Holden VL Calais

Holden VL Calais adalah varian top of the line dan yang terakhir dari generasi pertama Holden Commodore yang diperkenalkan tahun 1986. Holden VL ini menjadi versi makover besar besaran dari Holden Commodore generasi pertama yang didesain oleh Opel agar sesuai dengan style orang Australia. Holden Commodore yang juga masih 1 platform dengan Opel Rekord ini sendiri menjadi generasi penerus dari Holden Kingswood dan Premier yang pernah menjadi raja di Indonesia.

Holden VL Calais

Mobil ini diperkenalkan dengan menggunakan mesin RB20E 2000cc, RB30E 3000cc, RB30ET 3000cc turbo dan Holden V8 5000cc. Untuk unit yang masuk ke Indonesia hanya beredar varian mesin RB20E karena pajak yang tinggi diberlakukan untuk mobil dengan kapasitas mesin diatas 2000cc. Jika dilihat secara teliti, mesin RB series yang dipakai pada Holden VL Calais ini sama persis dengan mesin RB series yang juga dipakai oleh Nissan. Sejarahnya, pada saat diperkenalkannya Holden Commodore ini, pemerintah Australia sedang gencar menaikkan standar emisi gas buang dengan memperkenalkan bensin unleaded oktan 91 (setara Pertamax di Indonesia). Karena mesin 6 silinder lama Holden jelas tidak dapat memenuhi standar emisi tersebut, akhirnya Holden memesan mesin RB series untuk Holden Commodore ini. Lagipula saat itu harga Dollar Australia sedang menguat.

Berbekal mesin Nissan RB20E SOHC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 130Hp pada 5600 rpm dan torsi 167 pada 4400 rpm. Mesin 6 silinder electronic fuel injection ini dipadukan dengan transmisi manual 5 speed atau otomatis 3 speed. Sama seperti mobil dengan mesin RB series lainnya. Mobil ini masih menganut gerak roda belakang atau RWD yang lumrah dipakai pada mobil tua atau mobil mewah. Di Indonesia, mobil lain dengan mesin RB20E ini adalah Nissan Cefiro yang satu kelas dengan Holden Calais ini.


Holden Calais menjadi lineup paling mewah dan Product line terakhir dari PT. Udatimex Indonesia (distributor Holden di Indonesia) sebelum akhirnya tutup tahun 1990. Pada waktu itu Holden Calais dijual dengan harga 63 juta untuk versi 3 speed matic dan 35 juta untuk versi manualnya. Fitur fiturnya sama seperti kebanyakan sedan mid size yang hadir saat itu seperti Power window, power steering, electric mirror, AC double, central lock dan perangkat perangkat elektris lainnya. Yang unik, lampu depan mobil ini menganut sistem semi pop up. Lampu depannya model pop up seperti Mazda Astina namun ketika lampu pop upnya menutup, masih ada bagian yang nampak dari luar.

Saat ini populasi Holden Calais terbilang langka mendekati punah. Hal ini disebabkan karena memang orang Indonesia sedikit sulit merawat mobil mewah. Selain itu entah mengapa komunitas Holden jarang yang mau merawat mobil ini. Bisa jadi karena aura Australian Muscle car yang menjadi daya tarik Holden di Indonesia hilang pada mobil ini. Untuk harga, mobil ini gelap namun umumnya untuk kondisi bahan hanya dihargai belasan juta sedang yang normal berkisar 30 sampai 40 juta.

Spesifikasi Honda VL Calais ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden VL Calais
Jenis Sedan
Tipe VL
Mesin RB20E SOHC 2000cc
Bore X Stroke 78.0 X 69.7 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi EFI
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 3 speed
Wheelbase 2.668 mm
Panjang 4.776 mm
Lebar 1.722 mm
Tinggi 1.363 mm

2 Responses to "Holden VL Calais"

  1. holden yang keren soalnya yg taun 70'an..torana, belmont, statesman dll..

    ReplyDelete
    Replies
    1. karna masih kelihatan kayak muscle car gagah ya

      Delete