Mitsubishi Lancer LeDangan CB

Mitsubishi Lancer evo 3 GTi LeDangan CB5

Mitsubishi Lancer LeDangan CB adalah compact sedan yang diperkenalkan pada tahun 1992 hingga 1996. Dinamakan Mitsubishi Lancer LeDangan karena diplot menjadi penerus dari Lancer Dangan. Mitsubishi Lancer LeDangan ini sering disebut Lancer Evo 3 oleh sebagian masyarakat Indonesia karena pada saat itu iklan mobil ini menayangkan mobil Lancer Evolution 3 dengan tulisan Mitsubishi Ralliart Indonesia yang gambarnya jauh lebih besar dibanding gambar Mitsubishi Lancer LeDangan yang dijualnya sendiri dan marketing Mitsubishi pada saat itu juga menyebut mobil ini dengan nama Lancer Evo 3. Padahal jika dilihat, spesifikasi keduanya sangat jauh berbeda. Lancer Evo memakai mesin 2000cc turbo dengan penggerak AWD sedangkan Lancer LeDangan memakai mesin paling besar 1800cc dengan pengerak roda depan.


Mitsubishi Lancer LeDangan ini diperkenalkan mulai tahun 1992. Mobil ini dihadirkan dalam 3 varian yang berbeda, yaitu GLX, GLXi dan GTi. Lancer LeDangan GLX (kode CB2) hadir dengan mesin 1500cc karburator 4G15 yang sama dengan Mitsubishi Colt T120ss. Pada tipe ini hanya tersedia pilihan transmisi matik 4 percepatan. Tipe GLX ini hanya diproduksi antara tahun 1992 hingga 1995 saja. Lancer LeDangan GLXi (kode CB4) hadir dibekali dengan mesin 4G92 1600cc SOHC dengan pemasok bahan bakar injeksi. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 110hp pada 6000rpm. Awalnya tipe GLXi ini hanya dihadirkan dengan transmisi manual 5 percepatan saja namun karena absennya tipe GLX pada tahun 1995, transmisi otomatis mulai tersedia pada tipe ini sampai tahun 1997.

Mitsubishi Lancer ini juga tersedia dalam tipe GTi (kode CB5) yang merupakan varian top of the line Lancer lokal yang beredar di Indonesia. Mobil ini dibekali dengan mesin 4G93 DOHC 1800cc dengan pemasok bahan bakar injeksi yang sangup memuntahkan tenaga hingga 145hp pada 6000rpm. Lancer GTi ini mempunyai fitur fitur yang tidak dijumpai di tipe lain seperti penggunaan disk brake di kempat rodanya, rear spoiler, handle pintu berwarna sama dengan bodi dan fog lamp. Tipe GTi ini adalah varian Lancer bermesin DOHC terakhir sampai akhirnya dikeluarkan Lancer Ex pada tahun 2008.

Walaupun Mitsubishi Lancer LeDangan ini orientasinya lebih kearah sedan performa tinggi dengan iklannya yang cenderung mengarah ke arena motorsport, namun mobil ini juga diarahkan untuk penggunaan harian terutama untuk varian GLX sama seperti kompetitornya, Great Corolla. Pada tahun 1990an, KTB selaku ATPM Mitsubishi di Indonesia mensponsori sinetron Si Doel Anak Sekolahan dimana tokoh Sarah selalu muncul mengendarai Mitsubishi Lancer LeDangan ini.

Walaupun bisa dibilang versi downgrade dari Lancer Evolution, mobil ini tetap memiliki sasis mumpuni untuk dijejali mesin bertenaga hingga 400hp. Hal ini dikarenakan Lancer Evolution sendiri merupakan Lancer biasa yang dijejali mesin 4G63T dan pengerak AWD dari Gallant VR4. Karenanya tidak jarang Lancer LeDangan ini dimodifikasi habis habisan dengan mengganti mesin aslinya dengan mesin 4G63 ditambah turbo dan penggerak AWD. Selain itu karena eksteriornya hampir mirip dengan Lancer Evolution, tidak sedikit orang yang mengubah tampilan mobil ini agar mirip dengan Lancer Evoluton asli.

Mobil ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan kompetitornya. Performanya bisa dibilang top dan bahkan bisa mengalahkan mobil mobil yang lebih muda dan kelasnya diatas Lancer LeDangan ini terutama varian GTi karena dibekali mesin DOHC 16v. Didukung handling lincah dan cukup stabil untuk high speed karena didesain untuk menaklukan lintasan reli. Untuk BBM cukup irit, masih bisa imbang fuel consumption mobil bermesin 1600cc lain untuk tipe GLXi. Untuk tipe GTi wajar bila boros karena tenaganya besar. Fitur fitur cukup lengkap dikelasnya. Misalnya untuk Jok, bentuknya lebih sporty dan bisa diatur ketinggiannya. Sudah disc brake depan belakang (tipe GTi). Dan plat bodynya lumayan kuat dan sangat tahan karat. Dan yang paling penting, mesinnya tidak gampang penyakitan alias cukup bandel.


Mesin Mitsubishi 4G93 DOHC

Walaupun memiliki segudang kelebihan, mobil ini juga memiliki kelemahan seperti Tipe GTi lebih sensitif terhadap kualitas oktan bensin karena mesin high compression. Oleh karena itu disarankan minimal menggunakan bensin sekelas pertamax. Untuk tipe GLXi dan GLX masih aman memakai bensin Premium atau Pertalite karena kompresi mesinnya tidak sebesar mesin 4G93 Lancer GTi. Tipe GTi ini juga lebih sensitif terhadap kualitas dan perawatan oli mesin karena mesinnya sudah memakai Hydraulic Lash Adjuster (HLA). HLA berguna untuk mengatur setelan klep secara otomatis. Jika perawatan olinya salah, maka HLA bisa mampet dan membuat klep bunyi berisik. Untuk tipe GLXi (CB4) masalah sering timbul di bagian servo idle up. Harga Spare parts lebih mahal dibanding merk jepang lain, walaupun dikompensasi kualitasnya yang baik. Terakhir karena didesain untuk sport, bantingannya rada keras dan kurang nyaman untuk mengimbangi performa corneringnya.

Spesifikasi Mitsubishi Lancer LeDangan CB2, CB4 dan CB5 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Lancer LeDangan CB2, CB4, CB5
Jenis Sedan
Tipe CB2, CB4, CB5
Mesin 4G15 SOHC 1500cc (CB2)
4G92 SOHC 1600cc 16v (CB4)
4G93 DOHC 1800cc 16v (CB5)
Bore X Stroke 75.5 X 82.0 mm (4G15)
81.0 X 77.5 mm (4G92)
81.0 X 89.0 mm (4G93)
Sistem Bahan Bakar Karburator (CB2)
Multi Point Injection (CB4&CB5)
Transmisi Otomatis 4 speed
Manual 5 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.375 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.325 mm

6 Responses to "Mitsubishi Lancer LeDangan CB"

  1. ukuran standar velg/ban mitsubishi lancer ledangan 1992 berapa ya...? mohon pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukuran velg standar kalo nggak salah r14 PCD 4 X 100. ukuran bannya 185/65/14.

      Delete
    2. trims bantuan/jawabannya bro Charis Alfan.

      Delete
  2. Izin nanya lg, filter oli tuk mits.lancer dangan sohc 1992 sama apa tidak ya dg t120ss? Kira2 parts apalgi yg sama ya...?
    Trims sblumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau detilnya saya sendiri kurang paham, colt tss kode depan partnya MD sementara punya lancer MZ

      Delete
  3. Filter oli Lancer cb2 4g15 sama saja dengan punya Colt T120SS, filter udaranya bentuknya seperti piring di atas karburator yg sama dengan punya Mits. Kuda yg karbu

    ReplyDelete