Spesial : Kembaran Mobil Sport Retro JDM di Indonesia

Indonesia selama era kepemimpinan presiden Soeharto menerapkan sistem perpajakan non-tariff barrier untuk kendaraan bermotor CBU yang berlaku antara tahun 1973 sampai dengan 1996. Ini berarti semua kendaraan bermotor CBU sama skali tidak boleh masuk ke Indonesia kecuali kedutaan asing, organisasi internasional, masuk dengan surat sakti dari penguasa dan selundupan. Padahal di masa itu, Jepang sedang berusaha keras menghasilkan produk otomotif berkualitas baik untuk mengubah persepsi masyarakat dunia akan produk buatan Jepang yang kini terkenal akan kualitas dan mutu yang sangat bagus. Nah, karena kendaraan bermotor utamanya mobil retro JDM legendaris resmi sangat jarang ditemukan dijalanan Indonesia, mobilmotorlama mencoba mencari "kembaran" atau persamaan yang paling mendekati spesifikasi mobil sport retro JDM dengan mobil yang banyak beredar di jalanan Indonesia.

JDM versi Indonesian Domestic Market


Untuk memperjelas, semua daftar mobil yang masuk kali ini hanya akan dibandingkan secara spesifikasi teknis mesinnya saja karena tentunya mencari persamaan teknis mobil coupe 2 pintu akan lebih sulit dibandingkan sedan 4 pintu. Walau yang dibandingkan adalah mesin, variabel lain seperti transmisi, sistem kaki-kaki, sampai platform sasis juga akan dibandingkan untuk memperjelas persamaanya.


Toyota Corolla AE86 Levin / Trueno dan Daihatsu Charmant


Toyota Corolla AE86 Daihatsu Charmant

Toyota Corolla dengan kode bodi E80 merupakan awal dari Toyota Corolla dengan sistem gerak roda depan atau front wheel drive (FWD) yang terkenal lebih ekonomis dibandingkan sistem gerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD). Untuk versi sport Toyota memutuskan untuk tidak mengubah konfigurasi tradisional mobil sport dengan RWD menjadi FWD dengan mempertahankan RWD terpasang di sasis Corolla E80. Efek dari RWD di sasis yang didesain FWD ini adalah ruang belakang yang jadi sangat sempit. Untungnya berkat mesin 4A-GE, mobil ini menjadi salah satu buruan para penggila sportscar retro JDM di seluruh penjuru dunia. Belum lagi ditambah dengan kepopuleran serial anime Initial D dimana tokoh utamanya mengendarai sebuah Toyota Corolla AE86 GT APEX dengan warna putih hitam yang diberi julukan Panda Trueno yang membuat keberadaan mobil ini semakin dicari. Di Indonesia sangat jarang ada yang masuk secara resmi tapi untungnya, pasar Indonesia memiliki Daihatsu Charmant yang hampir mirip secara teknis.

Apa yang membuatnya mirip?


Daihatsu Charmant untuk pasar Indonesia dibekali dengan mesin 4A-C 4 silinder 1600cc yang sama dengan Toyota AE86 versi paling rendah. Gearbox yang digunakan juga sama-sama menggunakan gearbox Toyota T50 5 speed manual. Sayangnya kala AE86 sudah dilengkapi dengan LSD atau Limited Slip Differential khusus, Daihatsu Charmant sepertinya belum menerapkannya. Yang membuatnya berbeda selain body 4 pintunya adalah penggunaan sasis Corolla E70 atau Corolla DX di Indonesia sedangkan AE86 memakai sasis Corolla E80.

Nissan Skyline R32 & Nissan Silvia S13 dan Nissan Cefiro A31


Nissan Skyline GT-E Nissan Cefiro




Diawal kemunculan Nissan Skyline R32 terutama Skyline GTR R32 pada tahun 1989, dunia dikejutkan dengan kemunculan sebuah coupe asal jepang dengan teknologi yang sangat canggih dan mampu menyamai atau bahkan mengalahkan supercar asal Jerman dan Italia yang terkenal sangat hebat dilintasan. Dengan penggunaan mesin 6 silinder 2600cc twin turbo yang dibatasi sampai 276Hp saja dan sistem gerak AWD ATTESA E-TS membuatnya sangat cepat berakselerasi dan mengukir top speed yang tinggi apabila limiternya dilepas. Karena kehebatannya inilah, orang menjulukinya dengan sebutan Godzilla atau monster dari Jepang. Di Indonesia, mobil yang memiliki spesifikasi paling mirip dengan Nissan Skyline adalah Nissan Cefiro.

Apa yang membuatnya mirip?

Nissan Cefiro memakai mesin RB series tepatnya RB20E. Ini berarti mesin mobil ini sama persis dengan Nissan Skyline R32 GTE. Karena Skyline R32 GTE ini juga tersedia dalam bentuk sedan 4 pintu, maka Nissan Cefiro ini boleh dibilang Skyline dengan baju yang lain karena platform Cefiro A31 konon sama persis dengan Skyline R32. Dijudul tertulis Nissan Silvia S13 karena kata para drifter professional, kaki-kaki Nissan Cefiro A31 ini sama dengan yang dipakai pada Nissan Silvia sehingga feel saat drifting akan terasa sama. Kenyataanya? entah karena saya sendiri belum pernah mengemudikan Nissan Silvia.

Mitsubishi FTO dan Mitsubishi Galant lele

Mitsubishi FTO Galant Lele




Mitsubishi FTO merupakan sports car lanjutan dari Mitshubishi Galant FTO yang merupakan sportscar pertama dari Mitsubishi. Nama Mitsubishi FTO sendiri merupakan singkatan dari Fresh Touring Origination. Sebagai sportscar kompak, mobil ini hanya tersedia dalam pilihan FWD saja. Untungnya untuk pilihan mesinnya tersedia 4 silinder 1800cc dan 6 silinder 2000cc yang semuanya DOHC serta ada lagi versi V6 dengan mesin MIVEC. Di Indonesia, mobil yang memakai mesin yang sama persis dengan Mitsubishi FTO ini adalah Mitsubishi Galant V6 yang diberi julukan Galant Lele.

Apa yang membuatnya mirip?

Mesin 6A12 yang sama dengan Mitsubishi Galant lele sama persis dengan mesin Mitsubishi FTO tipe GR dan GR Limited Edition dan GR Sports Package yang juga 2000cc V6 DOHC. Transmisinya juga konon sama dengan pilihan manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Selain sama transmisi dan mesinnya, sistem penggerak keduanya juga sama karena sama-sama FWD. Beda paling jauh tentunya ukurannya karena Galant merupakan mid size sedan sedang FTO merupakan mobil kompak.

Honda Prelude dan Honda Accord

Honda Prelude Honda Accord




Honda Prelude merupakan sports coupe keluaran Honda yang mengambil basis dari Accord. Karena berbasis Honda Accord, boleh dibilang mobil ini pantas disebut sebagai Honda Accord coupe. Di Indonesia, populasi mobil ini lumayan banyak dibandingkan rivalnya seperti Mitsubishi Eclipse, Toyota Celica dan Nissan Silvia. Nama Prelude sendiri merupakan nama mobil Honda pertama yang berhubungan dengan musik seperti Honda Concerto, Ballade, Jazz sampai Quintet.

Apa yang membuatnya mirip?

Karena masih satu basis dengan Honda Accord, tentunya banyak persamaan anta keduanya mulai dari sasis, mesin sampai drivetrain. Yang menjadi pembeda terbesarnya mungkin hanyalah bentuk body dimana Accord merupakan sedan 4 pintu sedangkan Prelude merupakan coupe.

Toyota Celica T160 dan Toyota Corona Twin Cam

Toyota Celica Corona




Toyota Celica merupaka sports coupe keluaran Toyota yang pertama kali muncul pada tahun 1970. Kode designasi untuk Toyota Celica ini pada awalnya adalah A. Namun memasuki generasi ke 4, Celica mengambil platform dari Toyota Corona dengan kode T sedangkan kode A diberikan kepada Toyota Supra. Karena mengambil basis dari Toyota Corona, tentunya ada banyak persamaan antara Toyota Celica generasi ke 4, 5, dan 6 dengan Toyota Corona. Salah satu contoh persamaan Toyota Celica dengan Toyota Corona ini ada pada Celica T160.

Apa yang membuatnya mirip?

Di Jepang sana, Toyota Celica generasi ke 4 dijual dengan pilihan mesin 4 silinder 1600cc sampai  4 silinder 2000cc. Ada 2 pilihan mesin yang ternyata juga sama dengan apa yang terdapat pada Toyota Corona Twincam dengan kode T160, yaitu 4A-F 1600cc dan 3S-FE 2000cc. Toyota Celica dengan pilihan mesin tersebut juga hanya hadir dengan drivetrain FWD yang sama dengan Corona Twincam di Indonesia. Toyota Celica yang memiliki mesin yang sama dengan Corona yang ada di Indonesia tersebut merupakan trim ST yang merupakan tipe paling rendah di Jepang sana.

Itu tadi beberapa mobil sport retro JDM yang ternyata punya kembaran berupa persamaan mesin, transmisi sampai platform dengan mobil yang ada di Indonesia. Tentunya jika ingin mencari mobil JDM legendaris di Indonesia diperlukan usaha ekstra karena sangat jarang ditemukan di jalanan Indonesia pada umumnya. Kalau mau, mobil mobil diatas bisa menjadi pilihan menarik karena diluar sana, part racing untuk mobil sports JDM diatas masih banyak dan mungkin saja bisa diaplikasikan untuk mobil yang beredar di Indonesia. Mana favorit Anda?

2 Responses to "Spesial : Kembaran Mobil Sport Retro JDM di Indonesia"

  1. Paling ngetop, tentu Lancer Evo meskipun bodinya doang yg mirip tapi mesinnya bagai langit bumi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup kalo body doang bisa ambil lancer. kalau secara spek paling mendekati Eterna GTi. tinggal turunin kompresi sama pasang turbo sekalian penggerak 4wd. jadilah Galant VR4 alias kata orang sono Lancer Evolution 0 (Zero)

      Delete