Mitsubishi Lancer SL A172A

Mitsubishi Lancer SL A172A

Mitsubishi Lancer SL adalah sedan yang diperkenalkan oleh Mitsubishi Motor Corp pada tahun 1979 namun baru masuk ke Indonesia pada tahun 1981. Diberi julukan Lancer SL karena mobil ini hanya dijual dalam 1 trim level yaitu SL saja di Indonesia. Mobil merupakan generasi kedua dari Lancer dan menjadi Mitsubishi Lancer pertama yang masuk resmi ke Indonesia sekaligus menjadi Lancer tarikan belakang (RWD) terakhir yang dirakit di Indonesia sebelum digantikan oleh Lancer Fiore.




Tidak seperti Lancer generasi pertama yang desainnya terlihat campuran dari beberapa desain mobil Eropa dan Amerika, Lancer yang didesain oleh Aldo Sessano ini terlihat lebih original dengan desain serba kotak. Tidak heran kalau kemudian Mitsubishi Lancer yang diluar sana dikenal dengan nama Colt Lancer EX ini cukup diterima orang Eropa. Meski begitu, tidak seperti Lancer generasi pertama yang tersedia dalam banyak varian bodi, Lancer SL ini hanya tersedia dalam bentuk sedan 4 pintu saja.

Mitsubishi Lancer SL yang musk ke Indonesia ditawarkan hanya dengan 1 pilihan mesin. Mesin yang digunakan adalah Mitsubishi Saturn 4G33 yang mirip dengan Mitsubishi Colt L300 bensin. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 8 valve berkapasitas 1400cc dengan pemasok bahan bakar karburator Solex buatan Mikuni. Untuk menekan emisi gas buang yang mulai ketat pada saat mobil ini dikenalkan, mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi MCA jet yang membuat pembakaran melingkar sehingga pembakaran lebih sempurna dan silent shaft semacam balancer untuk meredam getaran mesin. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Lahir dengan sasis A172A yang merupakan pengembangan sasis A70 yang digunakan pada Lancer generasi pertama membuat Mitsubishi Lancer SL juga memiliki DNA mobil reli. Di Eropa sana terdapat varian Colt Lancer EX 2000 Turbo yang dibekali mesin legendaris 4G63 dengan turbo yang juga dipakai untuk reli 1000 Lakes Rally. Lancer 2000 Turbo ini memiliki aksesoris yang membuat tampilannya lebih sedap dipandang seperti bumper plastik besar, ducktail sampai spion tanduk. Karena tampilannya yang lebih bagus ini, tak jarang Lancer 2000 turbo sering dijadikan acuan modifikasi Lancer SL.

Selama masa edarnya, Mitsubishi Lancer SL mengalami facelift tiap tahunnya. Sampai tahun 1982, Lancer SL bisa dikenali melalui Interior berwarna abu-abu polos, jam manual, lampu plafon bulat, dan stir 1 spoke. Untuk eksteriornya memiliki list chrome, grill 8 sirip, dan stop lamp polos. Untuk keluaran 1983, interiornya berwarna coklat polos, jam manual, lampu plafon bulat, dan stir yang masih 1 spoke. Bagian eksteriornya memakai list chrome, grill dengan foglamp, stop lamp ada alur, dan emblem 5 speed. Pada Lancer SL keluaran terakhir tahun 1984 bagian interior berwarna coklat beludru, jam digital, lampu plafon kotak, dan stir 4 spoke. Untuk eksteriornya list berwarna merah, list kaca hitam, grill 4 sirip, stop lamp memiliki alur, dan emblem 5 speed.

Kelebihan Mitsubishi Lancer SL adalah mesinnya bandel dan minim perawatan. Untuk sparepartnya harganya murah karena banyak persamaan dengan mobil pickup Colt L300 bensin. Lancer SL terdapat tilt steering yang berfungsi mengubah posisi stir. Selain itu Lancer SL memiliki pilihan interval wiper. Jadi, ketika hujan gerimis atau tanggung bisa pakai interval wiper. Untuk konsumsi BBMnya masih lumayan irit. Kira kira sekitar 1:12 jika mesin sehat.

Untuk kelemahan mobil ini ada di body yang rawan karat karena catnya tipis. Padahal kalau ditelusuri lebih lanjut, Lancer SL ini sebenarnya merupakan mobil pertama yang dirakit di Indonesia yang sudah menggunakan anti karat dari pabriknya. Anti karat yang digunakan mobil sendiri bermerk Valvoline. Perhatikan area area dengan lekukan seperti spakbor, bagasi dsb. Sialnya lagi ketika ingin mencari unit yang masih terbebas dari karat dan keropos sudah mulai sulit. Urusan kaki kaki ada yang harus diperhatikan dibagian ball­joint dan rumah setir.

Spesifikasi Mitsubishi Lancer SL A172A ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Lancer SL A172A
Jenis Sedan
Tipe A172A
Mesin 4G33 SOHC 1400cc
Bore X Stroke 73.0 X 86.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.440 mm
Panjang 4.230 mm
Lebar 1.620 mm
Tinggi 1.380 mm


Comments

Post a Comment