Nissan Cefiro A31

Nissan Cefiro A31

Nissan Cefiro A31 adalah mid size sedan yang diproduksi oleh Nissan antara tahun 1988 hingga 1994. Secara teknis, mobil ini hampir sama dengan Skyline GTR R32 dan Laurel C33. Bedanya Nissan Cefiro dengan Nissan Skyline GTR R32 ada di area kaki depan dimana Nissan Cefiro A31 menggunakan kaki yang mirip dengan Silvia S13. Karena satu platform dengan Skyline GTR R32 dan Laurel C33, jika panel luar bodi ketiganya dibuka maka kelihatan deh kesamaan rangka unibodynya. Nissan Cefiro A31 menjadi mobil yang tercanggih untuk kelasnya dizamannya untuk bersaing dengan Honda Accord, Toyota Corona sampai Mitsubishi Eterna. Yang spesial, ketika rivalnya sudah memakai layout FF (mesin depan gerak roda depan), Nissan Cefiro A31 masih mengandalkan layout FR (mesin depan gerak roda belakang) yang memang bandel dan jarang bermasalah dibanding gerak roda depan.

Mobil ini dibekali dengan mesin RB series tepatnya RB20E SOHC 6 silinder berkapasitas 2000cc. Mesin dengan rasio kompresi 9,5:1 ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Walaupun masih SOHC, tapi tenaga yang dihasilkan mesin ini dapat mencapai 130PS pada 5600rpm dan torsi sebesar 181Nm pada 4400rpm. Kecil tenaganya? mesin seri RB26DET dari Nissan Skyline GTR bisa masuk dengan mudahnya kedalam engine bay Nissan Cefiro A31 sehingga untuk membuat Cefiro kencang sebenarnya mudah. Untuk konsumsi BBM lumayan wajar untuk mesin 2000cc 6 silinder. Tercatat mobil ini bisa menempuh jarak sekitar 6 hingga 7 km per liternya. Konsumsi BBM Nissan Cefiro A31 masih bisa diiritkan lagi dengan cara menjaga kebersihan ruang bakar dari karbon, setting klep hingga cara mengemudi dan penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan mesin. Urusan top speed, mobil ini mampu melaju hingga 190km/jam asal mesinnya sehat. Top speed mobil ini tergolong kecil karena memang terdapat speed limiter yang tertanam pada ECU mobil ini.

Fitur fitur yang disediakan Nissan Cefiro A31 ini tergolong sangat canggih bagi orang Indonesia. Karena fitur fitur yang terlalu canggih bahkan untuk ukuran mobil saat ini membuat Nissan Cefiro A31 kurang laris dipasaran. Beberapa fitur canggih mobil ini selain power window, power steering, central lock dan sebagainya antara lain seperti suspensi multilink system dengan beberapa pilihan mode setelan kekerasan shockbreaker seperti sport atau comfort. Motorized retractable mirror alias spion elektrik yang membuatnya menjadi mobil pertama di Indonesia dengan fitur ini. Headlamp dengan projector yang juga pertama di indonesia. Antena otomatis yang digerakkan dari dalam kabin, dan AC yang bisa diatur secara motorized melalui tombol. ABS (Anti-lock Brake System) juga sudah tersedia di mobil ini. Sayangnya karena kebanyakan orang Indonesia malas merawat mobil ini, kebanyakan fitur fitur canggih diatas sudah mati. Untuk memperbaikinya siapkan saja dana yang lumayan besar karena part elektrikal mobil ini lumayan sulit.

Pada masanya, mobil ini bersaing juga dengan sedan mid size mewah asal eropa seperti BMW atau Mercedes. Karenanya tidak heran Nissan Cefiro A31 juga menggunakan layout FR dengan mesin 6 silinder dari pabriknya. Selain itu kaki kaki Mobil ini sudah menganut tipe independen. Oleh karena itu Nissan Cefiro bisa senyaman mobil mobil Eropa. Suspensi standar cukup empuk dan stabil sehingga handlingnya masih baik saat diajak nikung rada kencang. Jalanan rusak masih tetap enak bantingannya. Rem standar sudah menganut 4 cakram sehingga jadi cukup pakem. Oleh karena itu walaupun didesain sebagai mobil mewah, Nissan Cefiro A31 akhirnya banyak yang digunakan untuk kebutuhan balap terutama Drifting yang mulai populer karena manga Initial-D atau film Fast Furious Tokyo Drift. Selain karena harga bekasnya hancur, mobil ini memang sudah mumpuni untuk dijejali part kompetisi yang bisa diambil dari Nissan GTR ataupun Silvia. Belum lagi penggerak roda belakang dengan gardan statis memang sangat mendukung untuk kegiatan drifting.

Nissan Cefiro A31 belakang


Mobil ini mengalami facelift pada tahun 1992 dengan nama Nissan Cefiro SV. Perbedaanya dengan Nissan Cefiro A31 lama mungkin hanya terletak pada desain bumper, lampu belakang dan beberapa aksesori. Mobil ini di discontinue pada tahun 1994 dan digantikan dengan Nissan Cefiro yang menganut layout FF (mesin depan gerak roda depan).

Kelebihan Nissan Cefiro A31 adalah performanya yang sangat baik. Boleh dibilang mobil ini sebagai Nissan Skyline GTR di Indonesia. Urusan kenyamanan mobil ini tidak bisa dianggap remeh. Walaupun performa dan kenyamanannya top, pajak mobil ini lumayan murah. Hanya berkisar sekitar 900 ribuan per tahun. Jelas lebih murah dibanding mobil baru yang sudah diatas 1 jutaan lebih. Dengan uang 25 hingga 40 juta sudah bisa membawa pulang mobil ini. Harga jual Nissan Cefiro A31 tentunya tergantung akan kelengkapan parts, kerusakan dan kondisinya.

Kelemahannya sparepart mobil ini lumayan sulit khas Nissan karena memang bukan mobil pasaran. Harga sparepartnya juga lumayan mahal jika dibandingkan sedan small size namun masih acceptable jika dibandingkan sedan mid size lainnya. Terakhir part elektronik canggih seperti shock adjuster kebanyakan sudah mati dan kalaupun diperbaiki akan susah untuk memperbaikinya karena jarang spesialis shockbreaker aktif seperti ini.

Spesifikasi Nissan Cefiro A31 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Nissan Cefiro A31
Jenis Sedan
Tipe A31
Mesin RB20E SOHC 2000cc
Bore X Stroke 78.0 X 69.7 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.670 mm
Panjang 4.690 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.335 mm

4 Responses to "Nissan Cefiro A31"

  1. memang mantap sekali untuk nissan cefiro
    saya sendiri sudh pakai nissan cefiro -+ 3th

    ReplyDelete
  2. 082176660316 whatsapp saya aja om yg cari cefiro .. buat harian dan drift... udh lumayanlah hehe.. jarang pakai soalnya lagi ke lapangan trs

    ReplyDelete