Mitsubishi Lancer DanGan

Mitsubishi Lancer DanGan adalah compact sedan yang diperkenalkan Mitsubishi antara tahun 1988 hingga 1992. Nama Mitsubishi Lancer Dangan diambil dari bahasa jepang artinya peluru dimana maknanya mobil yang melaju secepat peluru. Di Amerika Serikat, mobil ini diberi nama Plymouth Colt, Dodge Colt dan Eagle Summit.

Mitsubishi Lancer Dangan



Mitsubishi Lancer DanGan ini dibekali dengan mesin SOHC 4G15 1500cc karburator yang sama dengan Mitsubishi Colt T120ss pada tipe GLX dan mesin DOHC 4G61 1600cc multi point injection pada tipe GTi antara tahun 1988 hingga 1990. Mesin yang kata beberapa orang mirip suara dinamo ini bisa mengeluarkan tenaga hingga 124hp pada 6500rpm. Pada Tahun 1990, Mitsubishi melakukan minor facelift ke Mitsubishi Lancer DanGan ini. Salah satu minor change di eksterior adalah perubahan warna lampu sein yang awalnya orange menjadi putih. Berbeda jauh untuk bagian mesin. Untuk mesin pada tipe GTi tahun 1990 hingga 1992 sudah menggunakan mesin DOHC 4G67 1800cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 140hp. Untuk urusan top speed, banyak pengguna Lancer DanGan terutama tipe GTi yang mengklaim mobilnya masih kuat diajak berlari hingga 220km/jam.

Kaki kaki mobil ini juga lumayan kuat karena mobil ini juga punya dna mobil rally seperti Galant VR4 yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama Eterna. Untuk tipe GTi keempat rodanya sudah dilengkapi dengan disk brake atau rem cakram untuk menghentikan laju yang dihasilkan mesinnya. Untuk DanGan SOHC hanya rem depan saja yang sudah menggunakan cakram dan rem belakangnya teromol.

Perbedaan antara Lancer Dangan SOHC dengan DOHC selain mesin dan rem cakram dikeempat roda ada pada kelengkapan aksesorinya. Dangan DOHC dilengkapi bumper lebih sporti dengan spoiler, velg alloy, spion dan knob pintu sewarna bodi sementara Dangan SOHC minus spoiler, spion dan knob pintu sewarna bodi serta masih menggunakan velg kaleng dengan dop. Dibagian interiornya Dangan DOHC memakai setir palang 4, jok semi bucket, jok belakang dengan adjuster, dan interior berwarna gelap. Untuk Dangan SOHC tidak dilengkapi dengan jok semi bucket, adjuster jok belakang dan memakai interior berwarna beige serta setir palang 2.

Jika ingin membeli Mitsubishi Lancer DanGan terutama tipe GTi, perhatikan rpm mobil. Pertama tama cek rpm pada saat ac mati. Jika mesin normal posisi rpm berada diantara 700 hingga 900rpm. Setelah itu cek rpm pada saat ac menyala apakah rpm mengayun atau tidak (rpm naik dan turun dengan cepat tidak stabil). Normalnya ketika ac menyala rpm berada di kisaran 800 sampai 1000rpm. Jika mesin masih normal rpm tidak naik turun. Seringkali Lancer DanGan GTi RPMnya drop kala menghidupkan AC lantaran idle sensornya sudah kena. Cek juga apakah ketika mesin dihidupkan dan terdengar bunyi tek tek tek maka bisa jadi HLA atau Hydraulic Lift Adjuster sudah mulai lemah. Kalau HLA sudah lemah maka klepnya tidak bisa disetel seperti pada mesin karburator.

Kelebihan Mitsubishi Lancer DanGan adalah tenaga mesinnya yang gila gilaan. Bahkan untuk Lancer DanGan GTi dengan mesin 1800cc bisa dibilang mobil 1800cc standar pabrik terkenceng mengalahkan Lancer CB5 yang lebih berat. Secara teori lancer DanGan yang lebih ringan seharusnya mampu berlari lebih cepat dibanding Lancer CB5. Karenanya tidak salah kalau Mitsubishi Lancer Dan Gan GTi memiliki image mobil kencang. Urusan kenyamanan mobil ini lumayan nyaman walau tidak senyaman saudaranya Mitsubishi Eterna. Walau terlihat agak kecil dari luar, interior mobil ini lumayan lega.

Kelemahan atau kekurangan mobil ini adalah sparepart yang harganya lumayan mahal dan tidak selalu tersedia (tipe GTi). Spare part Mitsubishi malah karena jarang part imitasi dan konon beberapa part masih dibuat di Jepang dan diimpor ke Indonesia. Karenanya walaupun part mahal tapi kualitasnya tidak main main. Karena mahalnya part, disarankan bagi pengguna Mitsubishi Lancer DanGan yang merasa dana minim atau tinggal dipelosok daerah untuk lebih mempertimbangkan Lancer DanGan SOHC. Mesin SOHC DanGan ini memiliki banyak persamaan part dengan Colt T120ss yang tentunya partnya lebih murah dibanding sedan.

Spesifikasi Mitsubishi Lancer Dangan ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Lancer DanGan
Jenis Sedan
Tipe Lancer DanGan
Mesin 4G15 SOHC 1500cc
4G61 DOHC 1595cc
4G67 DOHC 1836cc
Bore X Stroke 75.5 X 82.0 mm (4G15)
82.3 X 75.0 mm (4G61)
81.5 X 88.0 mm (4G67)
Sistem Bahan Bakar Karburator (GLX)
Multi Point Injection (GTi)
Transmisi Otomatis 3 Speed (GLX)
Manual 5 Speed (GLX, GTi)
Wheelbase 2.455 mm
Panjang 4.320 mm
Lebar 1.670 mm
Tinggi 1.340 mm

57 Responses to "Mitsubishi Lancer DanGan"

  1. Aku ingin nyuba dan gan, ada ditawarkan cuma 26 jt taun 1992, tp pajak mati 3 taun. Yah kalau pajak hidup mungkin sekitar 30 jt kali, warna putih. Gmn agan2... Dijadiin gak ya apa ditawar sadis 20 jt hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dangan apa dulu ini... kalo GTi ambil tuh lumayan mobil kentjang perawatan standar mobil DOHC 90an lain partnya lumayan berceceran mulai dari ori mitsubishi, proton, sampai KW. Tapi ya harap diingat kalau ori harganya lebih dibanding KW tapi kualitas bisa setara mobil eropa (ada harga ada rupa istilahnya) cek bunyi-bunyian aneh dari mesin. kalo mau versi paket hemat tipe GLX mirip Colt T120ss masih pake karburator perawatannya jelas lebih murah dibanding yang DOHC dan bensin lebih irit juga. harga pasaran sekitar 25-30 juta tawar aja siapa tau dapet

      Delete
  2. idle up ac bermasalah (dan gan 90) ada yang jual ga ya. berapa kira kira harganya

    ReplyDelete
  3. idle up ac bermasalah (dan gan 90) ada yang jual ga ya. berapa kira kira harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mampir komunitasnya gan... biasanya pritilan aneh2 ada yang jual

      Delete
    2. 500 ribu idle up sensor. Kalo susah bisa pake pnya panther, rubah dudukan sedikit. Yg pnya panther 400 ribuan.

      Delete
  4. Boss saya mau nanya.. Klo pasang ac dangan 92.. Kisaran harga berapa ya?.. Mohon infonya..

    ReplyDelete
  5. Boss saya mau nanya.. Klo pasang ac dangan 92.. Kisaran harga berapa ya?.. Mohon infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dangan nggak tau tapi dulu masang punya classy habis 3 jt denso

      Delete
  6. Klo bwt kebut.. kencengan dan gan 1800 GTI apa mazda lantis/familia ya..

    ReplyDelete
  7. Klo bwt kebut.. kencengan dan gan 1800 GTI apa mazda lantis/familia ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenaga rasanya gedean dangan (spek brosur 140hp vs 130hp, apalagi karna berat keduanya ada selisih sekitar 50kg (dangan lebih enteng) kalo drag race saya jagoin dangan. tapi berhubung familia lebih berat dan besar, rasanya lebih enak buat lari marathon ala wangan.

      Delete
  8. Yang Punya DANGAN DOHC Sharing dong . WA 081313407121

    ReplyDelete
  9. permisi gan saya baru beli lancer thun 90...mo cari saklar kombinasi ada yg mo jual nggak ya????...mohon infox...

    ReplyDelete
  10. Gan saya mau tanya,kalo DanGan yg SOHC 30 juta, kemahalan ga? Apa bedanya DanGan SOHC dan dohc? Bodynya masih mulus sih, cuma rencana dipakai sehari hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung barangnya juga sih, kalau istimewa 30 wajar lah.
      SOHC lebih lemot dibanding DOHC tapi perawatannya jauh lebih murah. beda lainnya ada di aksesorisnya dimana DOHC lebih lengkap

      Delete
  11. Gabung donk comunitas lancer pwkan baru

    ReplyDelete
  12. Saya punya lancer glx sohc glx 1500 , kasi tau kenapa air radiator suka berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. BErkurang bisa karena bocor di radiator, tutup radiator. Service ke tukang radiator aja. Kl disertai overheat, kemungkinan besar kinerja kipas elektrik sdh kurang baik (ada 2 kipas, 1 ac, 1 mesin). Salah satu mati pasti overheat, standar temperaturnya tidak lebih dari setengah di indikator.Suspek lain, water pump sealnya bocor, itu juga menyebabkan air berkurang.

      Delete
  13. Saya punya lancer glx sohc glx 1500 , kasi tau kenapa air radiator suka berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebabnya ada banyak. coba cek ada tetesan iar tidak? kalau ada, bisa jadi selang2 atau sambungannya bocor. lainnya bisa jadi hal sepele kayak tutup radiator sudah minta pesangon buat pensiun...

      Delete
  14. Lebar mobil dangan cent ya gan plus spion nya

    ReplyDelete
  15. Prinsipnya lancer sohc simple sekali, jarang bermasalah, mesin sangat bandel dan irit, tarikan sesuai namanya spt peluru. Penyakit utama yg umum hanya kaki2 krn penggerak roda depan. Mesin ga ada masalah, mitsubishi standar memang ok banget dan handal. sparepart murah meriah.

    ReplyDelete
  16. Kekurangannya satu aja utk tipe yg matic, percepatan hanya tiga tingkat, padahal mesinnya sangat buas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. mesin buas transmisi matic cuma 2 atau 3 speed sudah persis muscle car amrik tahun 60 atau 70an

      Delete
  17. Agan2 saya mau tanya kabel soket afs dangan 89 ada berapa kabel ya tks

    ReplyDelete
  18. gan mau nanya kl dg sohc saya boros bngat, gmana cara nyetelnya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling mudah sih bersih2 jalur masuk kayak filter2, karbu, dkk. juga cara mengemudinya perlu diperhatikan... toh mitsubishi jaman dulu nggak pernah ngiklanin irit.. yang ada cuma tenaga dan kencang

      Delete
  19. Gan mau nanya rencana sya mau beli lancer dangan 1990 doch 1600cc .. harga 24 jt. ..apakah lancer tersebut boros? Dan sparepart nya mahal ? Cara ngerawatnya susah. Mohon infonya gan. 082214670746

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya mending ambil yang sohc saja. mesin colt t120ss part gampang perawatan ala sopir angkot juga masih oke. mitsubishi jaman dulu nggak pernah bilang produknya irit lho, apalagi untuk dangan dohc yang notabene butuh bensin banyak untuk dikonversikan ke tenaga yang besar.

      Delete
  20. Sekedar info saja gan, saya punya dangan sohc 91, mesin bandel banget, jarang jajan, part lumayan murah. Saya pake pertalite, lumayan irit..
    Cuma kemarin habis cat ulang, trus skrng klou hujan deras dr kaca depan suka netes air, solusinya gmn ya gan? Apa bisa di sealent pake sealent kaca gk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karet kaca sudah getas, coba saja pake sealant kaca, jangan sampai kebanyakan biar tidak menggangu visibilitas

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. gan saya mau tanya ampere tidak stabil kenapa ya

    ReplyDelete
  23. Gan, saya punya lancer soch 92, klo ac off temperatur naik, tapi klo ac di on temperatur normal ditengah mohon pencerahannya.tq

    ReplyDelete
  24. Mas, dangan saya mati tidak bisa stater, gak ada bunyi cek,,cek. Kabel aman gak ada yang putus,tapi indikator masih hidup semua dan koil,accu,kabel busi saya belikan baru, apa ya?

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. saya bukan mekanik, tapi coba cek motor starter (dinamo) mungkin saja gulungan starternya terbakar dan hangus atau kalau nggak malah relay starternya kena

      Delete
  26. Gan sy maunyak..
    Sy pnya lancer gti 16v setiap idupin ac to mesin panas rpm nya slalu turun naik..masahnya kira2 di mn ya..

    ReplyDelete
  27. Misi gan,mau nanya dangan ane minyak rem sama minyak kopling tekor melulu dicek gak ada yg bocor,kira2 apa ya gan penyebab nya?

    ReplyDelete
  28. Gan saya punya Lancer Dangan DOHC 1,6 ada yg bisa bantu gak cari spertpart balljoint handle pintu dan rack end mohon infonya gan. Risih jga dengar suaranya klau di jalan rusak mohon bantuannya gak.

    ReplyDelete
  29. Gan saya punya Lancer Dangan DOHC 1,6 ada yg bisa bantu gak cari spertpart balljoint handle pintu dan rack end mohon infonya gan. Risih jga dengar suaranya klau di jalan rusak mohon bantuannya gak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo untuk cari spartpart nya mending lang ke jakarta aj bro. Disana lebih lengkap. Dan perbandingan harga jg lumayan.

      Delete
  30. Agan semua permisi numpang mampir..kalo stelan kerenggangan klep standar mesin Lancer Dangan sohc karburator 1500cc kerenggangan klep ya berapa ya..mo Service sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan, kurang tau
      silahkan jawab kalau ada yang tau...

      Delete
  31. Mo nanya gel kerenggangan klep Lancer Dangan standarnya berapa..mesin sohc 1500cc karburator..Agan ada yg tau ndak.halp me please.

    ReplyDelete
  32. Salam sejahtera
    mau tanya Kalau injektornya ada yang mati apa mesin jadi kasar suaranya persis diesel ???, trus ada persamaanyah gak dengan injektor t 120 ss ??makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak.
      suara kasar coba cek oli mesin (masih penuh tidak), tensioner (kendor tidak), bearing.

      Delete
  33. semua sudah di cek bagus gan, cuman maslahnya 2 nozel injektor mati itu kata montirnya...

    ReplyDelete
  34. busi kering dan gak ada yang bocor, kalau injektor kisaran berapa yach yg baru ada kesamaan dengan ts 20 ss ?? makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek https://www.tokopedia.com/daffashop2015/nozzle-injector-lancer-dan-gan-16
      saya kurang yakin kalau sama dengan colt t120ss injektornya. dan gan yang mesinnya sama dengan colt t1220ss masih karbu. yang 1600cc pakai injektor 210cc sementara 1800cc pakai 240cc sama kayak cb5 dan eterna.

      Delete
  35. buat admin yg punya page ini & juga buat temen-temen pengguna lancer dan gan.
    mau bertanya sedikit nih soal dan gan 1.8 dohc
    mobil udah setahun gak dihidupin,pas buka kap mesin,
    kaget banget pas liat selang-selang yg eci ama injektornya udah digigit tikus ampe putus.
    sekarang bingung nih,pas hidupin mesin kayak pincang gitu.

    mohon bantuannya,
    sekiranya ada temen2 disini yg bisa bagi foto dan instalasi selang2 tersebut.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    salam 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo,
      sekarang saya sudah nggak punya mitsubishi lagi, tapi mungkin ebook repair manual (format PDF bahasa inggris) ini bisa membantu
      Mitsubishi 4G6 Workshop Manual

      Delete
    2. Terima kasih gan.. ini sangat membantu. Karena saya masih pake dangan gti 1.8. Klu ada manualnya.. bisa lebih mengerti lagi. makasi

      Delete
  36. Salam gan, dangan sohc sy selalu banjir karbunya, bgmn cara mengatasinya gan? tks.

    ReplyDelete