Toyota Soluna AL50

Toyota Soluna adalah small sedan yang masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000 sampai 2003. Mobil ini sangat populer untuk dijadikan armada taksi oleh perusahaan taksi. Soluna pada akhirnya berhenti produksi dan digantikan oleh Toyota Vios pada tahun 2003.Diluar sana mobil ini dikenal dengan nama Toyota Tercel, Toyota Corolla II dan Corsa (Jepang / JDM).

Toyota Soluna AL50


Pada awalnya Toyota membuat Soluna (Tercel) untuk mengisi pasar yang kosong antara Starlet dengan Corolla. Karenanya ukurannya tidak pernah sama dan selalu lebih kecil dengan Toyota Corolla pada masanya. Seperti mobil pada umumnya, ukuran Toyota Tercel semakin lama semakin membesar. Untuk Toyota Tercel generasi terakhir (Toyota Soluna di Indonesia) barulah ukurannya sama persis dengan Toyota Corolla KE30 yang lahir di era akhir 70an dan masa dimana Toyota Tercel pertama kali hadir.

Mobil ini menggunakan mesin Toyota 5A-FE yang merupakan pengembangan dari mesin 4A seperti yang ada pada Toyota Great Corolla. Kapasitas mesinnya hanya 1500cc namun sanggup menghasilkan tenaga sebesar 100Hp pada 5600Rpm dan torsi 138Nm pada 4400Rpm. Tenaganya agak kecil dibandingkan pesaingnya seperti City SX8, namun tenaga sebesar ini sudah lebih dari cukup karena mesin ini didesain tangguh dan irit bahan bakar. Ketangguhan dan iritnya konsumsi bahan bakarnya yang mencapai sekitar 1:10 dalam kota dan 1:14 untuk luar kota terbukti pada armada taksi.

Untuk pasar Indonesia, Toyota memperkenalkan varian GLi dan XLi untuk Soluna. Perbedaan keduanya selain ada di aksesoris juga ada di penggunaanya karena versi XLi dipakai untuk armada taksi. Soluna GLi sudah dilengkapi power window, central lock, remote alarm, electric mirror, tachometer, velg alloy dan lis bodi samping sedangkan XLi tidak. Pada Soluna GLi juga sudah tersedia pilihan transmisi otomatis yang tidak ada pada varian XLi.

Untuk membedakan Soluna bekas taksi atau tidak paling mudah bisa dilihat dari faktur atau BPKB karena terdapat status awal apakah untuk keperluan taksi atau pribadi. Selain melihat dari fiturnya, perhatikan rumah head unit karena mesin argo yang ukurannya lebih besar dan mau tidak mau harus mengikis atau memotong rumah head unit. Jika mengincar unit bekas taksi karena harganya yang lebih murah, perhatikan bagian mesin dan kaki kaki karena mobil taksi tiap harinya selalu bekerja menempuh minimal ratusan kilometer perharinya dengan kondisi jalan yang bervariasi. Part mobil ini memang agak murah tapi tentunya sangat tidak enak kalau tiap minggu mampir kebengkel terus. Jika unit yang diincar terasa sangat kurang, langsung saja ganti incaran ke unit yang lain.

Kelebihan Toyota Soluna adalah mesin yang reliable dan irit bahan bakar. Perusahaan taksi tentunya memilih mobil untuk armadanya dengan poin penting berupa mesin yang reliable dan irit BBM. Kaki kainya juga termasuk bandel dan minim perawatan karena konstruksinya yang simple. Karena image taksi, harga jualnya murah dan bisa menjadi pilihan jika ingin sedan agak muda namun dana cekak.

Kelemahan Toyota Soluna adalah desainnya yang kuno untuk ukuran mobil tahun 2000an karena desain ini pertama kali hadir di Jepang tahun 1994. Bodynya ringan (sekitar 900Kg saja) karena plat tipis. Bagian interior terutama ruang kaki blakang sempit namun dikompensasi dengan bagasi yang luas. Suspensinya sederhana kurang fun to drive namun dikompensasi part yang super murah dan mesin irit.

Spesifikasi Toyota Soluna AL50 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Soluna AL50
Jenis Sedan
Tipe AL50
Mesin 5A-FE DOHC 1500cc
Bore X Stroke 78.7 X 77.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed (GLi)
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 4.120 mm
Lebar 1.646 mm
Tinggi 1.351 mm

2 Responses to "Toyota Soluna AL50"

  1. Sedan merakyat ya..tapi ditinjau dari harga bekasnya mending GreCo sekalian kyny hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih... secara kelas aja soluna udah dibaawh corolla
      cuma buat orang yang mau sedan muda murah perawatan kayak greco ya bisa pilih soluna

      Delete