Toyota "Great" Corolla AE101 & EE101

Toyota Great Corolla AE101

Toyota Corolla generasi ke 7 di Indonesia biasa disebut dengan Toyota Great Corolla alias Greco. Konon disebut Great Corolla karena setelah hampir 10 tahun penjualan Corolla selalu kalah oleh pesaingnya seperti Honda Civic, pada generasi ke7 ini Corolla akhirnya kembali menjadi sedan terlaris di Indonesia. Chief development mobil ini, Dr. Akihito Saito merancang Corolla E100 ini dengan konsep mini Lexus yang memadukan unsur kenyamanan dan kemewahan dalam bentuk yang elegan. Ini membuat Great Corolla menjadi sedan kecil dengan tampang paling elegan karena pesaingnya saat itu lebih cenderung memiliki tampang sporty.

Mengusung tema mini Lexus, desain Great Corolla ini mengikuti garis desain Toyota Aristo yang dibawah Lexus menjadi Lexus GS. Desain Corolla ini serba membulat dan terlihat pipih karena bagian bonetnya dibuat rendah agar pandangan kedepan bisa lebih leluasa. Dibagian belakangnya, terdapat garnish besar dan panjang ang menyatukan lampu belakang kanan dan kiri. Secara keseluruhan, desain Corolla ini kurang sporty dibanding Lancer atau Civic yang menjadi pesaingnya saat itu. Desain Corolla ini lebih mengarah ke elegan yang cocok untuk semua umur mulai dari kalangan muda sampai orang tua.

Masih sama dengan Corolla generasi E90, Toyota memberikan pilihan mesin 1300cc dan 1600cc. Mesin 1300cc yang dipakai ini adalah mesin Toyota 2E yang memiliki konfigurasi 4 silinder SOHC 12 valve dengan karburator yang sama persis dengan yang terpasang pada Toyota Starlet. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 82Hp pada 6000Rpm dan torsi 104Nm pada 5200Rpm. Selain itu ada juga pilihan mesin 4A-FE dengan konfigurasi 4 silinder DOHC 16 valve dan kapasitas mesin 1600cc. Mesin 1600cc ini lebih bertenaga dengan output sebesar 115Hp pada 6000Rpm dan torsi 147Nm pada 4700Rpm. Yang disayangkan, mesin 4A-GE yang merupakan mesin DOHC wide angle tidak kembali muncul pada generasi Corolla E100 ini. Untuk menyalurkan tenaga ke roda depan, digunakan transmisi manual 5 percepatan atau pilihan otomatis 4 percepatan.

Toyota Great Corolla ini dihadirkan dalam 2 versi, yaitu SE dan SEG dimana tipe SE memakai mesin 1300cc sementara SEG 1600cc. Selain mesin, perbedaan tipe SE dan SEG pada Toyota Great Corolla ini ada pada kelengkapan aksesori dan fitur. Pada tipe SE, warna handle pintu dan spion yang masih hitam tidak dicat sementara SEG sewarna bodi. Pada tipe SEG yang menjadi tipe termahal sekaligus terlengkapnya sudah dilengkapi dengan power window, central door lock ,electric rectracable mirror, dan terdapat stop lamp pada kaca belakang.

Versi facelift Greco ini muncul pada akhir 1993 dimana perbedaan secara visual terdapat pada lampu sein depan berwarna bening, bumper, grill depan kotak-kotak, serta lampu belakang dengan peletakan yang disusun ulang dengan mika lampu sein yang juga bening. Sayangnya entah mengapa pada tahun produksi 1994 hingga 1996 fitur spion elektrik dihilangkan dari Great Corolla. Selain fitur spion elektrik, pilihan mesin 1300cc juga dihilangkan pada versi facelift ini karena peminatnya yang sedikit.

Mobil ini menggunakan sistem suspensi McPherson Strut independen untuk bagian depan dan belakang. Dibandingkan kedua rivalnya seperti Genio dan Lancer, urusan performa untuk cornering dan kenyamanan memang masih kalah karena rivalnya sudah menggunakan sistem suspensi double wishbone. Belum lagi, settingan suspensi mobil ini terasa lebih empuk dibanding sedan Jepang lainnya. Walaupun begitu, karena konstruksinya yang sederhana membuat Toyota Great Corolla ini mempunyai kaki kaki yang bandel dan sangat mudah dan murah untuk diperbaiki. Hal ini wajar karena Toyota Great Corolla diposisikan sebagai sedan keluarga yang ekonomis.

Kelebihan Great Corolla adalah perawatannya yang cukup mudah dan murah. Part mesinnya cukup banyak begitu pula dengan kaki-kakinya yang sederhana. Untuk versi 1600, torsi mobil ini lumayan nendang karena mesin Toyota dengan kode FE memang dirancang untuk dapat mencapai torsi maksimal di putaran rendah. Untuk mesin 2E, walau terasa under power namun cukup irit kala dipakai bermacet-macetan karena mesinnya yang hanya 1300cc. Konsumsi bahan bakarnya untuk Corolla AE101 ini adalah 1:9 untuk dalam kota dan bisa sampai 1:13 untuk luar kota. Dengan desain yang elegan dan long lasting serta cocok dipakai anak muda sampai orang tua membuat mobil ini tetap tinggi harga bekasnya.

Kelemahan Great Corolla biasanya ada pada mesinnya yang kurang bertenaga untuk varian 1300cc. Untuk varian 1600cc biasanya akan susah diajak teriak di Rpm tinggi. Handling mobil ini terasa kurang lincah untuk bermanuver jika dibanding pesaingnya sesama sedan Jepang. Secara umum, Corolla ini hampir tidak punya kekurangan atau penyakit bawaan walau lain ceritanya kalau dibandingkan dengan sedan lainnya.

Karena peminatnya yang masih banyak, harga jual Toyota Great Corolla di pasar mobil bekas berkisar antara 50 hingga 70 juta rupiah. Terkadang, ada kalanya harga jualnya melebihi harga Toyota all new Corolla yang diperkenalkan setelah Toyota Great Corolla dihentikan produksinya. Selain itu harganya memiliki kecenderungan untuk naik tiap tahunnya karena bertambahnya minat untuk memiliki sedan ini. Sayangnya nasib Toyota Great Corolla tipe SE bermesin Starlet tidak sebaik tipe SEG dimana harga jualnya cenderung jatuh karena mesin 2E yang underpower untuk body Corolla seberat 1052Kg. Selain itu varian transmisi otomatis 4 percepatan juga mengalami hal yang sama karena minimnya peminat pada jaman dulu.

Spesifikasi Toyota Great Corolla AE101 dan EE101 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Great Corolla AE101 dan EE101
Jenis Sedan
Tipe AE101 (1600cc)
EE101 (1300cc)
Mesin 4A-FE DOHC 1600cc
2E SOHC 1300cc
Bore X Stroke 81.0 X 77.0 mm (4A-FE)
70.5 X 64.0 mm (2E)
Sistem Bahan Bakar Electronic fuel injection (4A-FE)
Karburator (2E)
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.465 mm
Panjang 4.270 mm
Lebar 1.685 mm
Tinggi 1.380 mm

5 Responses to "Toyota "Great" Corolla AE101 & EE101"

  1. Saya pake Greco Om .. nyaman dipake dan ketinggalan zaman modelnya.
    Ini foto-fotonya Memotret Great Corolla

    ReplyDelete
  2. Saya pake Greco Om .. nyaman dipake dan ketinggalan zaman modelnya.
    Ini foto-fotonya Memotret Great Corolla

    ReplyDelete
    Replies
    1. greconya mantab
      kalo saya pakenya Corolla pickup (dikenal juga dengan sebutan Kijang) :v

      Delete
  3. mantaab..sayang gak ada yang versi GTi kaya corolla twincam..

    lancer ck4 juga gak ada yang versi GTi, padahal modelnya manis sampai jaman sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup ga ada versi GTi karena jaman itu bensin naek (1993) nggak lama kemudian ekonomi hancur gara-gara krismon (1997).
      orang bisa beli beras aja udah bagus makanya nggak mikir beli sedan kencang

      Delete