Timor SW515i Station Wagon

Timor SW515i wagon

Timor selain membuat mobil sedan juga membuat station wagon dari Timor S515i yang berbentuk sedan dengan nama Timor SW (Station Wagon). SW515i ini merupakan varian Station wagon dari Timor S515 atau Timor Sedan yang bagian belakangnya dimodifikasi oleh pabrikan. Mobil ini merupakan salah satu dari mobil Timor yang benar benar dirancang di Indonesia. Oleh karena itu, tidak ada mobil Timor atau Kia Sephia di seluruh penjuru dunia yang berbentuk wagon dan menjadikannya mobil yang unik asli Indonesia.

Pada awalnya, keluar sebuah instruksi presiden (Inpres Nomor 2 Tahun 1996) yang menginstruksikan kepada Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Menteri Keuangan, dan Menteri Negara Penggerak Dana Investasi/Ketua Badan Koordinasi Penanama modal agar secepatnya mewujudkan industri mobil nasional yang sudah diimpikan bangsa Indonesia sejak tahun 70an. Bersamaan dengan Inpres Nomor 2 Tahun 1996 ini, ditunjuk PT. Timor Putra Nasional (PT. TPN) sebagai pionir mobil nasional. Dengan ditunjuk nya PT. TPN sebagai pionir mobil nasional, maka PT. TPN ini dibebaskan dari bea masuk dan pajak dengan syarat mereka harus menggunakan komponen lokal sebesar 20 % pada tahun pertama, 40 % pada tahun kedua, dan 60% pada tahun berikutnya. Model pertama dari mobil ini adalah Timor S515 yang merupakan rebranding dari Kia Sephia versi 1995.

Meskipun penjualannya pada awal-awalnya cukup kuat, namun karena resesi tahun 1997 dan 1998 membuat penjualan mobil Timor menurun sehingga menyisakan banyak stock unit yang belum terjual. Dikutip dari sebuah postingan disebuah forum yang mengaku sebagai Budi Pramono sendiri, unit mobil Timor yang belum terjual tadi dengan ide dari Budi Pramono sebagai salah satu staff ahli PT Timor Putra Nasional mengusulkan untuk dimodifikasi menjadi station wagon.

Pada awalnya, terdapat penolakan dan sanggahan-sanggahan mengenai ide ini. Mulai dari masalah produksi sampai uji kelayakan untuk produksi massal dari Perhubungan Darat. Namun begitu, divisi R&D Timor, Timor Rekayasa Rancang bangun menyambut baik ide ini. Akhirnya dibuat 1 buah prototype yang dikerjakan bersama dengan jasa modifikasi karoseri New Armada Magelang. Setelah unit prototypenya jadi, bagian pemasaran Timor mulai tertarik dengan ide ini. Akhirnya diputuskan untuk membuat 50 unit Timor station wagon dan kemudian dikirimlah 50 unit Timor sedan untuk dibuat menjadi station wagon ke Magelang.

Selang waktu setelah 7 bulan lamanya, ide mengenai Timor station wagon dibicarakan lagi kepada pihak manajemen dimana kemudian direktur keuangan Timor, bapak Suyanto dengan GM New Armada, bapak Joko Budi membicarakan tentang masalah ini. Namun sayangnya dari 50 unit yang direncanakan hanya bisa terealisasi 35 unit saja dimana 15 unit dipakai sebagai pembayaran karena memang biaya modifikasi seperti ini tidaklah murah. Hasil akhirnya, ada 37 unit Timor station wagon yang diproduksi dimana 1 unit prototype, 35 unit hasil produksi New Armada dan 1 lagi setir kiri yang merupakan titipan bapak Budi Pramono untuk modifikasi. Dari sanalah kemudian dilakukan uji tipe oleh Perhubungan Darat dan menjadi Timor SW515i.

Bentuk dari Timor SW515i ini terlihat seperti Timor sedan S515i hanya saja bagian belakangnya yang berbeda. Bagian pintu belakangnya masih sama dengan Timor S515i sedan sementara pilar C kebelakang berubah menjadi station wagon. Entah mengapa kaca samping belakang dari Timor SW515i ini tidak rata lurus mengikuti garis atap namun sedikit miring keatas. Untuk bagian belakangnya, masih sama seperti versi sedan hanya saja diberi pintu model hatchback serta terdapat wiper belakang. Bagi sebagian orang, model dari Timor station wagon ini mirip seperti Subaru Impreza wagon. 

Dibagian mesin, tidak ada perbedaan dengan Timor DOHC sedan standard. Mesin B5-D dengan konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 1500cc dari Kia yang pada dasarnya adalah turunan mesin B series milik Mazda yang juga terpasang pada Ford Laser. Tenaga yang dihasilkan mencapai 110Hp pada 5500Rpm dan torsi 145Nm pada 4400Rpm. Entah apakah terdapat perbedaan setting pada mesin untuk Timor SW515i atau sama saja seperti Timor S515i sedan. Untuk menggerakkan roda depan tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan.

Dengan produksi yang tidak banyak membuat Timor SW515i lebih beruntung nasibnya dibandingkan dengan Timor S515 sedan. Harga jualnya sendiri gelap terserah suka-suka yang punya. Selain harga jualnya yang jauh lebih tinggi, sebagai mobil limited edition membuatnya lebih terawat dibandingkan teman-temannya.

Spesifikasi Timor SW515i ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Timor SW515i
Jenis Station Wagon
Tipe SW515i
Mesin B5-D DOHC 1500cc
Bore X Stroke 78.0 X 78.4 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.360 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.390 mm


Comments