Honda Grand Civic Nouva SH3

Honda Grand Civic Nouva adalah hatchback 3 pintu yang muncul di Indonesia antara tahun 1988 sampai 1991. Masih sama dengan pendahulunya, Honda Civic Wonder SB3 yang merupakan varian 2 pintu dari Civic versi sedan yang dikenal dengan nama Grand Civic. Bedanya Civic Nouva ini lebih lebar dan panjang dengan bentuk ruang kabin yang terkesan lebih tinggi.

Honda Civic Nouva SH3 facelift



Honda Civic generasi keempat ini memiliki kode platform EC, ED, EE dan EF. Sama seperti Civic Wonder, untuk pasar Asia Tenggara sendiri diberi kode SH4 untuk sedan dan SH3 untuk hatchback. Model dari Civic Nouva masih sangat terkesan keren dan berkesan long lasting. Andai saja kacanya dibiarkan bening transparan akan terasa seperti mengendarai akuarium berjalan karena hood atau bagian depannya rendah sedang atapnya terasa agak tinggi karena interiornya lapang. Posisi mengemudinya asyik karena pandangan depan luas dan kontruksi lantai dan dek yang berdekatan.

Civic Nouva dibekali mesin D series yang berkapasitas 1300cc yang persis dengan yang dipakai Civic Wonder SB3. Mesinnya masih sama dengan Grand Civic yang berkode D15 SOHC 1500cc tanpa VTEC dengan pengabut bahan bakar karburator hanya saja kapasitasnya 200cc lebih sedikit dibanding versi sedan. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan menurut brosurnya adalah 75Hp pada 6300Rpm dan torsi 102 Nm pada 3100Rpm. Walau terkesan kecil namun dengan berat yang hanya 900Kg membuat mobil ini cukup cepat namun tetap irit bbm. Tak jarang mobil ini sering ditrmukan di arena balap sampai drag race baik memakai mesin asli ataupun mesin impor seperti Honda B series. Part racing untuk mobil ini masih bertebaran dan banyak. Karenanya tidak heran mesin mobil ini sering disiksa untuk dijadikan mesin balap.


Fitur fiturnya lengkap dan bahkan termasuk yang paling lengkap untuk kelas hatchback di Indonesia pada saat itu. Power Steering, power window, central lock dan electric mirror sudah ada pada mobil ini. Hanya saja untuk Civic Nouva keluaran awal (1988) belum dilengkapi dengan power steering. Namun karena bobot mobilnya yang lumayan ringan membuat setir Civic Nouva keluaran awal masih terasa enteng.

Sama seperti Grand Civic, Civic Nouva juga terbagi menjadi 2 varian yaitu facelift (1990 dan 1991) yang disebut juga grand nouva dan pra facelift (1988 dan 1989). Keduanya bisa dibedakan melalui fascia bagian depannya. Pada model pra facelift lampu depan terlihat lebih kecil dengan lampu sein berwarna oranye sedang model facelift lampunya terlihat lebih lebar karena ukurannya lebih panjang dan lampu sein berwarna bening. Lampu sein tambahan di bumper juga berbeda dimana pada model pra facelift ukurannya lebih kecil dan untuk model facelift lebih panjang dan melebar. Kap mesin keduanya berbeda dimana sebelum facelift cekung sedang setelah facelift cembung.


Kelebihan Honda Civic Nouva adalah modelnya sangat keren dan terkesan timeless. Konsumsi bahan bakarnya tergolong irit bisa mencapai 1:11 sampai 13 Km. Mesinnya walaupun kecil namun lumayan kencang dan banyak pilihan part racing maupun swap engine. Harganya sendiri mulai gelap dan tergantung dari penjualnya. Namun begitu harganya termasuk stabil dan cenderung naik.

Kelemahanya karena hanya memiliki 2 pintu disamping, aksebilitas keluar masuk penumpang belakang susah. Cara masuk penumpang belakangnya mirip jip dimana harus menggeser jok depan agar penumpang bisa masuk. Karena tidak sedikit yang menjadi mobil balap, ada kemungkinan bisa mendapatkan unit eks balap yang kadang durabilitasnya kurang.

Spesifikasi Honda Civic Nouva SH3 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic Nouva SH3
Jenis Hatchback
Tipe SH3
Mesin D13 SOHC 1300cc
Bore X Stroke 74.0 X 78.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.499 mm
Panjang 3.965 mm
Lebar 1.666 mm
Tinggi 1.331 mm

5 Responses to "Honda Grand Civic Nouva SH3"

  1. jadi yg model 2 pintu gini ada wonder, nouva, dan estilo ya? hmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya civic EK (ferio buntung) sama EP (civic vti buntung) juga ada kok
      cuma ya itu... langka karena masuknya lewat importir umum dan HPM udah jualan Jazz

      Delete
  2. min kluarin artikel nya dong gimana bedain si novi yang bekas di siksa ama yang buat pemake doang...
    biar bisa pilah pilah bagi calon buyer biar dapet mobil bukan ex drag


    big thanks min...

    ReplyDelete