Mitsubishi Lancer Fiore Hatchback

Mitsubishi Lancer Fiore Hatchback
Mitsubishi Lancer Fiore hatchback adalah sebuah varian hatchback dari Mitsubishi new Lancer atau yang dikenal juga sebagai Lancer Fiore sedan yang menjadi basis dari mobil nasional Malaysia, Proton Saga. Berbeda dengan generasi Lancer SL yang menjadi pendahulunya, Lancer Fiore ini menganut sistem gerak roda depan atau FWD. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984/1985 dan produksinya dihantikan pada tahun 1987.

Mitsubishi lancer generasi ke tiga (Fiore) ini bisa dibilang sebuah produk gagal. Gagal disini bukan karena kelemahan atau kejelekan yang ada pada mobil ini terlalu banyak dan banyak masalahnya. Hanya saja pada saat itu kebanyakan orang Indonesia masih belum dapat menerima mobil dengan penggerak roda depan (FF/FWD) seperti Lancer Fiore ini. Karena itulah penjualan mobil ini (terutama versi hatchback) tergolong gagal jika dibandingkan dengan Lancer SL yang beredar sebelumnya hingga sempat merecoki pasaran market leader, Toyota Corolla DX.

Lancer hatchback ini sebenarnya tersedia dalam 2 varian yaitu hatchback 3 pintu dan 5 pintu seperti yang beredar di Indonesia. Untuk mesinnya, mobil ini dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1200cc hingga 1600cc dengan turbo. Lancer Fiore hatchback turbo ini biasa dipakai oleh bintang film Hong Kong, Jackie Chan ketika mengejar penjahat pada film-film tahun 80an nya seperti Police Story series. Sayangnya Lancer Hatchback dengan turbo dan 2 pintu yang dibekali sistem gerak 4WD ini tidak dijual di Indonesia. Di Indonesia sendiri lancer hatchback yang dijual hanyalah sebuah hatchback 5 pintu dengan mesin Satrurn 4G33 berkapasitas 1400cc yang mirip dengan Colt L300.

Mesin 4G33 yang dipakai memakai konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve dan masih memakai karburator. Diklaim mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 80,5hp pada 6300rpm dan torsi 122,6Nm pada 4000rpm. Cukup besar dimana mobil kecil jaman itu masih bermain di angka 70 sampai 80Hp. Mesin yang digunakan Lancer hatchback ini sama dengan mesin versi sedannya yang mirip dengan mesin Mitsubishi Colt L300 bensin. Mesin ini dihubungkan dengan transmisi manual 5 percepatan untuk menggerakkan roda depannya.

Mobil ini memiliki beberapa fitur yang tergolong canggih dimasanya, seperti speedometer digital, dan transmisi yang sudah 5 percepatan. Sayang banyak yang akhirnya mangkrak karena tidak bisa memperbaiki part canggihnya dan juga karna biayanya yang lebih mahal. Karena pada masanya hanya terjual sedikit saja maka mobil ini bisa dikatakan eksklusif karena tidak banyak kembarannya di jalan.

Walaupun unit yang tersedia sedikit dan tidak banyak orang yang tahu, mobil ini harga pasarannya  tergolong murah. Cukup dengan 25 juta rupiah sudah dapat membawa pulang mobil ini. Untuk perawatan terutama bagian mesin tergolong gampang gampang susah karena sparepartnya masih mudah namun agak mahal khas Mitsubishi namun tertutupi oleh kualitas part ori yang tidak mudah rusak. Sayangnya, untuk bodinya tidak demikian karena selain sulit mencarinya juga mobil Jepang saat itu tidak terlalu tahan akan karat.

Spesifikasi Mitsubishi new Lancer Fiore Hatchback ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi new Lancer Fiore Hatchback
Jenis Hatchback
Tipe Fiore Hatchback
Mesin 4G33 Saturn SOHC 1439cc
Bore X Stroke 74,5mm X 86mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 3.995 mm
Lebar 1.635 mm
Tinggi 1.290 mm

0 Response to "Mitsubishi Lancer Fiore Hatchback"

Post a Comment