Fiat Uno Type 146

Fiat Uno adalah hatchback supermini dari Fiat yang aslinya diperkenalkan tahun 1983 namun baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 1988. Nama Fiat sendiri merupakan singkatan dari Fabbrica Italiana Automobili Torino (pabrik mobil Italia di Turin) sedangkan uno adalah bahasa Itali dari angka 1. Mungkin karena itulah Fiat Uno lumayan populer dipakai di Eropa dan terutama di Italia sebagai mobil pertama selain karena harganya yang ekonomis.

Fiat Uno 1


Untuk pasar Indonesia, Fiat mengeluarkan 4 macam varian Fiat Uno. Pada awal kemunculannya tahun 1988, hanya ada 1 macam Fiat Uno yaitu Fiat Uno I (satu) atau kadang juga disebut Fiat Uno 70 SL. Model pertama ini memiliki desain khas 80an dengan lampu depan kotak besar, grill yang juga besar, kaca belakang lebar, lampu belakang kotak dan motor wiper menempel di body. Desain Fiat Uno ini dibuat oleh desainer otomotif terkenal Italia bernama Giorgetto Giugiaro.

Tahun 1989 sendiri di Italia Fiat Uno mengalami facelift. Karena versi pertamanya saja sudah terlambat hadir di Indonesia, maka versi faceliftnya baru muncul di Indonesia pada tahun 1991. Versi facelift ini memiliki bagian moncong yang lebih menurun dengan lampu depan yang masih tetap kotak namun menyipit, grill yang juga ikut menyempit, kaca belakang bentuknya lebih menyempit dan motor wiper ada di kaca belakang. Sebagai ganti atas keterlambatannya, muncul 3 varian sekaligus pada versi faceliftnya. Varian Fiat Uno facelift ini antara lain Fiat Uno II (dua), Fiat Uno Turbo dan Fiat Uno Selecta. Fiat Uno II masih sama seperti Fiat Uno I hanya saja modelnya berubah. Fiat Uno Turbo hanya memiliki 2 pintu disamping kanan dan kiri (3 pintu jika pintu untuk bagasi dihitung) dan memakai mesin 1400cc turbo. Di Indonesia hanya ada 50 unit Fiat Uno Turbo dengan 48 unit teregistrasi dan 2 sisanya entah dimana. Untuk Fiat Uno Selecta sendiri memakai mesin injeksi dengan transmisi otomatis CVT.

Mesin yang diusung Fiat Uno I adalah 1301cc 4 silinder SOHC 8 katup. Mesin ini masih menggunakan karburator untuk suplay bahan bakar. Pada Fiat Uno facelift, mesin mengalami peningkatan dengan menggunakan mesin 1372cc 4 silinder SOHC 8 katup. Untuk Fiat Uno II masih menggunakan karburator sedang Fiat Uno turbo dan selecta sudah injeksi. Mesin Naturaly aspirated atau tanpa turbo sanggup mengeluarkan tenaga 69Hp pada 6000Rpm dan Torsi 106Nm pada 3000Rpm. Untuk mesin 1301cc menghasilkan tenaga 67Hp pada 5700Rpm dan torsi 100Nm pada 2900Rpm. Untuk mesin turbonya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 118Hp pada 5750Rpm dan torsi 172Nm pada 3500Rpm yang merupakan tenaga yang sangat besar untuk ukuran hatchback kecil. Top speednya sendiri untuk versi turbo bisa mencapai 170jm/jam dan dan testimoni para pemakainya, mobil masih terasa stabil.

Sebagai kelas mobi eropa, fitut Fiat Uno tentunya jauh lebih banyak dan lengkap dibandingkan mobil sekelas dari Jepang seperti Daihatsu Charade. Beberapa diantaranya seperti electric window, central lock, fog lamp belakang sampai mekanisme pelipatan bangku belakang yang praktis untuk memperluas kapasitas bagasi. Standarnya sudah memakai radio tape dari Blaupunkt untuk hiburan. Khusus untuk versi turbo mendapatkan perbedaan detil karena dilengkapi dengan momo sport packaage.

Kelebihan Fiat Uno ini adalah termasuk ukuran mobil kencang apalagi yang versi turbo. Handlingnya sangat baik di tikungan walau konstruksi suspensinya
relatif biasa saja (semi independent di belakang). Sangat stabil untuk ukuran mobil kecil. Karena ini ternasuk mobil eropa, maka kenyamanananya sangat baik. Space bagasi lumayan luas. Jika kurang maka jok belakang bisa dilipat. Unutk penumpang yang duduk di belakang relatif cukup legroomnya.

Kelemahan Fiat Uno ini adalah tergolong mobil manja yang butuh perhatian extra dan maintenance relatif lebih sering. Spare parts relatif mahal dan agak susah. Lain cerita kalau tinggal di kota besar seperti Jakarta. Spare part susah ini dikarenakan ATPM Fiat di Indonesia sudah hengkang sejak 1995 dan sekarang part harus impor. Karena orang Indonesia agak anti mobil eropa maka menjual unit bekas mobil ini agak susah dan bisa makan waktu yang lama. Setir cukup berat untuk ukuran mobil kecil dan tidak adanya power steering. Walau nyaman dan stabil, peredaman mobil ini kurang dan plat agak rawan karat.

Konsumsi BBM lumayan irit di luar kota bisa mencapai 1:14 sedang didalam kota biasanya mencapai 1:10 kalau mesin sehat. Karena agak rawan, pilih benkel spesialis Fiat karena kadang banyak bengkel yang asal mengakali jumper sana jumper sini yang berakibat mobil jadi gampang rusak lagi. Jangan lupa untuk menggunakan BBM berkualitas seperti Pertamina Pertamax apalagi untuk versi mesin turbo yang butuh BBM dengan oktan yang lebih tinggi.

Spesifikasi Honda Fiat Uno Type 146 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Fiat Uno Type 146
Jenis Hatchback
Tipe Type 146
Mesin Fiat 128 SOHC
Bore X Stroke 86.4 X 55.5 mm (1300cc)
80.5 X 67.4 mm (1400cc)
Sistem Bahan Bakar Karburator (Uno I & Uno II)
Injeksi (Uno Turbo & Selecta)
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis CVT (Selecta)
Wheelbase 2.362 mm
Panjang 3.645 - 3.689 mm
Lebar 1.549 - 1.562 mm
Tinggi 1.405 - 1.422 mm

0 Response to "Fiat Uno Type 146"

Post a Comment