Honda Tiger GL200

Honda Tiger 2000

Pada tahun 1993, Federal Motor selaku ATPM sepeda motor merk Honda di Indonesia memperkenalkan sepeda motor baru dengan nama Honda Tiger. Honda Tiger sempat menjadi sepeda motor yang paling digandrungi karena pada saat awal kemunculannya menjadi sepeda motor baru dengan kapasitas mesin terbesar yang dirakit di Indonesia. Di negara Amerika Latin seperti Brazil, motor ini dijual dengan nama Honda CBX200 Strada.

Pada awal kemunculannya, Honda Tiger terlihat sangat modern tidak serba kotak dan gagah dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan sepeda motor lainnya yang sudah hadir terlebih dahulu di Indonesia tidak menghitung motor gede. Untuk identifikasinya sendiri, Honda Tiger keluaran pertama ini memiliki kode sasis GL200. Ciri khas pada Honda Tiger keluaran awal ini adalah penggunaan lampu belakang model mika buram bohlam tunggal. Dijual dengan tajuk Super Cruiser yang membuatnya mendapat julukan tersebut.

Mesin yang digunakan Honda Tiger ini memakai mesin yang disebut neotech dan masih 1 rancang bangun dari mesin Honda GL Pro neotech dan GL Max neotech sampai Honda Mega Pro. Mesin ini memiliki konfigurasi 1 silinder pendingin udara SOHC 2 valve berkapasitas 196,6cc dengan pemasok bahan bakar karburator. Tenaga yang dihasilkan cukup besar dengan 16Hp pada 8500Rpm dan torsi 15,6Nm pada 7000Rpm. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakangnya, digunakan transmisi manual 6 percepatan.

Honda Tiger 2000

Pada tahun 2002 muncul pembaruan dari Honda Tiger dengan munculnya Honda Tiger 2000. Pada dasarnya Honda Tiger 2000 ini masih sama seperti Honda Tiger super cruiser hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada bodinya. Perbedaannya antara lain shroud tangki, lampu belakang yang menggunakan 2 bohlam yang disusun secara horizontal, Lampu depan menggunakan reflektor diamond-cut yang populer saat itu, Handlebar belakang menyatu, Indikator speedometer dan tachometer berwarna jingga dengan dasar berwarna kelabu, Logo Tiger 2000 pada tangki terbuat dari logam serta rumah lampu depan dan lampu sein yang dilapisi dengan chrome.

Tidak seperti Tiger super cruiser, Honda Tiger 2000 yang memiliki tagline Spirit of The Wing ini tersedia dalam 2 varian yaitu SW dan CW. Varian SW memiliki desain stripping polos serta velg jari-jari 18 inch seperti Tiger super cruiser. Sementara itu varian CW memiliki desain stripping yang lebih keren serta sudah dilengkapi dengan velg racing palang 6 berwarna hitam. Selain itu, tidak ada lagi perbedaannya termasuk pada bagian mesin.

Honda Tiger Sprite

Pada tahun 1996, sempat diadakan sayembara oleh Coca Cola selaku perusahaan pemegang merk minuman bersoda Sprite. Cukup dengan mengumpulkan tutup botol atau label pada botol plastik yang dikirim ke pihak Coca Cola untuk kemudian diundi dengan hadiah utama sepeda motor Honda Tiger. Selain itu juga terdapat hadiah berupa t-shirt untuk 10.200 pengirim pertama. Pada dasarnya Honda Tiger edisi Sprite ini sama persis dengan Honda Tiger saat itu dimana perbedaan utamanya hanyalah cat bodinya yang mirip kaleng minuman Sprite. Total ada sebanyak 102 unit Honda Tiger yang dibagikan sebagai hadiah.

Kelebihan Honda Tiger adalah desainnya yang ala motor UJM serta mesin 200cc yang bertenaga. Tidak heran kalau banyak pengguna motor Honda bermesin yang rancang bangunnya mirip-mirip sering menggunakan komponen dari Honda Tiger untuk modifikasi mulai dari Mega Pro, GL Pro sampai CB100 tahun 1970an. Diproduksi sejak 1993 sampai 2012 tanpa banyak perubahan berarti terutama dibagian mesin membuat onderdilnya banyak tersebar dipelosok Indonesia. Apalagi mesin neotech motor Honda generasi ini juga banyak dipasang pada mocin-mocin membuat semakin banyak pilihan kualitas onderdilnya.

Meski begitu, Honda Tiger tetaplah bukan motor yang sempurna dengan berbagai kelemahannya. Misalnya saja rantainya terkenal berisi sehingga banyak yang menggantinya dengan gear set milik Mega Pro atau Suzuki Satria yang dipotong agar pas. Tangkinya juga terkenal mudah keropos dan bocor kemasukan air. Belum lagi spare part original Honda Tiger keluaran awal biasanya dihargai lebih mahal dibandingkan dengan spare part original Honda Tiger Revo yang jadi penerus Honda Tiger 2000 dan Super Cruiser.

Spesifikasi Honda Tiger GL200 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Tiger GL200
Jenis Sepeda Motor
Tipe GL200
GL200S (Tiger 2000)
Mesin 1 silinder SOHC 196cc
Bore X Stroke 63.5 X 62.2 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 6 Speed
Wheelbase 1.327 mm
Panjang 2.029 mm
Lebar 747 mm
Tinggi 1.124 mm


Comments