Timor SW516i Station Wagon

Timor SW515i wagon

Timor selain membuat mobil sedan juga membuat station wagon dari Timor S515i yang berbentuk sedan dengan nama Timor SW (Station Wagon). SW516i ini merupakan varian Station wagon dari Timor S515 atau Timor Sedan yang bagian belakangnya dimodifikasi oleh pabrikan. Mobil ini merupakan salah satu dari mobil Timor yang benar benar dirancang di Indonesia. Oleh karena itu, tidak ada mobil Timor atau Kia Sephia di seluruh penjuru dunia yang berbentuk wagon. Timor station wagon ini diproduksi oleh perusahaan karoseri New Armada di Magelang, Jawa Tengah.

Pada awalnya, keluar sebuah instruksi presiden (Inpres Nomor 2 Tahun 1996) yang menginstruksikan kepada Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Menteri Keuangan, dan Menteri Negara Penggerak Dana Investasi/Ketua Badan Koordinasi Penanama modal agar secepatnya mewujudkan industri mobil nasional yang sudah diimpikan bangsa Indonesia sejak tahun 70an. Bersamaan dengan Inpres Nomor 2 Tahun 1996 ini, ditunjuk PT. Timor Putra Nasional (PT. TPN) sebagai pionir mobil nasional. Dengan ditunjuk nya PT. TPN sebagai pionir mobil nasional, maka PT. TPN ini dibebaskan dari bea masuk dan pajak dengan syarat mereka harus menggunakan komponen lokal sebesar 20 % pada tahun pertama, 40 % pada tahun kedua, dan 60% pada tahun berikutnya. Model pertama dari mobil ini adalah Timor S515 yang merupakan rebranding dari Kia Sephia versi 1995. Kia Sephia ini sendiri sebenarnya merupakan produk badge engineering dari Mazda 323 Interplay. Namun karena Kia Motor Korea Selatan mau menjual mobil tanpa merk ke PT. Timor Putra Nasional dengan harga murah, maka jadilah kerjasama Kia dengan Timor ini.

Salah satu upaya agar PT. TPN terus diberi pembebasan bea masuk dan pajak adalah dengan meningkatkan kandungan lokal pada mobil Timor ini. Bukti nyata memasukkan kandungan lokal pada mobil Timor adalah dengan membuat sebuah model baru berbasiskan Kia Sephia. Karena selera masyarakat Indonesia yang memang senang akan minibus, jadilah Timor membuat sebuah station wagon berbasis Timor S515i dengan nama Timor SW516i. Timor SW516i ini murni merupakan rancangan anak bangsa. Buktinya di seluruh penjuru dunia kecuali Indonesia tidak akan ditemukan Kia Sephia dalam bentuk station wagon.

Produksi Timor SW516i station wagon ini dilakukan oleh perusahaan karoseri New Armada di Magelang. Konon karena masih dalam tahap percobaan, hanya ada sekitar kurang dari 100 unit Timor SW516i yang diproduksi. Entah berapa tepatnya namun ada yang mengatakan 50 unit dan ada pula yang mengatakan 80 unit. Dari bagian depan hingga tengah, tidak ada perbedaan dengan Timor S515 sedan. Perbedaan baru terlihat di area belakang mobil ini. Walaupun menggunakan lampu belakang yang sama dengan versi sedan tanpa garnish, model station wagon mobil ini bisa pas. Sepintas akan terlihat seperti Subaru Imprezza wagon generasi pertama. Yang sedikit aneh mungkin hanya ada di kaca belakang baris ke tiga dimana kacanya tidak segaris dengan kaca tengah melainkan segaris dengan pintu belakangnya.

Sedikit berbeda dengan Timor sedan, Timor station wagon ini menggunakan mesin 1600cc injection yang disinyalir merupakan mesin Mazda B6D DOHC 1600cc injeksi. Mesin ini sama dengan mesin B6 yang digunakan Mazda Interplay, hanya saja sudah menganut DOHC dan injeksi. Mesin B6D ini memiliki rasio kompresi 9,1:1 dan mampu menghasilkan tenaga sekitar 107hp. Mesin ini juga dipakai pada Mazda Familia, Mazda MX3 dan Ford Laser versi JDM.

Karena merupakan versi Limited edition, harga jual Timor SW516i ini sangat sangat gelap. Dengan adanya perbedaan pada bentuk body yang mengusung tema wagon, harga Timor sedan dengan Timor Wagon bisa sangat jauh selisihnya. Jika dengan uang 40juta sudah bisa mendapat sedan Timor, dengan uang 80juta juga belum tentu bisa mendapat Timor SW516i ini karena tidak sedikit pemiliknya yang enggan melepaskan Timor SW516i miliknya. Mobil ini kini menjadi incaran para kolektor mobil dan pecinta mobil Timor di Indonesia.

Spesifikasi Timor SW516i ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Timor SW516i
Jenis Station Wagon
Tipe SW516i
Mesin B6D DOHC 1600cc
Bore X Stroke 78.0 X 83.6 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.360 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.390 mm

0 Response to "Timor SW516i Station Wagon"

Post a Comment