Honda Civic Wonder SB3

Civic Wonder 2 pintu SB3 belakang

Honda Civic Wonder SB3 adalah sebuah hatchback 3 pintu (terkadang disebut juga 2 pintu) yang dipasarkan oleh Imora motor antara tahun 1984 sampai dengan 1987. Mobil ini cukup populer dikalangan anak muda tahun 80an karena popularitasnya di arena balap seperti drag racing baik resmi maupun liar. Mobil ini terkenal dengan julukan strikaan karena bagian pintu belakangnya datar mirip dengan bagian belakang setrika baju. Sedangkan di luar negri mobil ini dikenal juga sebagai Honda Civic EA/T. SB3 sendiri merupakan kode bodi untuk Civic wonder 2 pintu yang dijual di Asia Tenggara. Selain versi Hatchback, mobil ini juga dijual dengan bentuk sedan 4 pintu yang diberi kode Honda Civic Wonder SB4.

Walaupun hanya mengusung mesin SOHC 1300cc 12 Valve tanpa teknologi katup variabel khas Honda bernama VTEC dan hanya menghasilkan tenaga maksimum 71hp pada 6000rpm, dipadukan dengan berat kosong yang hanya seberat 835kg membuat mobil ini mampu menembus top speed 160kpj dengan mudah. Sebuah angka yang cukup fantastis untuk mobil tua kecil keluaran 80an. Karenanya tidak heran kalau mobil ini menjadi populer di arena balap di sirkuit, drag, bahkan hingga rally.  Khusus untuk rally, sebuah film yang ngetop di medio 80an berjudul Catatan si Boy menggunakan mobil ini ketika adegan balap rally yang sayangnya sempat menabrak kandang ayam karena salah petunjuk dari tokoh Emon.

Selain karena mesinnya yang cukup menjanjikan untuk keperluan balap, body yang ringan dan kompak dan juga sangat sporty yang tak lekang dimakan zaman membuatnya sangat lincah. Walaupun sistem suspensi belakang masih menggunakan torsion bar dan mac pherson strut tidak seperti Civic setelahnya yang menggunakan double wishbone, namun tidak mengurangi handling mobil ini yang terkenal tajam dan akurat. Terbukti, mobil ini mampu bersaing di ajang All Japan Touring Car Championship tahun 1987. Selain itu masih banyak Kanjo racer (pembalap jalanan di Osaka) yang menggukan Civic ini untuk menjelajahi jalan tol disana.



Untuk membedakan masing masing tahun produksi, terdapat perbedaan antar Civic Wonder dari satu tahun ke tahun lainnya. Perbedaan ini bisa dilihat pada bagian belakang mobil. Perbedaan tersebut antara lain :
  • 1984 : Garnish berwarna hitam. Dan terdapat lampu sein di dekat fender.
  • 1985 : Garnish berwarna merah. Terdapat lampu sein di dekat fender.
  • 1986 : Garnish berwarna hitam. Lampu sein dan headlamp menyatu.
  • 1987 : Garnish berwarna merah. Lampu sein dan headlamp menyatu. Selain itu juga telah dilengkapi power window.
Populasi Civic Wonder hatchback memang jauh lebih banyak dibandingkan dengan Civic Nouva ataupun Civic Estilo. Namun jika dibandingkan dengan Civic Wonder versi 4 pintunya, populasi versi 3 pintu ini tentunya lebih sedikit karena gengsi orang Indonesia saat itu lebih tinggi untuk mobil sedan 4 pintu. Kini versi hatchback seperti Wonder SB3 ini lebih diminati karena tampang sporty yang dimilikinya. Ini berimbas pada harga bekasnya yang biasanya lebih tinggi dibanding versi sedannya. Untuk harga jual sendiri tergantung kondisi. Namun dipasaran mobil bekas bisa didapatkan dengan harga 25 juta hingga 35 juta rupiah tergantung kondisi.

Kelebihan Civic Wonder hatchback ini adalah lincah dan lebih irit dibandingkan versi sedan 4 pintunya. Ini dikarenakan bodi yang lebih ringan serta kapasitas mesin yang lebih kecil 200cc dari versi sedannya. Fiturnya masih mirip dengan hatchback lain pada era yang sama. Semua Civic wonder belum dilengkapi dengan power steering dari pabriknya namun power window sudah ada namun hanya untuk keluaran akhir saja. Mesinnya lumayan awet dan jarang mengalami kendala asal dirawat dengan baik. Sayangnya kaki-kakinya agak kurang dibandingkan rivalnya. Belum lagi akses keluar masuk penumpang belakang yang agak susah karena harus melipat jok depan terlebih dahulu agar bisa lewat. Inilah yang menjadi kelemahan utama mobil hatchback 3 pintu walaupun tampilannya keren.

Spesifikasi Honda Civic Wonder SB3 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic Wonder SB3
Jenis Hatchback
Tipe SB3
Mesin D13 SOHC 1300cc
Bore X Stroke 74.0 X 78.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 3.810 mm
Lebar 1.630 mm
Tinggi 1.340 mm

0 Response to "Honda Civic Wonder SB3"

Post a Comment