Suzuki Grand Escudo XL-7


Suzuki Grand Escudo XL-7

Suzuki Grand Escudo XL-7 adalah varian SUV dari Suzuki yang diperkenalkan antara tahun 2002 hingga 2006. Berbeda dengan Escudo 1.6, Grand Escudo XL-7 diposisikan sebagai SUV mewah dengan harga barunya yang mencapai 300 juta pada tahun 2003 melawan Mitsubishi Pajero V6 dan Toyota Land Cruiser VX. Di Jepang dan Indonesia mobil ini dikenal dengan nama Grand Escudo XL-7 sementara di Eropa dikenal dengan nama Grand Vitara XL-7 yang memiliki fascia yang berbeda dengan yang ada di Indonesia serta Daewoo Grand Vitara di Korea Selatan.

Secara tampang, sepintas bila dilihat dari depan tidak ada perbedaan dengan Suzuki Grand Escudo. Namun bila dilihat lebih dekat, desain Suzuki Grand Escudo XL-7 ini terlihat seperti Suzuki Grand Escudo yang diperpanjang ditambah bangku baris ketiga. Sesuai dengan namanya, XL-7 berarti mobil ini didesain agar mampu menampung 7 orang penumpang termasuk supir dengan cara menambah panjangnya. Walau masuk kedalam mobil Jepang mahal, namun penggunaan chrome pada mobil ini termasuk minim sehingga kesan gagah langsung terlihat pada mobil ini.

Berbeda dengan Suzuki Grand Escudo dengan sasis pendek. Mobil ini menggunakan mesin seri H25 dengan konfigurasi DOHC V6 24 valve 2500cc injeksi. Walau versi Indonesia hanya mendapat varian mesin terkecil, namun mesin ini menjadi mesin berkapasitas terbesar dari Suzuki di Indonesia. Mesin 6 silinder ini dapat memuntahkan tenaga hingga 156Hp pada 6500rpm dan torsi maksimum 213Nm pada 3500rpm. Tak heran dengan tenaga sebesar itu mampu membawa mobil dengan berat kosong sekitar 1,6 ton ini menanjak dengan mudahnya. Sayangnya, versi Indonesia mobil ini hanya berpenggerak roda belakang dan tidak ada pilihan 4WD walau ada pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Semua Suzuki Grand Escudo Xl-7 yang dirakit di Indonesia menggunakan mesin v6 2500cc dan penggerak roda belakang. Namun karena mobil ini lahir dimasa impor mobil CBU diperbolehkan maka sempat muncul varian CBU yang berbeda dibanding versi CKD. Sebut saja versi JDM dengan tampang yang persis sama dengan versi CKD hanya berbeda velg dan emblem namun dengan mesin V6 2700cc dan 4WD. Selain itu, juga ada versi Inggris yang memiliki fascia depan yang berbeda serta memakai mesin diesel 2000cc dari Peugeot yang sama seperti yang digunakan Peugeot 806.

Diposisikan sebagai mobil mewah membuat Grand Escudo XL-7 ini kaya akan fitur sebut saja ABS, dual SRS Airbag, jok kulit, power steering, power window, electric mirror, ac double blower yang letaknya ada dibelakang penumpang baris kedua, roof rail, tilt steering, panel kayu, 3 soket 12V dan sebagainya. Mobil ini hanya dijual dalam 1 varian saja. Dibagian eksterior terdapat berbagai tambahan aksesori seperti foglamp, spion tanduk, side body mould, roof rack, spoiler belakang, wiper belakang, cover ban serep dari plastik abs dan sebagainya seperti halnya mobil SUV mahal diawal milenia ketiga.

Kelebihan Suzuki Grand Escudo XL-7 adalah mesin V6 nya yang sangat bertenaga terutama untuk akselerasi sehingga enak untuk jalan jauh melewati tol maupun menyalip kendaraan didepan. Selain itu, mesin ini juga memiliki suara yang bagus. Walaupun hanya tersedia varia RWD, namun konon untuk memasang gardan depan dan transfercase pada Escudo XL7 bisa langsung pasang dengan part copotan versi JDM maupun Eropa. Dengan sasis ladder frame dan gardan rigid membuat mobil ini cukup tangguh melewati jalan jelak apalagi didukung suspensinya yang memiliki panjang berlebih sehingga membuat nyaman penumpang. Sebagai SUV mewah, kenyaman mobil ini sudah pasti jauh lebih baik dibanding Escudo sasis pendek terlebih material-material interiornya terasa lembut dan empuk. Karena double blower diletakkan dibelakang penumpang baris kedua, udara dingin dari mobil yang memang AC nya terkenal dingin ini bisa merata keseluruh bagian kabin.

Kelemahan mobil ini ada pada konsumsi BBM yang mencapai 1:6 untuk rute kombinasi dengan sedikit macet dan termasuk boros untuk kebanyakan orang. Penyeban borosnya konsumsi BBM mobil ini dipengaruhi oleh rasio gigi yang rasionya besar yang membuat putaran mesin menjadi lebih tinggi dan bobotnya yang berat kosongnya mencapai 1,6 ton. Selain itu, mesin mobil ini harus memperhatikan HLA atau Hidraulic Lift Adjuster dengan rutin mengganti oli karena part ini sangat mahal dan tidak selalu tersedia. Walau sudah 7 seater, namun jok baris ketiganya termasuk sempit dan lebih cocok untuk diduduki oleh anak kecil sehingga ada bagusnya untuk melipat jok belakang agar kapasitas bagasinya menjadi lebih besar.


Spesifikasi Suzuki Grand Escudo XL-7 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Grand Escudo XL-7
Jenis Jip
Tipe XL-7
Mesin H25 V6 DOHC 16v 2500cc
Bore X Stroke 84.0 X 75.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.799 mm
Panjang 4.760 mm
Lebar 1.781 mm
Tinggi 1.727 mm

0 Response to "Suzuki Grand Escudo XL-7"

Post a Comment