Honda Accord Prestige CA

Honda Accord Prestige adalah seri Honda Accord ke 3. Accord ini adalah seri Accord terakhir yang digolongkan sebagai sedan kompak yang nantinya digantikan oleh gen Honda Civic. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1986 dan akhirnya stop produksi pada tahun 1989 sebelum akhirnya digantikan oleh Accord Maestro. Accord sendiri dalam bahasa inggris bermakna harmoni dan konsistensi namun juga dapat berarti memberi pengaruh/kekuasaan. Hal ini merupakan keinginan Honda untuk menyesuaikan diri serta menciptakan harmoni antara Manusia,Kehidupan Sosial dan Mobil.

Honda Accord Prestige


Mobil ini dibekali dengan mesin Honda A series. Mesin yang digunakan adalah A20A1 SOHC 12valve dan masih menggunakan karburator untuk mensuplay bahan bakar ke mesin yang mempunyai rasio kompresi 9,2:1 ini. Tenaga yang dihasilkan mesin tergolong sangat kecil, yaitu hanya sebesar 98hp. Walaupun memiliki tenaga yang kecil, torsi mobil ini lumayan karena dapat menghasilkan sekitar 148Nm/3500rpm. Mobil dengan tenaga kecil namun torsi besar lumrah ditemukan pada mobil mobil mewah karena pada masanya di Jepang, Honda Accord ini sudah tidak lagi menjadi mobil kelas menengah seperti Accord sebelumnya, namun sudah menjadi mobil kelas atas.

Honda Accord Prestige belakang


Kaki kaki mobil ini sudah mulai menggunakan Double Wishbone khas Honda menggantikan mac pherson strut yang masih digunakan para pesaingnya. Tercatat, Honda Accord ini adalah sedan Honda pertama yang memakai sistem Double Wishbone. Kelebihan sistem Double Wishbone ini adalah handling yang lebih baik dan kenyamanan. Namun sayangnya, mungkin karena Honda pada saat itu masih dalam tahap percobaan, Accord Prestige ini terasa limbung jika dibandingkan rivalnya. Belum lagi karena jok menggunakan material gabus, kenyamanan mobil ini terasa sangat kurang. 2 hal tadi menjadi kelemahan utama Accord Prestige selain boros bbm (sekitar 1:6 untuk dalam kota dan 1:8 untuk luar kota) dan sparepart slow moving yang mulai langka.

Karena banyak yang merasa Accord Prestige ini lebih jelek dibanding Accord Executive, Akhirnya sekitar tahun 1987 sampai 1989 beredar sebuah Honda Accord Prestige dengan lampu pop up yang konon diimpor langsung dari Jepang. Accord dengan lampu pop up ini dinamakan dengan Honda Accord Vigor. Sayangnya karena CBU dari Jepang, harga baru mobil ini menjadi mahal dan akhirnya hanya sedikit yang terjual. Oleh karena itu, saat ini Accord Vigor bisa dibilang sebagai collector item karena populasinya yang sedikit. Untuk masalah sparepart, mobil ini tergolong mudah untuk ukuran mobil CBU karena sparepart mesin mirip dengan Accord Prestige dan untuk part body masih sedikit gampang karena bagian belakangnya juga mirip dengan Accord Prestige.

Honda Accord Vigor


Dibandingkan dengan Honda Accord generasi selanjutnya (Accord Maestro), mobil ini kalah telak dihampir semua sisi. Namun melihat dari harga jual mobil ini yang murah, rasanya masih wajar jika dibandingkan dengan Accord Maestro yang harganya masih jauh diatas Accord Prestige. Harga jual mobil ini hanya berkisar antara 20 hingga 30 jutaan saja. Dengan body keren yang sepintas mirip dengan Grand Civic, membuat mobil ini lumayan menarik. Namun perlu dicatat karena mobil ini merupakan mobil kelas atas, pastinya banyak masalah di fitur fitur unggulannya seperti suspensi double wishbone. Karenanya mobil ini hanya cocok digunakan untuk hobi maupun klangenan (sebagai media nostalgia) dan kurang cocok untuk pemula maupun digunakan untuk harian.

Spesifikasi Honda Accord Prestige CA ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Accord Prestige CA
Jenis Sedan
Tipe CA
Mesin A20A1 SOHC 1995cc
Bore X Stroke 82.7 X 91.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed, Matic 4 Speed Hondamatic
Wheelbase 2.601 mm
Panjang 4.549 mm (1986-1987), 4.561 (1988-1989)
Lebar 1.712 mm
Tinggi 1.356 mm

0 Response to "Honda Accord Prestige CA"

Post a Comment