Mazda 323 BG Interplay

Mazda 323 Interplay iplay

Mazda 323 Interplay adalah small sedan yang diproduksi dan dijual oleh Mazda Indonesia antara tahun 1989 sampai 1994. Setelah tahun 1994, mobil ini masih terus dijual namun khusus untuk fleet taksi sampai sekitar 1998. Di luar negeri mobil ini juga dikenal dengan nama Mazda Familia 323 Protege. Di Korea Selatan, mobil ini menjadi konsep dasar pembuatan Kia Sephia yang nantinya menjadi mobil nasional Indonesia, Timor S515.


Mobil ini menggunakan mesin Mazda B6 yang memiliki konfigurasi 4 silinder SOHC 16 valve 1600cc pengeraknya. Mesin yang masih memakai karburator ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sekitar 86Hp pada 6000Rpm dan torsi 125Nm pada 5600Rpm. Selain itu, Mazda juga menjual Interplay dengan mesin Mazda B3 dengan konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve 1300cc. Mesin 1300cc ini hanya terpasang pada Mazda Interplay taksi yang dijual pada tahun 1994 sampai 1998. Mesin 1300cc ini masih tetap menggunakan karburator untuk pasokan bahan bakarnya dan hanya sanggup menghasilkan tenaga sebesar 58Hp. Transmisi yang digunakan tersedia pilihan manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan pada versi non taksi. Khusus varian matic ini sangat langka karena dulu peminatnya hampir tidak ada.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, kelengkapan dan fitur fitur yang tersedia di mobil ini tergolong sangat canggih dan lengkap dimasanya. Speedometer digital sudah menjadi fitur standardnya. Jok depan bagian supir bisa diatur ketinggiannya sehingga pandangan depan bisa menyesuaikan tinggi badan supir dan tergolong nyaman. Tersedia Power Steering dan rack pinion sehingga tinggi dan posisi stir bisa diatur. Power Window pada mobil ini sudah ada di setiap pintu tidak hanya ada di pintu depan saja. Seatbelt sudah ada di jok depan dan belakang. Khusus untuk jok belakang sudah dilengkapi arm rest dan jok belakang dapat ditekuk untuk memperbesar kapasitas bagasi. Walaupun tenaga mesin hanya 86hp tapi sudah ada disk brake dibagian depan dan belakang. Khusus bagian depan sudah dilengkapi dengan lubang ventilasi untuk pelepasan panas.

Kaki kaki bagian depan memakai sistem MacPherson struts, coil springs and stabilizer sedangkan suspensi belakang independent dengan stabilizer yang membuatnya nyaman namun lumayan tangguh di jalan jelek. Karenanya tidak haran mobil ini juga digunakan untuk armada taksi. Beda Interplay penumpang dengan Interplay Taksi adalah Interplay penumpang memakai mesin 1600cc sedangkan taksi 1300cc. Interplay Taksi tidak menggunakan speedometer digital (masih analog) pw dan ps. Selain itu Interplay penumpang diproduksi antara tahun 1989 sampai dengan 1994 saja karena setelah tahun 1994 Mazda hanya menjual Interplay sebagai armada taxi khusus pesanan perusahaan taksi sampai tahun 1997.

Kelebihan Mazda Interplay ada pada konsumsi bahan bakarnya yang cukup irit berkisar antara 12km/l untuk dalam kota dan 14km/l untuk luar kota. Fitur-fitur mobil ini sangat lengkap dan canggih dimasanya walau kini sering menjadi beban tersendiri untuk fitur yang sudah rusak atau mati. Sparepartnya sendiri cukup mudah dan murah berhubung mobil ini memakai mesin yang sama dengan mobil taksi.

Kelemahan mobil ini ada pada sparepart mobil Mazda sebelum tahun 2000 yang cukup langka. Karenanya banyak pengguna Mazda yang mensubtitusi part mesin dengan part dari Ford, Kia atau Timor yang memiliki kualitas sama namun harganya lebih murah. Untuk part body sendiri sudah lumayan susah mencarinya. Untuk mobil berumur 20tahunan speedometer digital kemungkinan besar sudah bermasalah. Biaya perbaikannya sekitar 1 jutaan tergantung kerusakan. Oleh karena itu banyak pengguna Interplay yang mengganti speedometer digitalnya dengan speedometer analog Interplay taksi. Harga jual mobil ini rendah dikarenakan image mobil taksi yang melekat. Namun jika mau mengesampingkan image taksi, mobil ini merupakan mobil paling worth untuk harga 30jutaan.

Spesifikasi Mazda 323 Interplay ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mazda 323 Interplay
Jenis Sedan
Tipe 323 BG
Mesin B6 SOHC 1600cc
B3 SOHC 1300cc
Bore X Stroke 78.0 X 83.6 mm (B6)
71.0 X 83.6 mm (B3)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.215 mm
Lebar 1.670 mm
Tinggi 1.340 mm

0 Response to "Mazda 323 BG Interplay"

Post a Comment