Ford Cortina Mk III, IV, V

Ford Cortina

Di Indonesia yang pajak kendaraan bermotornya bergantung pada kapasitas mesin dan daya angkut membuat mobil berkapastas mesin besar dan kapasitas penumpang sedikit seperti muscle car Amerika tidak dijual di Indonesia. Sebagai gantinya, mobil yang paling mirip dengan Muscle Car adalah Holden era 70an yang notabene merupakan sedan mewah. Sebenarnya masih ada lagi mobil yang agak mirip muscle car dan merknya adalah merk Amerika sayangnya ukurannya kecil. Mobil yang dimaksud adalah Ford Cortina.


Ford Cortina adalah sedan yang diproduksi oleh Ford Inggris atau Ford UK. Di Inggris sana mobil ini menjadi mobil paling laris antara tahun 1972 sampai 1980 sebelum akhirnya kalah oleh Ford Escort. Menurut info, Ford Cortina mulai dijual di Indonesia pada tahun 1974 walau mungkin juga ada Ford Cortina sejak generasi pertama atau Mk I. Ini berarti Ford Cortina yang masuk adalah generasi ke 3 atau Mk III. Ford Cortina yang masuk ke Indonesia ada 2 varian body, yaitu sedan 4 pintu dan estate atau station wagon walau tidak menutup kemungkinan juga ada versi coupe 2 pintu.


Ada 2 tipe yang masuk ke Indonesia yaitu GL (Grand Luxury) dan GXL (Grand Xtra Luxury). Perbedaan keduanya mungkin hanya terletak pada kelengkapan aksesorinya saja. Selain itu, ada 2 pilihan mesin yang tersedia yaitu 1600cc untuk tahun 1974 sampai sekitar 1978 dan 2000cc mulai 1979 sampai 1982. Kerena sebenarnya Ford Cortina memiliki banyak pilihan mesin seperti Ford Crossflow, Ford Essex, Ford Falcon, Ford Cologne dan Ford Pinto serta minimnya info mobil ini, sepertinya untuk pasar Indonesia mendapatkan mesin seri Ford Pinto (TL). Mesin ini merupakan mesin OHC 4 silinder segaris dengan pilihan kapasitas mesin mulai dari 1300cc sampai 2500cc.

Ford Cortina diproduksi dalam renatang 5 generasi. Generasi pertamanya hadir tahun 1962 sampai 1966 dengan model masih mencirikan ponton khas mobil era 60an. Pada tahun 1967 hadir generasi ke 2 yang diberi nama Ford Cortina Mk II. Model Mk II ini mulai meninggalkan desain ala ponton dan berubah sedikit lebih besar dengan bagasi yang mengotak lurus. Generasi ke 2 ini hadir sampai tahun 1970. Generasi ke 3 atau Mk III hadir tahun 1970 dengan model yang lebih besar lagi dengan desain ala muscle car. Model ini mengalami beberapa facelift dari awalnya yang memiliki 4 buah lampu bulat di depan menjadi sepasang lampu bulat didepan dan akhirnya berubah menjadi lampu kotak didepan pada akhir produksinya. Generasi ke 3 ini diproduksi sampai tahun 1976. Pada 1976 muncul kegenrasi ke 4 yang modelnya mulai mengotak namun masih mencirikan mobil Ameriak pada saat itu. Pada tahun 1979 muncul generasi ke5 yang diberi nama Cortina 80 dengan model yang mengotak seperti mobil Jepang menurut saya. Model terakhir ini stop produksi tahun 1982 dan diganti dengan Ford Telstar yang berbasis Mazda 626 di Asia dan Oceania.


Tidak banyak yang mengenali mobil ini menjadikan mobil ini terlihat begitu antik dan unik dijalan apabila masih jalan. Kebanyakan mobil ini menjadi bangkai dan hanya dibiarkan di kampakan atau junk yard karena katanya susah sparepartnya terutama untuk yang tinggal di kota kecil. Kebanyakan sentra onderdil hanya tau nama Ford Laser saja terutama untuk yang baru buka namun mungkin masih ada beberapa sentra onderdil yang masih menyimpan stok sparepart mobil ini. Karena langkanya part, kadang ada pemilik Ford Cortina yang mengganti mesin aslinya dengan mesin mobil lain walaupun akan menghilangkan originalitas namun lebih baik daripada mobil harus mangkrak bertahun tahun mencari sparepart. Walaupun konsumsi BBM mesin standarnya terasa boros, namun karena dijamannya merupakan mobil kelas mewah, kenyamanan mobil ini tentunya tidak diragukan lagi.

Spesifikasi Ford Cortina ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Cortina
Jenis Sedan
Tipe Cortina
Mesin Ford Pinto TL16 OHC 1600cc
Ford Pinto TL20 OHC 2000cc
Bore X Stroke 87.6 X 66.0 mm (TL16)
90.7 X 76.2 mm (TL20)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4/5 Speed
Wheelbase 2.565 mm (Mk III)
Panjang 4.261 mm (Mk III saloon)
Lebar 1.702 mm (Mk III)
Tinggi 1.321 mm (Mk III)

0 Response to "Ford Cortina Mk III, IV, V"

Post a Comment