Audi A4 Typ8D

Audi A4 Typ8D

Audi A4 awalnya diperkenalkan pada tahun 1994 di Eropa. Model ini menggunakan platform B5 yang juga digunakan oleh Volkswagen Passat. Selain dalam bentuk sedan 4 pintu, Audi A4 ini juga tersedia versi station wagon dengan nama Audi A4 Avant yang sayangnya tidak masuk Indonesia. Pada tahun 1997 diperkenalkan model facelift dari Audi A4 ini dan sekaligus awal mula masuknya Audi A4 ke tanah air.


Audi A4 dibekali dengan mesin SOHC V6 2600cc dengan 5 katup per silinder. Mesin ini diklaim dapat mengeluarkan tenaga hingga 125Kw dan top speed sekitar 220km/jam. Selain itu mobil ini juga dibekali dengan transmisi otomatis triptonic 4 percepatan yang dikembangkan dari Porsche 911 dimana pengemudi dapat memilih menggunakan transmisi otomatis atau manual.

Mobil Audi A4 ini memiliki beberapa kelemahan terutama di sektor dapur pacu yang terkenal rentan dan manja. Harga sparepart untuk Audi A4 ini biasanya harganya lebih mahal 1,5 kali lipat dibandingkan mobil eropa sekelasnya yang lain. Untuk perawatannya bisa dibilang rumit sebagai contoh ketika membongkar untuk mengganti thermostat, biaya yang dikenakan bisa mahal karena selain housingnya, masih banyak lagi yang harus dibongkar. Untuk komponen elektrikal sebenarnya sama aja dengan pabrikan lain. Hanya saja partsnya jarang ada toko yang mau stok terutama parts very-very slow moving.
Selain itu mobil ini sangat rentan di bagian modul-modulnya seperti modul ekstra-fan, modul AC dsb.

Walaupun memiliki banyak kelemahan, mobil ini juga masih punya nilai postif dibandingkan dengan mobil eropa lain yang sekelas seperti kenyamanannya yang diatas rata rata mobil eropa (terutama buatan Jerman) lain. Selain itu harga bekasnya juga tergolong hancur karena kelemahannya. Untuk harganya sendiri berada di rentang 30 juta untuk kondisi bahan hingga 100 juta untuk kondisi yang normal. Mobil ini cocok bagi yang mengutamakan kenyamanan namun masih ingin performa yang mumpuni.

Spesifikasi Audi A4 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Audi A4 B5 Typ8D
Jenis Sedan
Tipe A4 Typ8D
Mesin SOHC V6 90° 2600cc 30 Valve
Bore X Stroke 81.0 X 77.4 mm
Sistem Bahan Bakar Multi point sequential indirect injection
Transmisi Triptonic 4 Speed
Wheelbase 2.615 mm
Panjang 4.520 mm
Lebar 1.733 mm
Tinggi 1.415 mm

0 Response to "Audi A4 Typ8D"

Post a Comment