Mazda MX-6 GD

Mazda MX6

Di Indonesia, mobil dengan tampilan sporty dengan pintu yang minim seperti coupe memang sangat jarang. Karena jarang tadi membuat setiap mobil coupe seperti Mazda MX6 ini menjadi spesial. Mobil yang didesain oleh Hiroshi Yamamoto pada tahun 1985 ini berbagi platform dengan Mazda 626 Capella dan juga Ford Probe.

Desain asli dari Mazda MX6 ini sebenarnya sudah sangat cantik dengan gabungan antara sporty namun tetap elegan. Dengan hanya memiliki 2 pintu membuat auranya terlihat berbeda dan jauh lebih sporty dan eye catching dibandingkan sedan 4 pintu yang mainstream di Indonesia. Bagian depan dan lampu belakangnya menyerupai Mazda 626 Capella yang mejadi sedan mewah dimasanya yang tampangnya tentu harus elegan. Sangat disayangkan banyak Mazda MX6 yang akhirnya malah dimodifikasi eksteriornya menjadi mirip Nissan Skyline GTR karena memang dimensinya mirip. Padahal sebenarnya tanpa modifikasi tampilan yang ekstrim, akan membuat tampang Mazda MX6 jauh lebih berkarakter dan mencirikan mobil sport JDM era 80 dan 90an awal.


Iklannya sendiri digembar gemborkan bisa mencapai 200km/jam dengan mudah. Bukannya tanpa sebab Mazda mengiklankan begitu karena mesin yang diusung Mazda MX6 ini masih agak mirip dengan Mazda 626 Capella. Bermesin seri FE-3N 2000cc DOHC menggunakan sistem injeksi mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 148Hp dan torsi 180Nm. Ini berarti Mazda MX6 lebih besar 3Hp dibandingkan dengan sedan 2000cc kencang lainnya seperti Mitsubishi Eterna GTi yang hanya 145Hp. Bahkan dulu ketika sirkuit Sentul baru selesai dibangun, Mazda MX6 ini menjadi jawara di Sentul karena mesinnya yang memang sudah kencang dari pabriknya.

leveling mazda mx6

Fitur mewah ala Mazda Capella masih terbawa pada Mazda MX6 ini. Fitur suspensi aktif dengan 3 pilihan tingkat kekerasan yang bisa diatur secara elektronis juga ada di MX-6 ini. Ada 3 mode yang bisa dipilih, yaitu Soft, Normal dan Sport yang memberikan pengaruh pada handling dan kenyamanan. Sayangnya speedometer MX6 berbeda dengan Mazda Capella yang sudah menganut speedometer digital. Untuk Mazda MX6 masih memakai jarum atau analog. Sebagai gantinya, pada Mazda MX6 ini sudah dilengkapi dengan ABS. Mungkin Mazda MX6 ini merupakan mobil Jepang atau bahkan mobil dengan ABS pertama di Indonesia. Fitur lain seperti PW, PS, EM, AC tentunya sudah ada selain jok semi bucket (racing). Walaupun modelnya coupe namun penumpang belakang masih bisa duduk dengan nyaman karena ukuran interior mobil ini tergolong besar untuk ukuran coupe.

Kelebihan Mazda MX6 ini adalah modelnya yang unik dan tidak pasaran (2 pintu). Belum lagi karena populasinya tidak banyak tentu akan terlihat eksklusif di jalan. Fitur fiturnya sangat lengkap dan masih sepadan dengan mobil masa kini seperti rem ABS dan AAS (jika masih berfungsi). Mesin yang memang sudah kencang dari pabriknya tentu akan asyik dibejek sampai habis jalannya dan nyali drivernya tentunya. Harganya tergolong murah bisa berkisar antara 20 juta, 40 juta sampai 70 juta tergantung kondisi dan perlu diingat adanya pepatah yang mengatakan ada harga ada rupa.

Kelemahan Mazda MX6 ini masih sama dengan 626 Capella, sistem kelistrikan yang mungkin sekarang sudah sangat jarang yang masih sehat. Sistem AAS atau Auto Adjusting Suspension yang mengontrol tingkat kekerasan suspensi rata rata rusak dan diganti dengan suspensi biasa karena konon harga suspensi aktifnya bisa seharga mobilnya sendiri sekarang. Sparepartnya masih lumayan mudah namun agak mahal dan untuk part body sudah sangat susah mencarinya karena MX6 termasuk mobil yang sedikit populasinya.

Spesifikasi Mazda MX6 GD ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mazda MX6 GD
Jenis Coupe, Sport
Tipe MX6 GD
Mesin FE3N DOHC 2000cc
Bore X Stroke 86.0 X 86.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis (hanya 6 unit)
Wheelbase 2.514,6 mm
Panjang 4.495,8 mm
Lebar 1.689 mm
Tinggi 1.359 mm

4 Responses to "Mazda MX-6 GD"

  1. Dimana letak no mesin mx6..Saya mau perpanjangan surat tapi tidak ketemu nomor mesinnya

    ReplyDelete
  2. Dimana letak no mesin mx6..Saya mau perpanjangan surat tapi tidak ketemu nomor mesinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari depan mobil ada didepan sebelah kiri dempetan antara cylinder head dengan blok mesin

      Delete
  3. Mohon ifonya dong saya perlu piston buat mazda mx6 yg oversize 50

    ReplyDelete