan dengan body standar yang memang sudah bagus. Harga jual mobil ini tergolong stabil dan masih memiliki value. Rata-rata dijual seharga 10 sampai 35 juta rupiah tergantung kondisi dan penjualnya karena memang harganya gelap.

Spesifikasi Mitsubishi Colt T120 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Colt T120
Jenis Pickup
Minibus (karoseri)
Tipe T120
Mesin 4G41 Neptune OHV 1400cc
Bore X Stroke 76.5 X 75.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.120 mm
Panjang 3.840 mm
Lebar 1.540 mm
Tinggi 1.640 mm

2 Responses to "Mitsubishi Colt T120"