Suzuki Forsa SA310

Suzuki Forsa adalah jagoan Suzuki di kelas sedan hatchback yang pertama kali diperkenalkan tahun 1985. Awalnya masuk secara CBU dengan nama Suzuki Swift dengan bodi 3 pintu. Karena selera Indonesia yang lebih suka mobil berpenumpang banyak, jadilah Suzuki memproduksi Suzuki Cultus dengan bodi hatchback 5 pintu dengan nama Suzuki Forsa. Diluar sana, mobil ini juga dikenal dengan nama Suzuki Khyber (Pakistan), Holden Barina (Australia), Chevrolet/Geo Metro (Amerika Serikat), Pontiac Firefly (Kanada) dan Isuzu Geminett (Jepang).

Suzuki Forsa SA310


Pertama kali Suzuki Swift diperkenalkan, mesin yang digunakan adalah Suzuki G10 yang juga dikenal dengan kode Suzuki G10A. Mesin SOHC ini menggunakan konfigurasi 3 silinder berkapasitas 1000cc (tepatnya 993cc) dengan pengabut bahan bakar berupa karburator. Begitu Suzuki Forsa diperkenalkan, Suzuki mengganti mesin 3 silindernya dengan mesin 4 silinder 1000cc. Mesin 4 silinder yang digunakan adalah Suzuki F10A yang juga dipakai angkot Carry, jip Katana/Jimny sampai city car Karimun. Mesin ini dipilih karena selain terbukti tangguh, juga untuk menerapkan strategi common part karena beda mesin Carry dengan Forsa hanya ada pada gearbox dimana Carry dan Katana memakai RWD sedang Forsa memakai FWD.

Mobil ini awalnya diproduksi tahun 1983 di Jepang. Tahun 1985 baru masuk ke Indonesia dengan nama Suzuki Swift dengan bodi hatchback 3 pintu. Versi 3 pintu ini termasuk langka karena hanya beredar tahun 1985 saja. Mulai tahun 1986, muncul Suzuki Forsa dengan 5 pintu (4 disamping dan  dibelakang). Suzuki Forsa ini dibagi menjadi 2 tipe yaitu Forsa GL dan Forsa GLX. Beda Suzuki Forsa GL dengan Forsa GLX adalah Forsa GL keluar tahun 1986 dengan fitur yang sedikit kurang dibanding Forsa GLX. Untuk Forsa GLX sendiri mulai keluar tahun 1988 kalau tidak salah.

Fitur fitur Suzuki Forsa sudah jauh lebih lengkap dibandingkan dengan para pesaingnya saat itu. Tahun 80an ketika power window dan electric mirror hanya bisa dinikmati pada mobil mobil mid size mewah, mobil ekonomi seperti Suzuki Forsa ini sudah menyediakannya. Untuk kelengkapan fiturnya antara Suzuki Forsa GL dan Forsa GLX berbeda. Suzuki Forsa GLX sudah dilengkapi dengan Power window, central lock dan electric mirror. Untuk Suzuki Forsa GL sendiri sayangnya belum dilengkapi dengan fitur fitur tersebut.

Suzuki Cultus SA310

Kelebihan Suzuki Forsa adalah konsumsi BBMnya irit dengan mesin yang badel. Hal ini dikarenakan bobot Suzuki Forsa yang ringan (hanya sekitar 620 sampai 750 kg saja) dipadukan dengan mesin 1000cc yang juga konstruksinya bagus. Selain itu juga karena mesinnya sama dengan angkot Carry, urusan sparepart tidak peru khawatir karena part Suzuki Carry merupakan item wajib setiap toko onderdil. Selain itu fiturnya lengkap dibandingkan dengan hatchback lain sekelasnya seperti Charade atau Starlet. Harga jual mobil ini juga cukup murah, jadi pas bagi orang yang ingin punya mobil bandel namun kantong cekak.

Kelemahan Suzuki Forsa adalah mesin agak berat ketika menyalakan ac. Selain itu karena belum power steering, ketika parkir manuver mobil ini akan sedikit berat apalagi ketika ada muatan penumpang/barang. Dan terakhir bagasi sedikit kecil karena space bagasi sudah termakan ruang duduk penumpang.

Spesifikasi Suzuki Forsa SA310 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Forsa SA310
Jenis Hatchback
Tipe SA310
Mesin G10 SOHC 993cc
F10A SOHC 970cc
Bore X Stroke 73.9 X 77.0 mm (G10)
65.5 X 72.0 mm (F10A)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.245 mm (Swift)
2.345 mm (Forsa)
Panjang 3.670 mm (Swift)
3.770 mm (Forsa)
Lebar 1.545 mm
Tinggi 1.350 mm

4 Responses to "Suzuki Forsa SA310"

  1. Mau tanya kalau mau ganti mesin Suzuki Forsa bisa kita ganti paket mesin apa ya....Ohya ada yang jual kabel komplit Forsa amenity saya sangat butuh kalua mau ganti paket kabel apa ya....Trikasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. part mesinnya sih banyak yang sama dengan jimny katana juga carry 1000. kalau mau swap atau ganti mesin bisa saja pake mesin ajaib macam 4agze sampai 1300ccnya hayabusa tinggal uangnya ada tidak.
      soal kabel bodi maaf saya tidak tau

      Delete