Suzuki Arashi 125

Suzuki Arashi 125

Suzuki Arashi adalah sebuah motor bebek buatan PT Suzuki Indomobil Sales yang diperkenalkan pertama kali tahun 2006. Suzuki Arashi memiliki tampilan depan dengan desain yang terinspirasi Suzuki GSX-R. bagian bagian yang terinspirasi Suzuki GSX-R seperti desain headlamp, front frame cover dan ornamen air duct atraktif. Motor ini merupakan salah satu motor bebek dengan lampu bego (lampu utama bukan di stang) pertama yang beredar di Indonesia. Suzuki Arashi sendiri sudah dikenalkan di Thailand 1 tahun lebih awal dibanding di Indonesia dengan nama Suzuki Katana 125. Arashi sendiri dalam bahasa Jepang memiliki arti Badai.


Secara bentuk, Suzuki Arashi memiliki model yang sangat berbeda dibandingkan dengan motor lain sekelasnya. Lampu utama tidak diletakkan di batok stang namun sebagai gantinya diletakkan di tebeng depan. Anehnya, lampu sein depan masih tetap dipertahankan berada di stang. Sebelah lampu utama sendiri terdapat lubang yang makin menguatkan kesan tampang Supersport Suzuki GSX-R 600. Pada bagian belakangnya terdapat perbedaan dengan Suzuki Shogun berupa lis bodi belakang, behel serta spakbor belakang. Bentuk footstep Arashi juga berbeda karena terdapat lekukan yang membuatnya tampil lebih keren.

Suzuki Arashi memiliki mesin yang sama persis dengan Suzuki Shogun 125 FD. Perbedaanya, motor ini memakai karburator Mikuni vM19 dengan diameter 19mm untuk menyalurkan bahan bakarnya. Untuk menyalurkan tenaga dari mesin SOHC 2 valve berkapasitas 124cc dengan pendingin udara ini, digunakan gearbox manual atau semi otomatis 4 percepatan. Bedanya dengan gearbox Suzuki Shogun 125 adalah rasio perbandingan giginya yang lebih rapat sehingga membuat perpindahan giginya terasa lebih cepat. Perbedaan inilah yang membuat Suzuki Arashi ini memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan Shogun 125. Tercatat tenaga maksimum Suzuki Arashi mencapai 9,5 PS pada 7500rpm sedangkan Suzuki Arashi 125R mencapai 10,8 PS pada 8000rpm.

Selama masa edarnya, Suzuki Arashi dibagi menjadi 2 varian yaitu Suzuki Arashi 125 dan Suzuki Arashi 125R. Suzuki Arashi 125 lebih diperuntukkan untuk kendaraan komuter harian yang tidak terlalu mementingkan performa sementara Suzuki Arashi 125R lebih berorientasi ke performa walau keduanya memiliki tenaga yang mirip. Perbedaan utama antar keduanya adalah Suzuki Arashi 125 dilengkapi dengan starter elektrik sedangkan Suzuki Arashi 125R tidak dilengkapi dengan starter elektrik. Sebagai gantinya, Arashi 125 tidak ada kopling manual sementara Arashi 125R memiliki kopling manual dan tenaga yang lebih besar dibanding Suzuki Arashi 125.

Pada tahun 2008, Suzuki Arashi mendapatkan facelift berupa warna dan stripng baru. Selain itu mulai tersedia pula velg cast wheel yang tidak ada pada model awal Suzuki Arashi ini. Velg racing atau Cast Wheel ini memiliki bentuk yang sama dengan yang ada pada Suzuki Smash. Sayangnya ukuran disc brake atau rem cakramnya sama dengan yang dipakai Suzuki Smash. Berbeda dengan Suzuki Shogun 125SP yang memakai velg Satria dan disc brake besar yang juga dipakai Satria F 150. Lebih disayangkannya lagi, sampai facelift terakhir masih tetap tidak disediakan rem cakram belakang seperti Suzuki Shogun SP.

Kini Suzuki Arashi populasinya sudah semakin jarang. Ini menjadikannya salah satu motor kencang yang jarang terlihat sehingga terlihat eksklusif dijalanan. Bentuknya yang kala itu masih terlihat begitu aneh dimata orang Indonesia menjadikan penjualan motor ini semakin menurun. Dipasaran, motor ini biasanya hanya laku 3 sampai 5 juta tergantung kondisi dan kelengkapannya. Kelengkapan bodi sangat penting karena part inilah yang menjadi buruan utama para pemilik Arashi. Motor ini boleh jadi menjadi salah satu pilihan speed freak dengan budget minim karena lumayan kencang namun harganya murah.

Spesifikasi Suzuki Arashi 125 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Arashi 125R
Jenis Sepeda Motor
Tipe Arashi 125R
Mesin 4 tak SOHC 125cc
Bore X Stroke 53.5 X 55.2 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed / Semi otomatis 4 Speed
Wheelbase 1.245 mm
Panjang 1.915 mm
Lebar 715 mm
Tinggi 1.055 mm

0 Response to "Suzuki Arashi 125"

Post a Comment