Ford Laser Ghia GL Sonic, Gala, Champ KF/KH

Ford Laser Gala

Ford Laser dengan kode body KF dan KH adalah compact sedan yang diproduksi Ford antara tahun 1989 sampai 1996. Mobil ini menjadi kembaran Mazda 323 platform BG seperti Interplay dan Astina. Dengan tampilan ala USDM dan menjadi basis desain Ford Escort di Amerika Utara, mobil ini menjadi Ford Laser paling populer di Jepang setelah tersedianya versi coupe liftback.


Pertama kali masuk ke Indonesia sebagai Ford Laser 'Ghia' GL yang pertama muncul di akhir tahun 1989. Ford Laser ini dibekali dengan mesin B3 SOHC berkapasitas 1300cc dengan pengabut bahan bakar karburator. Tidak lama kemudian muncul Ford Laser Sonic dan Ford Laser Gala pada tahun 1990. Secara tampilan eksterior, keduanya hampir mirip. Bedanya, Ford Laser Sonic dibekali dengan mesin B3 SOHC 8 valve 1300cc sedangkan Ford Laser Gala dibekali dengan mesin B6 SOHC 16 valve 1600cc. Semua Ford Laser Sonic hanya dibekali dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan saja sementara Ford Laser Gala selain manual 5 percepatan, ada varian yang memakai transmisi otomatis 4 percepatan.

Memasuki tahun 1991, diperkenalkan Ford Laser Champ dengan body yang sedikit berbeda dengan Ford Laser Sonic dan Gala. Jika Sonic dan Gala memakai body sedan 4 pintu, Ford Laser Champ memakai body liftback atau hatchback 5 pintu. Sedikit mirip dengan Mazda Astina, hanya saja Ford Laser Champ tidak dilengkapi dengan lampu pop up seperti Astina dan bagian belakang lebih menonjol sehingga mirip seperti adanya bagasi. Ford Laser Champ ini juga menggunakan mesin BP DOHC 16 valve yang sama dengan Mazda Astina.

Selain beda di mesin, diantara Ford Laser ini juga terdapat perbedaan pada fiturnya. Ford Laser GL seluruhnya serba manual tanpa power window, power steering, electric mirror dsb karena model ini digunakan untuk armada taksi. Ford Laser Sonic semuanya juga serba manual. Tidak ada power steering dan electric mirror. Hanya saja sebagai pembeda terdapat wiper belakang dan power window karena peruntukannya untuk pribadi. Untuk Ford Laser Gala, fitur fiturnya sudah lengkap ala sedan 90an seperti power steering, power window, electric mirror, tilt steering, pengatur jok depan dsb. Sedikit berbeda dengan Mazda Interplay yang sudah menerapkan speedometer digital, Ford Laser Gala ini masih memakai speedometer analog. Versi tertinggi dari Ford Laser ini adalah Ford Laser Champ yang memakai mesin BP5 DOHC injection. Fitur fiturnya mirip dengan Ford Laser Gala hanya saja terdapat penambahan aksesoris berupa spoiler, knalpot model sporty, foot rest pengemudi, dsb.

bodi Ford Laser Sonic Champ Gala

Karena masih satu platform dengan Mazda 323 Interplay, tidak heran kalau sparepart antar keduanya bisa saling bertukar. Untuk Ford Laser Gala 1600cc bisa saling tukar sparepartnya dengan Mazda Interplay atau Timor SOHC. Sedangkan untuk Ford Laser Champ bisa saling tukar dengan Mazda 323F alias Astina. Khusus untuk Ford Laser Sonic, karena memakai mesin B3 1300cc hampir tidak ada padanannya. Perlu diingat part mesin B3 berbeda jauh dengan Ford Laser GL 1300cc yang memakai mesin E3 dan E5 untuk yang bermesin 1500cc.

Kelebihan Ford Laser ini adalah harganya yang miring. Hasil pencarian di situs jual beli menunjukkan bahwa uang sekitar 35 juta sudah bisa dapat sedan kencang Ford Laser Champ. Untuk Ford Laser Gala yang lebih irit namun lebih bertenaga dibanding Ford Laser Sonic bisa didapat dengan budget sekitar 30 juta. Paling murah, untuk Ford Laser Sonic cukup modal sekitar 25 juta saja. Perlu diingat sebelumnya kalau harga tergantung kondisi dan kelayakan jalan. Jangan lupa juga untuk menyisakan 5 sampai 10 juta untuk restorasi. Untuk spare part bisa saling tukar untuk Ford Laser Champ dengan Astina, Laser Gala dengan Timor SOHC atau Interplay. Khusus untuk Laser Sonic karena hampir tidak ada padanannya dan unitnya terbilang jarang, tak heran kalau sparepartnya juga mulai sulit. Hal inilah yang menjadi kelemahan dari Ford Laser Sonic. Part mesin harganya juga kadang lebih murah dibanding part yang sama dengan label Mazda atau Timor. Untuk part body, seperti lampu lampu masih mudah dicari di kota kota besar.

Spesifikasi Ford Laser KF/KH ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Laser KF/KH
Jenis Sedan, Hatchback
Tipe KF/KH
Mesin B3 SOHC 8 Valve 1300cc (Sonic)
B6 SOHC 16 Valve 1600cc (Gala)
BP5 DOHC 16 Valve 1800cc (Champ)
Bore X Stroke 71.0 X 83.6 mm (B3)
78.0 X 83.6 mm (B6)
83.0 X 85.0 mm (BP)
Sistem Bahan Bakar Karburator (Sonic & Gala)
Injection (Champ)
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.270 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.375 mm

4 Responses to "Ford Laser Ghia GL Sonic, Gala, Champ KF/KH"

  1. Mantab infopedia nya...

    Saya Ford Sonic user, dan yang ditulis di atas memang ada benarnya... hihihi...

    Tapi itu jadi tantangan, dan juga di jalan sudah mulai jarang varian ini...

    Senangnya adalah ketika di jalan begitu ketemu orang yg ngerti dan paham, biasanya akan melihat dan mulai bertanya-tanya jika ada kesempatan untuk chit chat...

    Saya pribadi penggemar 2 brand saudara itu, Mazda dan Ford..
    Brand yang biasanya selalu lebih unggul di kelasnya, tp di Indonesia tidak menjadi favorit, padahal fitur2 mobil sekelas dan seangkatannya masih di bawah fitur fitur 2 brand mobil ini...

    Hihihi...
    * cmiiw *

    ReplyDelete