Holden Gemini RB JT600

Isuzu Gemini diesel

Holden Gemini RB JT600 disebut juga Isuzu Gemini adalah sebuah sedan bermesin diesel yang hadir di Indonesia antara tahun 1984 hingga 1990 sebelum dealernya ditutup untuk pengembangan mobil Timor. Diberi label Holden agar merk Holden masih terdengar gaungnya di Indonesia. Mobil ini menggunakan platform R kendaraan buatan General Motor sebagai mobil sedan kompak. Holden Gemini ini didedain oleh desainer mobil ternama asal Italia bernama Giorgetto Giugiaro  yang juga mendesain Ferari 250 GT SWB Bertone (1960), Fiat Uno hingga Ducati 860GT.

Mobil ini menggunakan mesin diesel buatan Isuzu berkapasitas 1500cc OHV 8 valve. Orang indonesia mungkin akan sedikit merasa aneh melihat mobil sedan bermesin diesel. Padahal di negara negara uni eropa sana populasi mobil diesel jumlahnya bisa lebih banyak dibanding mobil bermesin diesel. hal ini disebabkan mesin diesel rata rata bebas perawatan dan konsumsi BBM yang jauh lebih irit dibanding bensin. Mesin seri 4EC1 buatan Isuzu ini terkenal sangat irit konsumsi BBMnya. Terkadang jika mesin sehat 1 liter solar bisa untuk 18km di rute luar kota walaupun cara nyetirnya berantakan. Saking iritnya tidak sedikit Holden Gemini yang dicopot mesinnya untuk dijadikan mesin pompa air di ladang pertanian maupun generator. Urusan sparepart, beberapa part mesin masih bisa saling tukar dengan mesin C223 dari Isuzu Phanter walau beberapa part sudah susah mencarinya.


Mesin Isuzu 4EC1 ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 50PS pada 4800rpm dan torsi 90Nm pada 3000rpm. Semua Holden Gemini maupun Isuzu Gemini yang beredar di Indonesia hanya dilengkapi mesin 4EC1 berkapasitas 1500cc dengan transmisi manual 5 percepatan. Walau begitu ada beberapa pengguna mobil ini yang memasang mesin 4EC1T 1500cc turbo maupun 4EE1T 1700cc turbo dengan turbocharger IHI RHB32 yang dipadukan dengan transmisi otomatis 3 percepatan. Mesin 4EC1 yang diberi turbo dapat menghasilkan tenaga 67PS pada 4600rpm dan torsi 132Nm pada 2600rpm. Sejatinya mesin ini sudah sangat bandel bertenaga dan juga irit bbm. Oleh karena itu Holden Gemini sempat dijadikan armada taksi di beberapa kota besar seperti Medan, Surabaya hingga Jakarta.

Kelebihan Holden Gemini adalah mesin dieselnya yang memiliki torsi besar dengan bobot kendaraan yang hanya sekitar 900kg membuatnya sangat irit bahan bakar. Karena masih menggunakan diesel konvensional, penggunaan solar busuk juga sudah cukup sebagai bahan bakar. Mesin ini juga sangat tangguh asal rajin ganti oli dan jangan telat isi solar. Kelemahannya biasanya rawan karat di area lis kaca depan dan belakang. Part bodi dan kaki kaki lumayan susah kecuali di Jakarta. Tambahan untuk Holden Gemini yang sudah memakai mesin turbo disarankan agar jangan langsung mematikan mesin dan biarkan mesin langsam selama sekitar  menit sebelum mematikan mesin. Selain itu jangan blayer mobil sebelum mesin dimatikan jika ingin turbo awet.

Urusan harga, harga jual Holden Gemini ini tergolong murah. Cukup dengan uang antara 10 hingga 30 juta sudah bisa membawa pulang mobil ini. Dengan harga solar per 5 Januari 2016 yang turun menjadi Rp5650 per liternya dipadukan konsumsi bbm yang bisa belasan Km per liternya bahkan mencapai 1:20 lebih ditambah harga spare part yang bersahabat menjadikan mobil ini layak dipertimbangkan untuk mengangkut satu keluarga dibandingkan harus memakai sepeda motor yang kurang aman dan nyaman.

Spesifikasi Holden Gemini RB JT600 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden Gemini RB JT600
Jenis Sedan
Tipe JT600
Mesin 4EC1 OHV 1500cc
Bore X Stroke 76.0 X 82.0 mm
Sistem Bahan Bakar Diesel
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.400 mm
Panjang 4.082 mm
Lebar 1.615 mm
Tinggi 1.321 mm

0 Response to "Holden Gemini RB JT600"

Post a Comment