Toyota Kijang KF20 Doyok

Toyota Kijang Doyok KF20

Dari 4 konsep mobil nasional era 70an, hanya tinggal Toyota Kijang dari Astra yang berhasil bertahan dan berkembang. Model pengembangan Toyota Kijang oleh Astra ini adalah Toyota Kijang KF20. Toyota Kijang Generasi ke 2 yang populer disebut Kijang Doyok ini diperkenalkan pada tahun 1981. Doyok sendiri sebenarnya merupakan nama tokoh komik di koran dan entah apa hubungannya dengan Toyota Kijang ini sehingga disebut Toyota Kijang Doyok. Mobil ini dibuat dan dimaksudkan sebagai pengganti dari Toyota Kijang KF10 Buaya.



Karena kesuksesan Toyota Kijang Buaya, pada tahun 1981 PT. Toyota Astra Motor mengeluarkan model baru dari Toyota Kijang yang memiliki kode KF20. Berbeda dengan model sebelumnya, mobil ini sudah mengusung pintu kaca, knob pintu mobil dan memiliki kunci. Model bodi mobil ini juga sudah semakin mirip dengan mobil sungguhan walau bentuknya masih tetap kotak. Pada awal kemunculannya masih menggunakan lampu bulat yang mirip dengan Kijang sebelumnya. Memasuki tahun 1983, keluar model facelift mobil ini yang menggunakan lampu berbentuk kotak.

Pada awal kemunculannya, mobil ini dibekali dengan mesin 4K 1300cc OHV yang sama dengan mesin Toyota Corolla DX. Namun kemudian pada facelift tahun 1983 mesin yang digunakan diupgrade oleh Toyota dengan mesin 5K 1500cc yang nantinya juga digunakan oleh Kijang Super. Selain upgrade mesin, kijang doyok facelift ini juga sudah mengadopsi booster rem, Perubahan lampu dari yang tadinya bulat ke kotak, perbedaan grill, perubahan rasio diferential transmisi, dan perpindahan letak lampu sein yang berada di sisi lampu.

Jika pada kijang buaya, mobil ini hanya berada dalam bentuk pickup maka pada generasi ini sudah tersedia bentuk minibusnya. Pembuatan body minibus Kijang ini sendiri dilakukan oleh beberapa perusahaan karoseri lokal yang ditunjuk oleh  PT. Toyota Astra Motor. Perusahaan karoseri tersebut adalah karoseri Family dan Comando. Ciri khusus dari minibus masing masing karoseri ini adalah pada karoseri Family,  Toyota Kijang ini memiliki 3 pintu (2 didepan dan 1 di samping kiri). Selain itu pada karoseri family, mobil ini memiliki semacam bagasi di bagian belakang yang bentuknya mirip dengan mobil Colt T120 minibus karya New Armada. Pada tipe ini, semua kursi menghadap ke depan, dan dapat memuat 7 penumpang.

Pada minibus karya karoseri Comando sendiri berbeda dengan karoseri Family. Pada kijang Comando, mobil ini 4 pintu dengan bentuk 2 didepan, 1 di samping kiri belakang pintu depan sebelah kiri dan satu lagi terdapat dibagian belakang mobil dengan bentuk mirip dengan pintu belakang ambulan yang terbagi dua dan membuka kekedua sisi. Selain itu minibus ini dapat mengangkut sampai dengan 8 penumpang dewasa. Hal ini dikarenakan pada bagian belakang mobil ini posisi kursi belakang saling berhadapan dan penumpang duduk saling berhadapan sama seperti pada bangku angkot. Kijang Comando ini berlanjut sampai ke generasi Kijang KF40 dan KF50.

Spesifikasi Toyota Kijang Doyok KF20 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Kijang KF20
Jenis Pickup / Minibus
Tipe KF20
Mesin 4K 1300cc OHV
5K 1500cc OHV
Bore X Stroke 75 mm X 73 mm (4K)
80,5 mm X 73 mm (5K)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

0 Response to "Toyota Kijang KF20 Doyok"

Post a Comment