Suzuki Katana SJ410

Suzuki Katana adalah jip kecil produksi Indomobil Suzuki untuk dijual di pasar lokal Indonesia. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 dan berhenti di produksi sekitar tahun 2006. Suzuki Katana memiliki logo berupa huruf katakana "KA" dengan gambar pedang di tengahnya. Katakana sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya pedang.

Suzuki Katana lampu bulat


Suzuki Katana Menggunakan mesin F10A yang juga digunakan pada mobil angkot Suzuki Carry 1000. Mesin berkapasitas 1000cc ini terkenal tangguh dan bandel serta sudah teruji karena sudah digunakan sejak era 80an pada mobil barang, angkot, maupun jip. Walaupun tenaganya terasa kurang dan top speed yang kecil, namun mesin ini mempunyai beberapa keunggulan seperti irit bahan bakar. Tercatat dalam kondisi sehat, 1 liter BBM dapat digunakan untuk 10Km di dalam kota. Sedangkan penggunaan pada luar kota bisa mencapai 15km/l. Selain itu karena masih menggunakan karburator, perawatan mobil ini sangat mudah dan murah. Oleh karena itu ada yang bilang body mobil Katana ini bakal hancur terlebih dahulu sebelum mesinnya. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 4 speed atau 5 speed.


Suzuki Katana terbagi menjadi 2 trim, yaitu DX dan GX. Secara garis besar, perbedaan Katana DX dan GX ada di kelengkapannya seperti power steering. Pada varian GX Suzuki Katana telah dilengkapi dengan power steering dan posisi jok belakang yang menghadap ke depan. Pada varian DX belum dilengkapi power steering dan jok belakang hadap hadapan seperti angkot. Selain itu juga ada perbedaan asesoris seperti ac, tape, spion dan jam di dashboard.

Selain versi DX dan GX ada juga Suzuki Katana dengan long wheel base, Katana Corsica dan Katana Country. Suzuki Katana long ini konon dulu digunakan oleh bank BRI sehingga mempunyai nama lain Katana BRI. Untuk katana Corsica dan Katana Country sendiri merupakan Katana yang dibuat oleh perusahaan karoseri dimana atapnya terbuat dari fiberglass.

Kelebihan Suzuki Katana adalah karena ukurannya mungil untuk parkir menjadi sangat mudah. Selain itu karena mesinya sama dengan angkot, urusan sparepart tidak perlu pusing karena part mesin F10A ini menjadi barang wajib toko onderdil. Selain beberapa kelebihan Katana diatas, Suzuki Katana juga mempunyai beberapa kelemahan seperti kerasnya suspensi terutama bagian belakangnya sehingga membuatnya kurang nyaman dikendarai. Hal ini wajar karena Suzuki Katana diciptakan di jalanan off road dimana ketanguhan merupakan faktor utama dan mengesampingkan kenyamanan. Selain itu mesinnya termasuk gampang panas terutama saat macet. Karenanya banyak yang memasang kipas elektrik agar Katananya tidak mudah overheat.

Harga jual Suzuki Katana saat ini menjadi sangat tidak masuk akal. Jika 10 tahun yang lalu dengan uang 30juta sudah dapat memiliki Suzuki Katana tahun 1990an, sekarang dengan uang 50 juta dapat Suzuki Katana yang normal saja sudah bersyukur. Karena itu Suzuki Katana harganya menjadi sesuka hati penjualnya sama seperti Honda Civic Estilo.

Spesifikasi Suzuki Katana SJ410 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Katana SJ410
Jenis Jip
Tipe SJ410
Mesin F10A SOHC 1000cc
Bore X Stroke 65.5 X 72.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed, Manual 4 Speed
Wheelbase 2.030 mm
Panjang 3.040 mm
Lebar 1.460 mm
Tinggi 1.825 mm

0 Response to "Suzuki Katana SJ410"

Post a Comment