Fiat Uno Type 146

Fiat Uno 1

Fiat merupakan merk mobil merakyat asal Italia yang sempat populer di Indonesia pada dasawarsa 60an. Pada masa ini, merk Fiat berada langsung dibawah tangan Fiat Automobile SA dan kemudian berpindah keagenan melalui Daha Motor. Pada awal 80an, merk Fiat mulai menghilang dari pasaran mobil Indonesia. Meski begitu, Fiat akhirnya kembali pada akhir dasawarsa 80an dan awal 90an melalui ATPM baru dibawah Astra dengan nama PT Federal Motor yang sebenarnya juga menjual sepeda motor Honda. Produk pertama yang dijual Fiat di Indonesia setelah vakum adalah Fiat Uno.

Fiat Uno dinegara asalnya Italia sudah diperkenalkan sejak tahun 1983. Dengan harganya yang ekonomis membuat mobil ini cukup populer didaratan Eropa sana. Di Indonesia sendiri Fiat Uno baru muncul pada tahun 1988 dengan hanya 1 trim level saja yaitu Fiat Uno 70 SL. Model pertama yang kemudian disebut Fiat Uno I ini memiliki desain khas 80an dengan lampu depan kotak besar, grill yang juga besar, kaca belakang lebar, lampu belakang kotak dan motor wiper menempel di body. Desain Fiat Uno ini dibuat oleh desainer otomotif terkenal Italia bernama Giorgetto Giugiaro.

Mesin yang digunakan Fiat Uno I di Indonesia adalah mesin Fiat 128 SOHC dengan kode mesin 138.B2.000 yang memiliki spesifikasi 4 silinder SOHC 8 valve berkapasitas 1301cc dan pendingin cairan. Dengan pemasok bahan bakar karburator, mesin 1301cc ini mampu menghasilkan tenaga 67Hp pada 5700Rpm dan torsi 100Nm pada 2900Rpm. Untuk menggerakkan roda depannya, hanya terdapat pilihan transmisi manual 5 percepatan.

Fiat Uno II facelift

Pada tahun 1989 di Italia Fiat Uno mengalami facelift. Karena versi pertamanya saja sudah terlambat hadir di Indonesia, maka versi faceliftnya baru muncul di Indonesia pada tahun 1991. Versi facelift yang kemudian disebut Fiat Uno II ini memiliki bagian moncong yang lebih menurun dengan lampu depan yang masih tetap kotak namun menyipit, grill yang juga ikut menyempit, kaca belakang bentuknya lebih menyempit dan motor wiper ada di kaca belakang.

Tidak seperti Uno I yang hanya tersedia dalam 1 varian saja, Fiat Uno II muncul dalam 3 varian sekaligus pada versi faceliftnya. Varian Fiat Uno facelift ini antara lain Fiat Uno II, Fiat Uno Turbo dan Fiat Uno Selecta. Ciri khasnya antara lain Fiat Uno II masih sama seperti Fiat Uno I hanya saja modelnya berubah. Fiat Uno Turbo hanya tersedia dalam bentuk hatchback 3 pintu dan memakai mesin 1400cc turbo. Untuk Fiat Uno Selecta sendiri memakai mesin injeksi dengan transmisi otomatis CVT. Konon di Indonesia hanya ada 50 unit Fiat Uno Turbo dengan 48 unit teregistrasi dan 2 sisanya entah dimana begitu juga Fiat Uno Selecta yang hanya tersedia 50 unit.

Pada Fiat Uno II, mesin mengalami peningkatan walaupun masih tetap 1 famili dengan mesin Fiat 128 SOHC. Mesin yang digunakan memiliki konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 8 katup berkapasitas  1372cc. Masih dengan karburator, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 69Hp pada 6000Rpm dan Torsi 106Nm pada 3000Rpm. Pada Fiat Uno Turbo dan Fiat Uno Selecta, sistem bahan bakarnya diganti menjadi injeksi dan khusus untuk Uno Turbo ditambahkan turbocharger sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 118Hp pada 5750Rpm dan torsi 172Nm pada 3500Rpm. Untuk menggerakkan roda depannya, digunakan transmisi manual 5 percepatan dan khusus untuk Fiat Uno Selecta menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan.

Sebagai merk yang kembali menjadi pendatang baru, tentunya Fiat memperkenalkanFiat Uno dengan fitur-fitur yang tentunya jauh lebih banyak dan lengkap dibandingkan mobil sekelas dari Jepang seperti Daihatsu Charade atau Suzuki Amenity. Beberapa diantaranya seperti electric window, central lock, fog lamp belakang sampai mekanisme pelipatan bangku belakang yang praktis untuk memperluas kapasitas bagasi. Standarnya sudah memakai radio tape dari Blaupunkt untuk hiburan. Khusus untuk versi turbo mendapatkan perbedaan detil karena dilengkapi dengan interior khusus yang disebut dengan Momo sport package.

Kelebihan Fiat Uno ini adalah termasuk ukuran mobil kencang apalagi yang versi turbo. Handlingnya sangat baik di tikungan dan stabil walau konstruksi suspensinya relatif biasa saja dengan semi independent di belakang. Meskipun pengendaliannya bagus, namun kenyamanannya masih relatif baik. Kapasitas bagasi mobil ini lumayan luas dan jika kurang maka jok belakang bisa dilipat. Konsumsi BBMnya cukup irit pada rute luar kota yang bisa mencapai 1:14 sementara untuk rute dalam kota bisa mencapai 1:10 dengan kondisi mesin sehat.

Kelemahan Fiat Uno ini adalah tergolong mobil manja yang butuh perhatian extra dan maintenance relatif lebih sering karenanya selalu lakukan perawatan dibengkel spesialis Fiat. Bagi beberapa orang, onderdilnya relatif mahal dan agak susah lain cerita kalau tinggal di kota besar seperti Jakarta. Spare part susah ini dikarenakan ATPM Fiat di Indonesia sudah hengkang sejak 1995 dan sekarang part harus impor. Karena orang Indonesia agak anti mobil eropa maka menjual unit bekas mobil ini agak susah dan bisa makan waktu yang lama. Setir cukup berat untuk ukuran mobil kecil dan tidak adanya power steering. Walau nyaman dan stabil, peredaman mobil ini kurang dan plat agak rawan karat.

Spesifikasi Honda Fiat Uno Type 146 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Fiat Uno Type 146
Jenis Hatchback
Tipe Type 146
Mesin Fiat 128 SOHC
Bore X Stroke 86.4 X 55.5 mm (1300cc)
80.5 X 67.4 mm (1400cc)
Sistem Bahan Bakar Karburator (Uno I & Uno II)
Injeksi (Uno Turbo & Selecta)
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis CVT (Selecta)
Wheelbase 2.362 mm
Panjang 3.645 - 3.689 mm
Lebar 1.549 - 1.562 mm
Tinggi 1.405 - 1.422 mm


Comments