Mitsubishi Lancer SL A172A

Mitsubishi Lancer SL A172A

Mitsubishi Lancer SL adalah sedan retro yang diperkenalkan oleh Mitsubishi Motor Corp pada tahun 1979 namun baru masuk ke Indonesia pada tahun 1981. Desain Mitsubishi Lancer SL yang mengotak mengikuti desain Mitsubishi Galant Sigma yang saat itu juga mulai mengotak. Walaupun belum pernah memimpin pasar, namun penjualan Mitsubishi Lancer SL pada saat itu mampu menggangu penjualan Toyota Corolla DX. Karena Lancer SL merupakan tipe Lancer pertama yang masuk resmi ke Indonesia, jadilah Lancer SL ini merupakan Lancer tarikan belakang (RWD) pertama dan terakhir yang dirakit di Indonesia sebelum digantikan oleh Lancer Fiore.





Mitsubishi Lancer SL yang musk ke Indonesia ditawarkan hanya dengan 1 pilihan mesin. Mesin yang digunakan adalah Mitsubishi Saturn 4G33 yang mirip dengan Mitsubishi Colt L300 bensin. Mesin 1400cc ini masih menggunakan teknologi SOHC dengan pengabut bahan bakar karburator khas teknologi mobil 80an. Keunggulan mesin ini adalah bandel dan minim perawatan. Mesin yang dilengkapi dengan MCA jet (pembersih gas buang) ini dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan dapat menghasilkan tenaga sekitar 80hp saja.

Lahir dengan sasis A172A yang merupakan pengembangan sasis A70 yang digunakan pada Lancer generasi pertama membuat Mitsubishi Lancer SL juga memiliki DNA mobil reli. Di Eropa sana terdapat varian Colt Lancer EX 2000 Turbo yang dibekali mesin legendaris 4G63 dengan turbo yang juga dipakai untuk reli 1000 Lakes Rally. Lancer 2000 Turbo ini memiliki aksesoris yang membuat tampilannya lebih sedap dipandang seperti bumper plastik besar, ducktail sampai spion tanduk. Karena tampilannya yang lebih bagus ini, tak jarang Lancer 2000 turbo sering dijadikan acuan modifikasi Lancer SL.

Selama masa edarnya, Mitsubishi Lancer SL mengalami facelift tiap tahunnya. Sampai tahun 1982, Lancer SL bisa dikenali melalui Interior berwarna abu-abu polos, jam manual, lampu plafon bulat, dan stir 1 spoke. Untuk eksteriornya memiliki list chrome, grill 8 sirip, dan stop lamp polos. Untuk keluaran 1983, interiornya berwarna coklat polos, jam manual, lampu plafon bulat, dan stir yang masih 1 spoke. Bagian eksteriornya memakai list chrome, grill dengan foglamp, stop lamp ada alur, dan emblem 5 speed. Pada Lancer SL keluaran terakhir bagian interior berwarna coklat beludru, jam digital, lampu plafon kotak, dan stir 4 spoke. Untuk eksteriornya list berwarna merah, list kaca hitam, grill 4 sirip, stop lamp memiliki alur, dan emblem 5 speed.

Kelebihan Mitsubishi Lancer SL adalah mesinnya bandel dan minim perawatan. Untuk sparepartnya harganya murah karena banyak persamaan dengan mobil pickup Colt L300 bensin. Lancer SL terdapat tilt steering yang berfungsi mengubah posisi stir. Selain itu Lancer SL memiliki pilihan interval wiper. Jadi, ketika hujan gerimis atau tanggung bisa pakai interval wiper. Untuk konsumsi BBMnya masih lumayan irit. Kira kira sekitar 1:12 jika mesin sehat.

Untuk kelemahan mobil ini ada di body yang rawan karat karena catnya tipis. Padahal kalau ditelusuri lebih lanjut, Lancer SL ini sebenarnya merupakan mobil pertama yang dirakit di Indonesia yang sudah menggunakan anti karat dari pabriknya. Anti karat yang digunakan mobil sendiri bermerk Valvoline. Perhatikan area area dengan lekukan seperti spakbor, bagasi dsb. Sialnya lagi ketika ingin mencari unit yang masih terbebas dari karat dan keropos sudah mulai sulit. Urusan kaki kaki ada yang harus diperhatikan dibagian ball­joint dan rumah setir.

Spesifikasi Mitsubishi Lancer SL A172A ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Lancer SL A172A
Jenis Sedan
Tipe A172A
Mesin 4G33 SOHC 1400cc
Bore X Stroke 73.0 X 86.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.440 mm
Panjang 4.230 mm
Lebar 1.620 mm
Tinggi 1.380 mm

0 Response to "Mitsubishi Lancer SL A172A"

Post a Comment