Honda Civic Wonder SB4

Honda Civic Wonder SB4 adalah varian Civic generasi ke3 yang diperkenalkan antara tahun 1984 hingga 1987 dengan bentuk sedan. Sedikit berbeda dengan Honda Civic Excellent yang berbentuk Hatchback 4 pintu, Civic Wonder tersedia dalam 2 varian yaitu sedan dengan kode SB4 dan Hatchback dengan kode SB3. Mobil ini dinamakan Civic Wonder karena pada jaman dahulu, iklan mobil ini menggunakan lagu dari Stevie Wonder dengan judul What a Wonderful World.

Honda Civic Wonder SB4


Mengusung mesin SOHC 12 katup 1500cc dengan kode EW yang masih menggunakan karburator membuat Honda Civic Wonder termasuk jajaran sedan kencang pada jamannya. Mesin ini kelak berganti nama menjadi Honda D15 pada tahun 1988. Mesin yang hanya mampu mengeluarkan tenaga sekitar 76 Hp ini tergolong sangat irit bahan bakar. Testimoni pemilik Honda Civic Wonder mengatakan 1 liter bensin premium cukup untuk berkelana sejauh 13 km pada rute kombinasi. Mesin D15 ini masih digunakan sampai diperkenalkannya Honda City Type Z yang menjadi sedan 1500cc Honda dengan tenaga terbesar sampai kemunculan Jazz i-VTEC pada 2008.

Masih mengusung suspensi model torsion bar atau batang torsi membuat mobil ini nyaman namun tidak melupakan rohnya sebagai mobil balap touring car di jamannya. Meskipun nyaman dan empuk namun handling mobil ini masih mantab dikendarai. Sayangnya kenyamanan itu tadi menjadi bumerang karena disitu pula kelemahan Civic Wonder ini. Tie rod dan balljoint  ringkih membuat kaki kaki Civic Wonder sering bermasalah. Sekali duakali terpaksa hajar jalan jelek mungkin tidak masalah, tapi jika sudah terlalu sering bisa membuat kaki kaki mobil ini ambrol.

Perbedaan Honda Civic Wonder SB4

Selama dijual antara tahun 1984 hingga 1987, tiap tahunnya Honda Civic Wonder SB4 ini mengalami facelift. Pada awal kemunculannya, Civic Wonder SB4 ini lampu rem, lampu sein dan lampu parkir di bagian belakang sejajar posisinya dengan garnish warna hitam. Pada bagian depan lampu sein pisah. Tahun 1985 masih sama dengan tahun 1984 hanya saja garnish berwarna merah. Tahun 1986 lampu sein dan lampu perkir dibelakang posisinya berada diatas lampu rem belakang. Pada bagian depan lampu utama berbentuk trapesium 4 sisi dengan lampu sein one piece. Warna garnish pada tahun 1986 kembali menjadi hitam. Gen terakhir dari Honda Civic Wonder ini masih sama dengan tahun 1986, hanya saja garnish belakang warnanya terpisah menjadi 2 yaitu hitam diatas dan merah dengan tulisan Civic di bawah. Pada rakitan 1987 ini juga sudah dilengkapi dengan power window.

Kelebihan Honda Civic Wonder SB4 ini adalah Mesinnya cukup kencang dan irit bahan bakar. Selain itu handling lumayan baik dan nyaman berkat suspensi yang empuk. Bentuk atau modelnya masih cukup diminati untuk ukuran mobil keluaran 80an walaupun tidak sekeren versi SB3. Terakhir untuk semua kenyamanan dan kelebihannya tadi bisa ditebus cukup dengan budged antara 25 hingga 35 juta rupiah saja.

Kelemahan mobil ini adalah kaki kaki yang cenderung ringkih. Sebelum meminang mobil ini perhatikan dengan seksama kaki kakinya karena part mobil Honda cenderung sedikit lebih mahal dibanding sesama kompetitornya asal Jepang. Selain itu perhatikan pula karat yang bersembunyi dibalik plafon, karpet dan sudut sudut yang kurang diperhatikan terutama bila anda tinggal didaerah pantai.

Spesifikasi Honda Civic Wonder SB4 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic Wonder SB4
Jenis Sedan
Tipe SB4
Mesin D15 SOHC 1500cc
Bore X Stroke 74.0 X 86.5 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.450 mm
Panjang 4.150 mm
Lebar 1.630 mm
Tinggi 1.340 mm

2 Responses to "Honda Civic Wonder SB4"

  1. om mobil sya civic wonder 87 tapi kenapa lampu depan kalo pas hujan penglihatan jadi kurang jelas mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampunya brp watt? punya saya 50/60w kuga kurang jelas klo hujan malam. kaca depan juga pengaruh lho klo ada kaca film. klo mau pasang fog lamp kuning kayak zebra sya dulu

      Delete