Toyota Corona TT TT132

Toyota Corona TT132

Toyota Corona TT adalah sedan yang dijual di Indonesia pada awal tahun 1980an. Mobil ini dijual untuk melawan beberapa sedan kaum aristokrat lainnya seperti Honda Accord dan Peugeot 504. Seri ini dinamakan Corona TT TT132 karena kode T pertama adalah kode mesin yang berarti mobil ini menggunakan mesin seri Toyota seri T. T kedua kode designasi atau kode desain dimana T untuk Corona. Sedangkan untuk 132 sendiri adalah seri body dari generasi model ini.

Berbeda dengan Toyota Corona sebelumnya yang bermesin seri R, Toyota Corona TT ini menggunakan mesin seri T. Mesin OHV 3T-C mobil ini berkapasitas 1770cc (1800cc) dengan rasio kompresi 9:1 yang sangup mengeluarkan tenaga 75hp@5000rpm dan torsi 95nm@2600rpm, yang spesial pada mesin ini tidak digunakan timing belt, melainkan diganti dengan timing chain sehingga tidak akan ada masalah timing belt putus. Versi Kencang dari mesin 3T ini adalah 3T-G DOHC yang digunakan pada Toyota Celica.

Perbedaan Corona 2000 dan Corona TT adalah Corona 2000 kodenya RT132, sedangkan Corona TT kodenya TT132. Artinya kedua tipe Corona ini hanya berbeda di seri mesin (18R vs 3T) sedangkan rangka/platform sama2 T132. Selain itu Corona 2000 memiliki body yang sedikit lebih kecil dan memakai bumper chrome pendek dengan spion tanduk. Sedangkan Corona TT memiliki body yang sedikit lebih bongsor dan bemper plastik hitam yang memanjang dengan spion di pintu. Selain itu terdapat perbedaan pada grill, lampu, dsb.

Pada bagian interior sendiri pada Corona 2000 interior berwarna hitam dengan speedometer model memanjang/trapesium, sedangkan Corona TT interior berwarna coklat (ada juga yang merah) sedangkan speedometer model lingkaran. Selain itu, secara umum interior keduanya hampir sama persis. Yang terakhir, Corona 2000 dipasarkan pada tahun 79-80 sedangkan Corona TT hanya dijual pada tahun 1981. Mobil ini hanya diproduksi selama setahun bukan karena merupakan produk gagal. Tapi lebih kearah terlalu besar biaya produksi mobil ini dan mobil ini dianggap dapat mengganggu penyerapan pasar Corona 2000 yang juga muncul pada tahun 1981. Mungkin pada saat itu, mobil ini dimaksudkan untuk mengisi pasar mobil mewah antara Toyota Crown dengan Toyota Corona karena setelah mobil ini discontinue, muncul Toyota Corona Mark II.

Kelebihan Toyota Corona TT ini adalah mesin seri T yang terbukti bandel, kaki kaki tahan jalan rusak, serta spare parts yang mudah didapat. Untuk kelemahannya dibanding corolla adalah bensinnya yang sedikit lebih boros. Hal ini wajar karena kapasitas mesinnya yang lebih besar dibanding Corolla. Untuk harga jual, Corona TT ini cenderung lebih murah dibanding Corolla. Dengan uang 20 juta kadang sudah bisa membawa pulang mobil ini dengan kondisi standar ala kadarnya.

Spesifikasi Toyota Corona TT ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Corona TT TT132
Jenis Sedan
Tipe TT132
Mesin 3T-C OHV 1770cc
Bore X Stroke 85 X 78 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2,525 mm
Panjang 4,490 mm
Lebar 1,655 mm
Tinggi 1.400 mm

18 Responses to "Toyota Corona TT TT132"

  1. saya punya juga hehe pokoke banyak misteri yg blm terpecahkan dibesut dgn mesin 3T

    ReplyDelete
  2. mobil sy transmisinya cuma sampe 4, kok itu transmisinya 5 , waduh sy baru dapet lagi di cat ulang,.. jangan2 mesinya udah diganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kayaknya saya yg salah tulis.. maklum bikin tabelnya copas biar nggak repot.
      coba mesinnya di cek, kalo pake belt berarti bukan mesin aslinya secara buat gerakin camshaft pake timing chain

      Delete
  3. Kelebihan Toyota Corona TT ini adalah mesin seri R yang terbukti bandel, yg betul seri T hehehe

    ReplyDelete
  4. Kelebihan Toyota Corona TT ini adalah mesin seri R yang terbukti bandel, yg betul seri T hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya salah ketik. makasih om koreksinya

      Delete
    2. Saya baru punya corona 81, soal perawatan gimana ya?

      Delete
  5. Ada yg tau bengkel corona 81 yg bagus di medan?

    ReplyDelete
  6. Corona yg thn 77 sma gg gan sama corona 81..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda. tahun 77 julukannya masih Corona Deluxe. cirinya lampu bulat 4 didepan mesin 1600cc.
      tahun 81 ini ada Corona 2000 (lampu kotak 4 mesin seri R 2000cc) sama Corona TT yang diartikel ini

      Delete
  7. Cara perawatan mobil corona deluxe tu ada gg artikel nya gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya sih sama saja deh buat corona tahun 70an. toh mesin dkk sama. cuma bodi yang beda

      Delete
  8. saya pake corona tt sudah sejak th 2002 dan gak pernah rewel, mesin belum pernah bongkar. sekarang ini ada sedikit ngebul..mau bongkar tapi cari parking set nya belum dapat mohon info untuk toko spare part yang menyediakan untuk corona tt dimana ya...trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokasi dimana? klo saya di jogja seringnya ke prabu motor deket alkid buat beli part. kalau nggak cari di grup fb mobil bersangkutan atau bukalapak, tokopedia dsb

      Delete