Suzuki Carry Futura

Suzuki Carry Futura

Suzuki Carry Futura adalah mobil pickup dan minibus yang diproduksi Suzuki Indomobil Sales sejak tahun 1991. Mobil ini saling berbagi platform dengan Mitsubishi Colt T120ss. Sampai saat ini mobil ini masih diproduksi dalam bentuk pickup. Ditangan beberapa perusahaan karoseri seperti Adiputro, mobil ini berubah nama menjadi Suzuki Adventura.

Mobil ini tersedia dalam beberapa tipe mesin seperti 1300cc karburator yang keluar pertama kali tahun 1991. Setelah itu keluar Carry Futura bermesin 1600cc karburator. Sayangnya karena ada peraturan pajak barang mewah untuk mobil diatas 1500, Suzuki akhirnya mengganti tipe 1600cc ini dengan mesin G15 1500cc multi point injection yang juga digunakan pada Suzuki APV. Semua mesin Carry Futura memiliki kelebihan, yaitu bandel nggak mudah rusak.

Beda Suzuki Carry Futura dengan Mitsubishi Colt T120ss selain facia (lampu depan, dashboard, spion) ada di mesin dimana Carry Futura memakai mesin 16 valve 1300cc sedangkan T120ss memakai mesin 12 valve. Selain itu Suzuki Carry Futura keluar dalam versi minibus dari pabrikan sedangkan Colt Tss dari perusahaan karoseri. Karenanya pintu tengah, posisi handle, bumper depan dan blakang, kaca tengah dan belakang, bentuk stir, dasbor, dan bentuk atap bisa berbeda karena sebenarnya mobil ini hanya sharing platform dan bukan mobil yang benar benar kembar. Karena itu sepintas dari luar mobil ini terlihat sama. Jika dibandingkan, Carry Futura lebih irit dan nyaman jika dibandingkan dengan Colt T120ss  namun memiliki tenaga yang kurang jika dibandingkan dengan Colt T120ss yang terkenal jago di tanjakan.

Mobil ini memiliki beberapa varian seperti GRV (Grand Real Van) yang bermesin 1600cc (setelahnya diganti mesin 1500cc karena peraturan pajak barang mewah untuk mobil diatas 1500cc) dan dilengkapi dengan double blower, tape, velg racing dan jok belakang hadap depan. Dibawahnya ada tipe DRV (Deluxe Real Van). Selain itu ada pula tipe DX dan GX pada era Suzuki Carry Futura injeksi. Tipe DX merupakan varian basic sedangkan GX merupakan tipe paling atas.

Kelebihan mobil ini adalah harga jual yang sangat stabil. Sejak tahun 90an sampai sekarang, harganya masih sekitar 30 jutaan untuk versi 1300cc keluaran pertama. Selain itu mobil ini terkenal bandel dan jarang rusak. Sekalinya rusak pun sangat mudah memperbaikinya dan spare partnya juga murah. Selain itu karena bentuknya cab over, ruang kabin sangat luas. Untuk menambah ruang barang, jok baris kedua dan ketiga mobil ini bisa dilipat untuk mendapatkan space yang lebih besar.

Selain kelebihan, mobil ini juga memiliki kelemahan seperti AC kadang terasa kurang dingin karena hawa panas mesin bisa dengan mudah masuk kedalam kabin. Selain itu karena tergolong tinggi, mobil ini terasa limbung. Dan terakhir, karena sejatinya mobil ini merupakan mobil barang, suspensi belakang masih berupa per daun yang keras jika diisi sedikit muatan/penumpang.

Spesifikasi Suzuki Carry Futura ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Carry Futura
Jenis Minibus / Pick Up
Tipe Futura
Mesin G13 SOHC 1300cc
G16 SOHC 1600cc
G15 SOHC 1500cc
Bore X Stroke 74.0 X 77.0 mm (G13)
75 X 84.5 mm (G15)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Multi Point Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 1.840 mm
Panjang 3.275 mm
Lebar 1.475 mm
Tinggi 1.800 mm

0 Response to "Suzuki Carry Futura"

Post a Comment