Toyota Corolla Twincam Liftback AE92

Toyota Corolla Twincam Liftback

Toyota Corolla Twincam Liftback adalah varian Liftback dari Toyota Corolla Twincam yang beredar antara tahun 1988 sampai 1992. Mobil ini dikenal dengan nama Liftback karena tulisan Liftback tertera di body bagian belakang. Corolla Liftback ini hanya muncul pada generasi E90 di Indonesia karena pada generasi Corolla setelahnya, tidak ada lagi varian hachback yang dijual oleh Toyota Indonesia.


Beda Liftback dengan Hatchback sebenarnya hampir tidak ada alias mirip. Liftback sendiri adalah istilah marketing untuk hatchback di mana pintu belakang lebih landai dibanding hatchback pada umumnya. Dibandingan dengan hatchback, Liftback menawarkan kapasitas bagasi yang lebih luas dibanding hatchback. Diluar sana istilah liftback juga dikenal dengan istilah fastback.


Di Indonesia, model liftback seperti Toyota Corolla Twincam ini populasinya termasuk jarang. Selain karena pada saat awal kemunculannya masyarakat Indonesia belum terlalu suka, model sedan juga lebih difavoritkan. Beda antara Toyota Corolla Twincam sedan dengan Toyota Corolla Twincam Liftback ada pada desain bodi secara keseluruhan. Lampu lampu bagian belakangnya yang cembung jelas berbeda dengan versi sedannya yang datar datar saja. Bagian depannya juga berbeda dengan Twincam sedan. Headlamp Liftback lebih tegak dan lampu sein lancip ke atas. Untuk Corolla Twincam sedan headlamp lebih landai dengan lampu sein lancip kebawah. Selain itu bentuk fender juga berbeda antara sedan dengan liftback. Mobil ini diperkenalkan faceliftnya pada tahun 1990. Toyota Corolla Twin cam Liftback facelift ini agak langka populasinya. Perbedaan dengan pre facelift ada di bemper depan, warna interior dan headlamp.

Walaupun body keduanya berbeda, untuk mesin dan kaki kaki keduanya hampir kembar identik. Mesin yang digunakan pada Toyota Corolla Twincam Liftback ini adalah 4AF DOHC 16 valve dengan karburator berkapasitas 1600cc. Karena masih memakai karburator, tenaga yang dihasilkan versi liftback ini lebih kecil dibanding versi sedan. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 94Hp pada 6000rpm dan torsi 126,5Nm pada 4000rpm. Untuk menggerakkan roda depannya, digunakan transmisi manual 5 percepatan yang sama seperti Corolla Twincam sedan.

Karena kaki-kakinya mirip dengan Corolla Twincam sedan, handling sampai kenyamanan versi Liftback ini sama persis dengan saudaranya. Akselerasi, tenaga dan konsumsi BBM juga sama persis dengan Toyota Corolla Twincam sedan. Untuk konsumsi BBMnya sedikit lebih boros karena masih memakai karburator dengan standar antara 1:10 sampai 1:12. Mau kencang? mesin 4A legendaris Toyota seperti 4AGE black top atau 4A-GZE silver top bisa masuk ke dalam engine bay mobil ini dengan ubahan pada mounting yang minim karena memang sejak lahir sudah dibekali dengan mesin 4AF.

Toyota Corolla Twincam liftback modifikasi initial D

Kelebihan Toyota Corolla Twincam Liftback adalah bentuk bodinya yang unik. Selain itu karena unitnya yang jarang membuatnya bisa menjadi pusat perhatian dijalan. Dengan bodi yang timeless alias tidak termakan waktu membuat mobil ini masih layak disejajarkan dengan mobil keluaran terbaru sekalipun. Selain itu karena jarang yang suka, harga mobil ini lebih murah dibanding Toyota Corolla Twincam sedan. Untuk gen1 yang sehat dan normal biasanya hanya berkisar antara 30 sampai 40an juta saja. Untuk gen2 yang lebih langka lagi biasanya tembus 50juta. Tentunya untuk masalah harga semuanya tergantung kondisi dan kelengkapannya karena harga mobil ini sebenarnya sudah mulai gelap tidak ada patokan pastinya.

Kelemahan Toyota Corolla Twincam Liftback adalah sparepat bodi yang sudah langka dan kalau ada mahal. Terkadang untuk mencari karet pintu belakangnya saja kalau sudah soak harus cari copotan di negeri tetangga seperti Malaysia atau Singapura. Karena pintu bagasi belakang yang landai ditambah dengan adanya kaca belakang yang menyatu membuat hidrolik pembuka pintu belakang cepat lemah karena beban yang harus diterimanya. lainnya sama seperti Toyota Corolla Twincam yang sudah dibahas kemarin.

Spesifikasi Toyota Corolla Twincam Liftback AE92 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Corolla Twincam Liftback AE92
Jenis Hatchback
Tipe AE92
Mesin 4AF DOHC 1600cc
Bore X Stroke 81.0 X 77.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.431 mm
Panjang 4.374 mm
Lebar 1.666 mm
Tinggi 1.260 mm

13 Responses to "Toyota Corolla Twincam Liftback AE92"

  1. Saya dulu pengguna corolla liftback , dari pengalaman saya ini mobil ini lebih mudah overheat. Tapi untuk seluruhnya mobil ini bandel dalam segi perawatan dan lincah

    ReplyDelete
  2. Klu buat spare part body liftback apakah msi bnyak di jual? Mohon infox lokasi yg tepat buat beli. Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak jarang... coba cek di group atau komunitas pengguna corolla twincam. biasanya ada yang jual copotan eks kampakan. kalau nggak, coba kontak auto 2000. part mobil aneh bin jarang macam 2000GT, Century sampai mau pesan mesin 7k baru dilayani walau inden lama + mahal...

      Delete
  3. Saya baru beli liftback th 89 sekitar akhir januari.. beli karna jatuh cinta sama warna plus body jadi pas beli ga mikirin urusan mesin atau pelistrikan.. setelah 1 bulan pakai selalu ada trouble dikit2, dari mulai lampu depan, belakang, sen, power window dan sempet mogok gara2 banjir.. mungkin pemilik sebelumnya tidak merawatnya dengan baik. Sekarang lg rapihin plus modif dikit2 karna nyesuain budget. But, over all I Love It.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantab tuh. semoga corollanya nggak banyak nyusahin...
      jadi inget pepatah orang barat sana, "treat her right and she will treat you better"

      Delete
  4. Dah lebih dari setahun ane pake twincam, alhamdulillah mesin masih ok buat jalan ke tanjung lesung dan anyer.. di tol masih nyaman 120 lebih cuma memang bodi interior dah keropos,keep on hope

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantab, wah sama dong klo mobilnya bolong keropos... hahaha

      Delete
  5. Saya 5 bulan baru pakek collral twincam liftback tahun 88, alhamdulilah mesin badel, cuma kalau sedan ini di irikan pengaruh pada mesinya gimana? Trus sebaiknya untuk mobil ini bila lebih irit solusi terbaik apa? Apa emang harus begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kal mau irit bisa dari ganti platina ke cdi atau kecilin spuyer (efeknya tarikan jadi lemot). paling aman dan efektif, lakukan eco driving. googling saja karena saya sendiri nggak bisa nyetir irit (kijang saya seliter pertamax cuma 3 km tapi drag sama jazz masih menang)

      Delete
  6. Saya sudah pake liftback 89 kurleb 3 thn dan masalah yg saya hadapi yg paling berat hanya overheat saja
    Setelah service radiator plus ganti extra fan Karimun kotak masalah beres ...
    Tarikan masih bisa saya ajak 175km/jam
    Mau tambah takut baut atau Mur pada lepas hahaha maklum mobil sudah 29 thn...
    Tapi over all enak lah dan ngga rewel...
    Saran kalau mau Minang ini mobil lebih baik cari yg lumayan sehat karena faktor Spare partnya yg rada sulit
    Apalagi lampu belakangnya.. Hadeehhhh ampun...
    Tapi terbayar dgn Body yg timeless dan dijalan banyak yg Liatin karena sudah jarang sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mantab tuh. saran distandarin terus mobilnya... dijamin lebih jadi pusat perhatian dijalan daripada yang dimodif aneh-aneh tampilannya. eh, belum termasuk bonus ditawar orang dengan harga mahal

      Delete
    2. Saya juga pengguna liftback thn 92, tapi sekarang hidrolik joknya sudah kalah, cari sparepart.x agak susah smpai skarang blm dapat spa tau om ada yg bisa bantu carikan. Tabe

      Delete