Daihatsu Taft Kebo F10 & F50

Daihatsu Taft adalah mobil jip dari Daihatsu yang namanya sendiri merupakan singkatan dari Tough Almighty Fourwheeldrive Transport. Di Indonesia, Daihatsu Taft ini dikenal dengan julukan Taft badak atau Taft kebo. Mobil ini dinamakan begitu karena Daihatsu Taft ini sering digunakan untuk medan off road yang mempunyai banyak kubangan di lumpur. Korelasinya sederhana saja, karena kedua jenis hewan ini sangat suka berendam didalam lumpur.

Daihatsu Taft Kebo F50


Masuk ke Indonesia dalam 2 tipe yaitu F10 dan F50. Perbedaannya ada pada mesin yang digunakan dimana F10 memakai mesin bensin seri FE 4 silinder 958cc yang juga dipakai ke Daihatsu Compagno Berlina sedang F50 memakai mesin diesel. Taft dengan mesin bensin 1000cc ini dipadukan dengan transmisi 4 speed dan transfercase dual range yang menjadikannya Daihatsu Taft dengan mesin terkecil. Versi diesel atau F50 memakai mesin diesel DG 4 silinder indirect injection berkapasitas 2530cc. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga 74Hp pada 3600Rpm dan torsi 172Nm pada 2200Rpm. Dengan tenaga dan torsi segitu sepertinya sudah cukup untuk offroad karena berat mobil ini hanya 1020Kg dan sistem gerak yang sudah 4X4.


Jenis Daihatsu Taft ini sebenarnya ada banyak mulai dari short wheel base sampai yang long wheel base. Kebanyakan yang beredar adalah versi SWB atau short wheel base. Untuk Taft F10 pertama keluar sekitar tahun 1976 dengan atap terpal atau soft top. Pada tahun 1978 keluar Daihatsu Taft F50 yang memakai atap penuh atau yang biasa disebut dengan hardtop. Versi hardtop inilah yang sepertinya paling banyak beredar dijalanan Indonesia. Memasuki tahun 1981 keluar Taft F50 dengan resin top atau atap resin. Nama populer untuk versi resin top ini adalah Taft Hunter.

Jip ini ukurannya tanggung kira kira seukuran dengan Suzuki Katana SJ410. Jumlah penumpang maksimumnya bisa mencapai 6 orang karena dibelakangnya duduk berhadapan. Namun tentunya duduk dibelakang menjadikan kurang nyaman karena sempit dan akses keluar masuknya agak susah. Dipadukan dengan suspensi yang sangat keras dan bahkan rasanya lebih keras dibandingkan dengan jip jip lain membuatnya makin tidak nyaman.

Walau memiliki banyak kelemahan, namun mobil ini memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki jip lain sekelasnya. Daihatsu Taft ini tergolong irit bahan bakar apalagi versi dieselnya. Fitur fiturnya masih serba manual dan yang masih bisa dibanggakan mungkin hanya jam analog dan 3 indikator lain di panel tengah namun karena masih sederhana tentunya tidak akan merepotkan untuk perawatannya. Fitur utama yang jelas menjadikan mobil ini masih banyak dipakai adalah sistem gerak 4WD yang lumayan tangguh dipakai dimedan jelek.

Spesifikasi Daihatsu Taft Kebo F10 & F50 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daihatsu Taft Kebo F10 & F50
Jenis Jip
Tipe F10 (bensin)
F50 (diesel)
Mesin Bensin FE SOHC 958cc
Diesel DG 2500cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator (bensin)
Diesel Indirec Injection (diesel)
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.025 mm
Panjang 3.360 mm
Lebar 1.460 mm
Tinggi 1.820 mm

0 Response to "Daihatsu Taft Kebo F10 & F50"

Post a Comment