Daihatsu Charmant A60

Daihatsu Charmant


Daihatsu Charmant adalah sedan kompak buatan Daihatsu yang diproduksi mulai tahun 1974. Daihatsu Charmant yang hadir di Indonesia adalah Charmant generasi kedua yang diperkenalkan oleh Daihatsu sekitar tahun 1981 di ajang Frankfurt Motor Show. Arti kata Charmant sendiri adalah charming atau menawan jika dibahasa Indonesiakan. Kata Charmant sendiri berasal dari bahasa Perancis.

Mobil ini bisa dibilang merupakan strategi mobil kembar Toyota - Daihatsu yang pertama di Indonesia. Jika pada tahun itu Toyota menghadirkan Corolla KE70 atau yang lebih dikenal dengan nama Corolla DX, maka Daihatsu memperkenalkan Daihatsu Charmant ini. Corolla DX sendiri mempunyai pangsa pasar untuk kaum menengah yang ingin memiliki sedan sedangkan Daihatsu Charmant dikenakan untuk kaum priyai sekelas dengan Mercedes Benz / Peugeot. Karena itulah unit Daihatsu Charmant ini terbilang jarang karena hanya orang tertentu yang bisa membelinya pada saat itu.

Sebenarnya Daihatsu Charmant ini dihadirkan dalam beberapa tipe yaitu Charmant LC, Charmant LD dan Charmant LE. Perbedaannya ada pada tipe mesin dan kelengkapannya seperti misalnya Daihatsu Charmant LC menggunakan mesin K series seperti pada Corolla atau Kijang sedangkan Charmant LD menggunakan mesin 4A-C. Sayangnya di Indonesia sendiri hanya Daihatsu Charmant LD yang dipasarkan oleh Daihatsu. Untuk tipe lainnya bisa saja masuk melalui importir umum. Di Jepang, Charmant dijual dalam 2 varian yaitu Charmant A35 yang bermesin 4K seperti Corolla DX dan Charmant A55 yang bermesin 3A SOHC 1500cc. Versi Indonesia adalah Charmant dengan spesifikasi mesin tertinggi dan merupakan contoh kasus langka dimana versi JDM lebih rendah dibanding versi Indonesia.

Perbedaan Daihatsu Charmant dengan Corolla DX yang paling menonjol (eksterior) adalah perbedaan lampu utama, lampu belakang, lampu sein, kaca belakang, grill dan bumper. Dari luar, Daihatsu Charmant terlihat lebih elegan dibanding Corolla DX. Sedangkan pada interiornya sendiri mobil ini menggunakan warna beige pada dashboard ,jok dan trim. Selain itu untuk menunjukkan bahwa mobil ini merupakan mobil mewah pada bagian tengah dashboard dilengkapi dengan panel kayu yang melintang dari sisi kanan ke kiri.


Mesin yang digunakan Daihatsu Charmant ini adalah Toyota 4A karburator dengan konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 8 valve dengan kapasitas mesin 1600cc. Di Indonesia, mesin ini juga dapat ditemukan di Corona GL dan EX Saloon 1600cc. Mesin dengan cylinder block terbuat dari cast iron dan cylinder head dari almunium ini sanggup menghasilkan tenaga sebasar 84Hp pada 5600Rpm dan torsi sebesar 130Nm pada 3600Rpm. Tenaga mesinnya kemudian disalurkan ke roda belakang dan dihubungkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Gearbox manual yang dipakai Charmant ini lagi-lagi memakai buatan Toyota dengan gearbox Toyota T50.

Ada yang bilang, Daihatsu Charmant ini adalah satu-satunya mobil yang paling mirip dengan Toyota Corolla AE86 di Indonesia meski merknya adalah Daihatsu. Mesin yang dipakai Daihatsu Charmant ini adalah mesin Toyota 4A-C karburator dan gearbox T50 yang sama dengan yang digunakan Toyota Corolla Trueno AE86 baik sedan maupun hatchback dengan trim level DX dan SR5 di Amerika Utara. Harganya yang relatif lebih murah membuat Charmant lumayan diminati di ajang balap retro dimana mesin 4A-GE seperti pada AE86 JDM bisa dengan mudah dipasang ke Charmant tanpa banyak penyesuaian. Walau bagian permesinannya mirip, namun bagian sasis dan kaki-kaki mobil ini tetap lebih mirip dengan Corolla E70 atau Corolla DX di Indonesia.

Daihatsu Charmant ini sendiri diedarkan sampai tahun 1986. Pada tahun produksi 1986 Daihatsu Charmant ini sudah dilengkapi dengan Power Steering, AC, Cool Box dan juga Fuel Lid Opener (pembuka tutup tanki bensin dari dalam kabin). Penjualan mobil ini begitu buruk walaupun akhirnya dijual dengan harga yang lebih murah dibanding kembarannya dimana Charmant dijual 12 juta sementara Corolla DX 14 juta dan Corolla GL/SE saloon 24 juta. Pada edisi paling akhir sebelum perpisahan, Daihatsu Charmant dibekali dengan radio tape cassete player dari Blaupunkt London MR-21 dan speaker tl-1680 yang juga dari Blaupunkt.

Daihatsu Charmant modifikasi

Kelebihan Daihatsu Charmant adalah sudah adanya power steering dari pabriknya. Selain itu mesin 4Anya terkenal bandel dan cukup kencang. Urusan swap engine pilihannya bisa menggunakan Toyota 4A family seperti 4A-GE, 5A-FE, 7A dll tanpa banyak merubah dudukan atau mounting. Fitur fiturnya dibanding Corolla DX jelas lebih lengkap. Dan terakhir mobil ini bisa dibilang AE86 dalam bentuk sedan 4 pintu yang bisa didapat dengan harga murah.

Kelemahan Daihatsu Charmant adalah bodynya lebih rawan terhadap karat bahkan dibanding mobil Jepang lain dimasanya. Parahnya lagi part body mobil ini lumayan sulit didapat kecuali mau mencari sampai ke junk yard alias kampakan. Selain itu karena mobil ini benar benar underrated, terkadang untuk mencari part di toko onderdil penjaga tokonya akan bingung dengan mobil ini karena Daihatsu sendiri sepertinya sudah melupakan sejarah akan pernah terciptanya mobil ini

Spesifikasi Daihatsu Charmant ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daihatsu Charmant
Jenis Sedan
Tipe A60
Mesin 4A-C SOHC 1600cc
Bore X Stroke 81 X 77 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.400 mm
Panjang 4,203 mm
Lebar 1,625 mm
Tinggi 1,380 mm

0 Response to "Daihatsu Charmant A60"

Post a Comment