Mitsubishi Lancer CK4 SEi & GLXi

Mitsubishi Lancer CK4

Mitsubishi Lancer CK4 adalah varian dari Mitsubishi Lancer generasi ke6 yang berbasis Mitsubishi Mirage. Masih sama dengan Lancer lokal dengan kode sasis CB, Lancer CK4 ini sering disebut dengan nama Evo 4 atau Evolution 4 padahal spesifikasi yang diusung sangat jauh berbeda. Ini dikarenakan sales Mitsubishi saat itu latah memberi nama mobil ini Evo4 karena memakai poster Tommi Mäkinen yang berlaga di reli Group A atau WRC dengan menggunakan Mitsubishi Lancer Evolutin 4 asli sebagai bahan iklannya.

Berbeda dengan Lancer sebelumnya yang terbagi menjadi 3 varian dengan pilihan mesin yang berbeda, Lancer CK4 ini hanya menggunakan mesin 4G92 SOHC 1600cc dengan multi point injection. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 110Hp pada 6000Rpm dan torsi 137Nm pada 5000Rpm. Sebenarnya tenaga segitu sudah cukup untuk kelas sedan seperti CK4 ini, namun bila merasa kurang ada Lancer CK4 dengan mesin 4G92 DOHC MIVEC yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 170Hp pada 7500Rpm dan torsi 167Rpm pada 7000Rpm. Sayangnya Lancer MIVEC ini populasinya kebanyakan ada di Batam, Aceh dan wilayah lain dengan status Free Trade Zone karena mobil ini tidak resmi dijual oleh ATPM Mitsubishi di Indonesia. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 pecepatan biasa. Khusus untuk Lancer Mivec dan facelift tahun 2002 ada yang memakai transmisi otomatis 4 percepatan triptonic yang disebut Mitsubishi sebagai INVECS.

Lancer CK4 ditawarkan dalam 2 versi, yaitu SEi (Special Edition injection) dan GLXi (Grand Luxury injection). Tipe tertinggi ada pada SEi dan yang paling murah GLXi manual. Perbedaan antar keduanya ada pada kelengkapan aksesorisnya saja. Pada tipe SEi sudah terdapat Airbag, bodykit, spion elektrik, antena radio di belakang otomatis, foglamp, dan jok semi kulit. Untuk varian yang langka seperti Lancer MIVEC hampir sama dengan SEi namun sudah ada tambahan berupa tombol pengatur AC digital, Rem cakram belakang, Sunroof, sampai sensor mesin yang lebih advance.

Lancer CK4 facelift

Memasuki akhir tahun 2001, muncul Lancer CK4 facelift dengan bentuk lampu yang agak mengotak (CK5). Sepintas model lampu depannya mirip dengan Lancer Evolution 5 dan 6 maupun TME. Model facelift ini agak kurang bisa diterima oleh masyarakat karena mulai meniggalkan aura sporty Lancer pre facelift dan menggantinya dengan tampilan yang lebih elegan. Beda dengan Lancer CK4 sebelumnya selain headlamp ada pada grill dengan aksen chrome yang banyak, panel body yang agak melebar, garnish, lampu belakang yang agak beda, pintu bagasi dan tempat plat nomer serta velg standar. Dulu kebanyakan Lancer ini digunakan oleh pihak kepolisian sebagai mobil patroli. Di Filipina, versi facelift ini diberi nama Lancer Pizza karena bentuk grill depan yang berbentuk segitiga seperti potongan pizza.

Kelebihan Mitsubishi Lancer CK4 ini adalah modelnya yang enak dipandang dan masih tetap tidak kalah dengan mobil baru. Tarikan versi SOHC sudah mantab khas mobil Mitsubishi keluaran 90an apalagi untuk versi MIVEC. Suspensi empuk dan masih tetap stabil untuk kecepatan tinggi karena desainnya untuk sasis mobil reli seperti Lancer Evolution. Part racing mobil ini juga banyak karena mesin 4G92 dinobatkan menjadi mesin 1600cc paling bertenaga abad ke 20. Jika masih kurang puas akan mesin standarnya, mesin 4G63 dari Lancer Evolution dengan turbo bisa menjadi pilihan yang pas untuk swap engine.

Kelemahan Mitsubishi Lancer CK4 adalah konsumsi bahan bakarnya yang sedikit lebih boros sedikit dibanding kompetitornya karena Lancer menawarkan performa sedang rivalnya lebih menawarkan keiritan bahan bakar dan kenyamanan. Selain itu bahan bakarnya seharusnya minimal oktan 92 sekelas Pertamina Pertamax apalagi untuk varian MIVEC karena kompresinya sangat tinggi. Spare part tidak terlalu sulit dan bahkan masih banyak bertebaran namun harga untuk part original lumayan mahal walau durabilitasnya sangat baik. Memang ada part imitasi namun tidak disarankan karena lebih sering membuat kerusakan malah merembet.

Spesifikasi Mitsubishi Lancer CK4 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Lancer CK4
Jenis Sedan
Tipe CK4
Mesin 4G92 SOHC 1597cc
Bore X Stroke 81.0 X 77.5 mm
Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.410 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.390 mm

10 Responses to "Mitsubishi Lancer CK4 SEi & GLXi"

  1. ini lancer yg paling cakep rasanya..bahkan dibandingin sm SEi terakhir thn 2010an..

    Cm syg mesin std ny gk ad yg GTi DOHC ky CB5 atau dangan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang SEi terakhir ada di Lancer Cedia (CS3 & CS5) sampai 2007 aja. kalo 2010 udah Lancer EX om
      kalo versi DOHC paling juga Lancer MIVEC... sayangnya langka (kecuali rumahnya di Batam, Aceh atau daerah FTZ lainnya)

      Delete
    2. Woh kmrn ms ad yg jual bekas thn 2010 bhkn 2011..mungkin ttp model 2007 itu ya..

      Wah kalau EX sih sudah lain kelas..cocok buat yg gk kesampean evo hehe..harganya jg msh diatas 180 jt untuk keluaran 2008..

      Delete
    3. wih harganya terjun bebas ya...
      dulu perasaan 2007/8 waktu lancer ex sama evolution x pertama keluar lancer ex harganya masih 420an juta lho

      Delete
    4. Rata rata masih stabil di 200an sih, mungkin krn agak langka..

      Pdhl civic, accord, ato altis 2008 plg 150 jutaan dpt

      Delete
  2. Hmm, CK4 MIVEC ini ni yang harus dicari..ngeri ngeri sedap 170 hp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibatam sama aceh banyak tapi di jawa jarang...

      Delete
    2. Sama saya ada 1 ni lancer mivec thn 99
      Ngeri bos 175hp
      2018 saya jual
      Ada yg mau

      Delete
  3. Kata siapa boros??? 1:10 1:11 dapet lah dalkot. Gak jauh beda kok sama kompetitornya. Apalagi all new corolla saat itu ada yang 1.8 nya harus nya lebih boros lagi. Yang bikin ini mobil boros karena keasikan ngegas jadinya boros. Kalo eco driving nih mobil bisa irit kok gimana kaki kita aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sebenarnya mirip2 sih... boros emang karna keasyikan bejek gas "the best 1600cc Engine of 20th century" atau pake bensin yang bukan semestinya (Lancer MIVEC dohc 1600cc kompresi 1:11 malah pake premium contohnya)
      kalo Corolla walau lebih gede 200cc tapi karna beratnya mirip-mirip ya jadilah bisa agak iritan dikit karna gas dikit udah keluar torsinya

      Delete