Ford Telstar TX5 Challenge & Brilliant AY, AX

Ford Telstar TX5 Challange depan

Ford Telstar adalah sebuah sedan kelas mid size yang dibangun dari platform Ford - Mazda GE. Platform GE ini juga dipakai pada Mazda 626 Cronos yang berarti Ford Telstar TX5 ini merupakan Mazda 626 versi Ford dengan sentuhan desain ala Amerika. Rebranding ini bisa berjalan akibat akuisisi saham Mazda oleh Ford yang sudah berjalan sejak tahun 1980an. Model Ford Telstar ini dibagi menjadi 2 yaitu Ford Telstar Challange untuk liftback (hatchback) dengan kode bodi AY dan Ford Telstar Brilliant untuk sedan dengan kode bodi AX.


Berbeda dengan Mazda 626 saat itu yang hanya dijual dalam versi sedan 4 pintu. Ford Telstar TX5 ditawarkan dalam varian Challenge dan Brilliant dimana Challange memiliki bentuk bodi liftback atau hatchback landai dengan 5 pintu sementara Brilliant berbentuk sedan 4 pintu. Yang unik, Mazda diseluruh dunia kecuali Jepang tidak menjual Mazda 626 dalam bentuk liftback. Sebagai gantinya model liftback dari 626 dipasarkan dibawah merk ɛ̃fini dengan ɛ̃fini MS-6 khusus untuk versi JDM. Sebagai pengetahuan, ɛ̃fini sendiri merupakan versi mewah dari Mazda seperti halnya Lexus milik Toyota atau Acura milik Honda. Hanya saja merk ɛ̃fini hanya dijual di Jepang saja atau JDM only. Yang menarik dari model liftback Ford Telstar Challange adalah adanya spoiler belakang built in yang membuatnya tampak sporty dan juga elegan disaat yang bersamaan. Di Indonesia, Telstar Brilliant dan Challange dijual bersamaan. Namun untuk populasinya sepertinya lebih banyak Telstar Brilliant dibanding Challange.

Ada 2 pilihan mesin yang ditawarkan Ford untuk mobil ini di pasar mobil Indonesia. Versi paling murah sekaligus yang paling populer adalah varian mesin Mazda FS-DE dengan konfigurasi 2000cc inline 4 silinder DOHC 16 katup dengan electronic fuel injection. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 130Hp dan torsi 184Nm. Selain mesin 4 silinder, ada juga varian mesin 6 silinder dengan mesin Mazda KL-DE dengan konfigurasi 2500cc V6 DOHC 24 katup dan electronic fuel injection tentunya. Mesin 6 silinder ini dilengkapi dengan teknologi  Variable Resonance Induction System atau VRIS dimana panjang jarak intake manifold diatur oleh komputer sehingga membuat pembakaran lebih optimal. Untuk menggerakkan roda depan, kedua mesin ini dibekali dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.


Ford Telstar TX5 Challange samping

Fitur dari Ford Telstar ini sebenarnya sudah sangat lengkap. Bahkan konon katanya mobil ini merupakan yang pertama dan satu satunya pada saat itu yang sudah menggunakan cruise control. Cruise control sendiri adalah sebuah teknologi yang memberikan pengemudi kebebasan mengendarai mobil pada kecepatan stabil, tanpa kaki harus terus menerus menekan pedal gas. Namun bila dilihat dari usia mobil, sudah sangat jarang yang fitur cruise controlnya masih aktif. Selain cruise control, Ford sudah melengkapi mobil ini dengan ABS dimana pada masanya ABS termasuk fitur yang sangat mewah karena hanya sedan premium asal Eropa saja yang sudah dilengkapi ABS. Sayangnya fitur ABS ini sepertinya hanya ada di Telstar dengan mesin V6 atau varian termahalnya. Sebagai sedan mid size, fitur seperi AC, power steering, power window, spion elektrik, central lock, CD player, Jok elektrik dan sebagainya tentunya ada.

Mobil ini saling berbagi platform dengan Mazda 626 Capella sehingga sparepart keduanya bisa saling bertukar. Untuk ketersidaan sparepartnya sendiri sebenarnya masih sangat berlimpah di kota-kota besar di Indonesia. Sayangnya untuk harga sparepart terutama beberapa part slow moving harganya bisa cukup mahal. Sebenarnya harga part yang mahal tadi tidak terlalu masalah karena tidak setiap hari mesin mengalami kerusakan. Untuk Konsumsi BBM mobil dengan mesin bensin DOHC 16valve 2000cc ini terhitung biasa saja. Tercatat 1:8 untuk dalam kota dan 1:10 untuk luar kota. Angka tersebut bisa diraih apabila mesin dalam kondisi yang sehat. Jika mesin dalam kondisi yang kurang sehat maka konsumsi BBM mobil ini bisa dibilang cukup boros.

Kini harga bekas mobil ini sudah tergolong gelap alias suka-suka yang jual dan beli. Rata-rata berkisar antara 20 sampai 40 jutaan. Populasi mobil ini langka karena orang sudah takut duluan akan nama Telstar. Selain itu, mobil ini juga sepertinya salah strategi karena dijaman itu (90an) orang belum terlalu peduli dengan fitur keselamatan seperti ABS. Orang akan lebih bangga akan power yang bisa dihasilkan mobilnya selain merk Eropa yang sudah melekat akan kesan elegan dimata orang Indonesia.

Spesifikasi Ford Telstar TX5 Challenge & Brilliant ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Telstar TX5 Challenge & Brilliant
Jenis Hatchback / Liftback
Tipe AY, AX
Mesin FS-DE i4 DOHC 1991cc
KL-DE V6 DOHC 2497cc
Bore X Stroke 83.0 X 92.0 mm (FS-DE)
84.5 X 74.2 mm (KL-DE)
Sistem Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 speed
Wheelbase 2.610 mm
Panjang 4.695 mm
Lebar 1.750 mm
Tinggi 1.400 mm

8 Responses to "Ford Telstar TX5 Challenge & Brilliant AY, AX "

  1. saya punya mobil nya, siapa mau meneruskan merawat, ford challange tx5 th.2006

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa om? Kalo bolh WA aja 082240623099

      Delete
    2. salah satu mobil yang saya impikan

      Delete
    3. saya lepas 35 jt pas tidak nego.Saya beli dulu 45 jt an. posisi di kab.wonosobo jawa tengah. wa saya: 085225080126

      Delete
  2. Aq ada ford telstas 87 masih dipakai sehari2 dengan keunikannya..
    Fast respon wa 081 79609762
    Yang mau merawatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun 87 berarti masih generasi AR atau AS ya?
      http://www.mobilmotorlama.com/2016/12/ford-telstar-ghia-tx5-ghia-ar-as.html

      Delete
  3. Sepertinya fors telstar 87 masuk generasi AS ya? Karburator... 1600cc uda pw, ps, elektrik miror.. Nyaman banget dipakai... Spedoo pakai digital... Mewah di zamannya...

    ReplyDelete