Daihatsu Taruna J100

Daihatsu Taruna adalah small SUV yang diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor antara tahun 1999 sampai tahun 2006. Di Jepang, mobil ini dikenal dengan nama Daihatsu Terios namun di Indonesia mobil ini diberi nama Daihatsu Taruna. Perbedaan Terios dengan Taruna paling mencolok adalah perbedaan fascia depan belakang dan panjang wheelbase. Bisa dibilang Daihatsu Taruna merupakan Daihatsu Terios yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Daihatsu Taruna



Pada awalnya, Daihatsu Taruna dibekali dengan mesin HD-C 1600cc karburator yang sama dengan Daihatsu Espass. Memasuki milenium baru, Daihatsu meluncurkan Daihatsu Taruna dengan sasis panjang yang diberi trim F series. Mesin yang digunakan masih sama, HD-C SOHC dengan karburator. Karena mesin karburatornya dirasa terlalu boros BBM, pada tahun 2001 baik trim C sasis pendek dan trim F sasis panjang sudah dilengkapi dengan sistem injeksi pada mesin HD-E 1600cc. Pada tahun 2002, pemerintah menaikkan pajak kendaraan untuk mobil dengan kapasitas mesin 1600cc keatas. Karena hal ini, Daihatsu Taruna akhirnya meninggalkan mesin Daihatsu seri HD nya dengan mesin HE-E SOHC 1500cc dengan EFI. Mesin 1500cc ini membuat Daihatsu Taruna semakin irit konsumsi BBMnya namun tidak mengurangi tenaga mesinnya. Mesin HE-E ini dipakai sampai generasi Daihatsu Taruna OXXY yang discontinue tahun 2006 sebelum akhirnya digantikan oleh Daihatsu Terios.

Daihatsu Taruna ini terbagi menjadi 2 varian. Varian dengan sasis pendek diberi trim C series sedangkan varian dengan sasis panjang diberi trim F series. Yang unik disini adalah walaupun diberi julukan sasis pendek namun nyatanya varian sasis pendek Daihatsu Taruna memiliki panjang yang lebih dibanding Daihatsu Terios J100 sasis panjang. Daihatsu Taruna C series adalah SUV 5 seater yang bisa ditambahkan 2 jok belakang baris ketiga yang berhadapan. Sayangnya jok belakang ini hanya cocok diduduki oleh anak kecil saja karena sempit. Untuk Daihatsu Taruna F series karena dirancang sebagai SUV 7 Seater, bangku baris ketiganya masih manusiawi untuk diduduki orang dewasa.

Trim C series dibagi menjadi CL (standar), CX (deluxe), CSX (sporty) serta tipe khusus CSR. Untuk trim F seriesnya juga dibagi menjadi FL (standar), FX (deluxe), FGX (sporty) serta tipe khusus FGZ. Perbedaan masing masing tipenya ada pada kelengkapan dan aksesoris. Pada tipe standar (CL dan FL) masih menggunakan velg kaleng dan tanpa tachometer. Tipe Deluxe (CX dan FX) sudah lumayan dengan adanya velg alloy, ac dan tape. Tipe paling lengkap (CSX dan FGX) sudah dilengkapi dengan power window, roof rail, spoiler belakang, sampai side body moulding. Khusus untuk trim F, AC sudah dilengkapi dengan double blower. Pada tahun 2005, keluar Daihatsu Taruna Oxxy yang lebih stylish dibanding Taruna sebelumnya. Masih menggunakan mesin yang sama, Daihatsu Taruna Oxxy dilengkapi dengan beberapa part yang menjadikan tampilannya tidak kalah dengan mobil baru. Beberapa part pendukungnya antara lain Foglamp, Bodykit baru, Headlamp diamond cut, grill dengan chrome, sampai spoiler belakang.

Kelebihan Daihatsu Taruna adalah harga 2nd nya murah untuk ukuran 7 seater Jepang tahun 2000an. Sparepartnya melimpah karena sama dengan Daihatsu Zebra Espass dan Feroza. Tenaganya masih tergolong lumayan dan konsumsi BBMnya irit (Taruna EFI). Ground clearance Daihatsu Taruna juga lumayan tinggi sehingga masih asyik dipakai off road ringan atau menerjang banjir walaupun hanya tersedia varian 2WD.

Kelemahan Daihatsu Taruna adalah limbung karena ground clearance yang tinggi.  Selain itu masalah yang sering menimpa Daihatsu Taruna adalah overheat kerena banyak yang mengganti coolant dengan air kran. Oleh karena itu ketika pertama kali dapat Taruna langsung ganti bagian radiator, kuras coolant semua, cek selang selang, termostrat, tutup radiator, waterpump. Setelah itu baru rapikan kaki kaki. Bagian Mesin sendiri jarang masalah tapi jangan lupa ganti timing belt.


Spesifikasi Daihatsu Taruna J100 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daihatsu Taruna J100
Jenis Jip
Tipe J100
Mesin HD-C SOHC 1600cc
HD-E SOHC 1600cc
HE-E SOHC 1500cc
Bore X Stroke 74.0 X 87.6 mm (HD-C & HD-E)
76.0 X 82.6 mm (HE-E)
Sistem Bahan Bakar Karburator (HD-C)
Injeksi (HD-E & HE-E)
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.525 mm (FGX)
4.425 mm (FX, FL)
4.275 mm (CSX)
4.175 mm (CX, CL)
Lebar 1.620 mm
Tinggi 1.800 mm
1.710 mm (CL, FL)

0 Response to "Daihatsu Taruna J100"

Post a Comment