Mitsubishi Lancer Fiore Hatchback (Lancer Jackie Chan)

Mitsubishi Lancer Fiore Hatchback
Mitsubishi Lancer Jackie Chan atau dengan nama resminya FF Lancer 1400 Hatchback adalah sebuah varian hatchback dari Mitsubishi new Lancer atau yang dikenal juga sebagai Lancer Fiore sedan yang menjadi basis dari mobil nasional Malaysia, Proton Saga. Berbeda dengan generasi Lancer SL yang menjadi pendahulunya, Lancer Fiore ini menganut sistem gerak roda depan atau FWD.

Lancer Fiore hatchback ini mendapat julukan Lancer Jackie Chan karena bintang film asal Hong Kong tersebut sering berlaga menggunakan mobil ini. Film-film era 80an yang dibintanginya seperti Police Story, Rumble in the Bronx, sampai Armour of the God sering memperlihatkan Lancer Fiore hatchback ini untuk mengejar penjahat.

Mitsubishi lancer generasi ke tiga (Fiore) ini bisa dibilang sebuah produk gagal. Gagal disini bukan karena kelemahan atau kejelekan yang ada pada Lancer Fiore hatchback terlalu banyak dan banyak masalahnya. Hanya saja pada saat itu kebanyakan orang Indonesia masih belum dapat menerima mobil dengan penggerak roda depan seperti Lancer Fiore ini. Karena itulah penjualan Lancer Fiore sedan maupun Lancer Fiore hatchback tergolong gagal jika dibandingkan dengan Lancer SL yang beredar sebelumnya hingga sempat merecoki pasaran market leader, Toyota Corolla DX.

Lancer Jackie Chan ini sebenarnya tersedia dalam 2 varian yaitu hatchback 3 pintu dan 5 pintu. Namun seperti biasanya, hanya model hatchback 5 pintu saja yang hadir di Indonesia. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984/1985, secara bentuk mobil ini sama persis dengan Lancer Fiore sedan hanya saja bagian belakangnya yang dibuat menjadi hatchback. Meskipun depannya mirip, bagian belakangnya sudah tidak bisa saling tukar dengan versi sedan dimana lampu belakang Lancer Fiore hatchback disekat serta bumper yang lebih pendek. Lancer Fiore hatchback ini secara resmi produksinya dihantikan pada tahun 1987 meskipun sepertinya di Indonesia hanya sampai tahun 1986 saja.

Mesin yang digunakan Lancer Fiore hatchback sama dengan mesin Lancer Fiore sedan. Mesin Mitsubishi dengan kode 4G33 yang juga sama dengan yang dipakai Mitsubishi Colt L300 bensin ini memakai konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve dan masih memakai karburator. Diklaim mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 80,5hp pada 6300rpm dan torsi 122,6Nm pada 4000rpm. Cukup besar dimana mobil kecil jaman itu masih bermain di angka 70 sampai 80Hp. Mesin ini diletakkan secara transversal dan untuk menyalurkan tenaga mesin keroda depan digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Mobil ini memiliki beberapa fitur yang tergolong canggih dimasanya, seperti speedometer digital, dan transmisi yang sudah 5 percepatan. Sayang banyak yang akhirnya mangkrak karena tidak bisa memperbaiki part canggihnya dan juga karna biayanya yang lebih mahal. Karena pada masanya hanya terjual sedikit saja maka mobil ini bisa dikatakan eksklusif karena tidak banyak kembarannya di jalan.

Bila masih belum puas dengan kelangkaanya, sekitar tahun 1985 terdapat edisi spesial yang diberi nama Porsche Design edition. Perbedaan antara varian standar dengan varian Porsche Design edition ada pada setir, velg yang lebih sporty, roofrack, knob persneling, pembungkus jok serta karpet. Detilnya sendiri entah seperti apa karena populasinya yang jauh lebih langka berhubung harganya yang lebih mahal dibanding varian sedannya yang juga mendapat varian Porsche Design serta varian standarnya. Dulu, varian Porsche Design ini dijual dengan harga 31 juta rupiah.

Walaupun unit yang tersedia sedikit dan tidak banyak orang yang tahu, mobil ini harga pasarannya  tergolong murah. Cukup dengan 25 juta rupiah sudah dapat membawa pulang mobil ini. Untuk perawatan terutama bagian mesin tergolong gampang gampang susah karena sparepartnya masih mudah namun agak mahal khas Mitsubishi namun tertutupi oleh kualitas part ori yang tidak mudah rusak. Sayangnya, untuk bodinya tidak demikian karena selain sulit mencarinya juga mobil Jepang saat itu tidak terlalu tahan akan karat.

Spesifikasi Mitsubishi new Lancer Fiore Hatchback ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi new Lancer Fiore Hatchback
Jenis Hatchback
Tipe C16
Mesin 4G33 Saturn SOHC 1439cc
Bore X Stroke 74.5 X 86.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 3.995 mm
Lebar 1.635 mm
Tinggi 1.290 mm


Comments

Post a Comment