Yamaha RD125 RX Twin

Yamaha RD125 RX twin

Jauh sebelum Yamaha di Indonesia mengeluarkan Yamaha YZF-R25 atau MT-25 yang memakai mesin 2 silinder, sudah ada motor Yamaha 2 silinder pada era 70an. Motor yang dimaksud ini adalah Yamaha RD125 DX atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama Yamaha RX Twin. Dengan desain motor balap klasik yang dilepas fairingnya membuat RX Twin ini begitu spesial. Terlebih tenaga mesin 2 tak 2 silindernya juga spesial dimasanya.


Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1976 dan masa produksinya berakhir pada 1979 membuat desain motor ini sangat kental nuansa motor era 1970an. Bentuk tangki sudah mulai mengotak seperti motor era 80an dan bentuknya agak memanjang seperti motor balap World GP (sekarang MotoGP) dengan tutup tangki yang sudah pasti menonjol. Bagian mesin terlihat padat walau bermesin 2 tak yang biasanya terlihat kecil mungkin karena penggunaan 2 piston dan 2 header knalpot. Knalpotnya sendiri ada 2 buah di samping kanan dan kiri yang membuat tampang motor ini makin classic.


Mengandalkan mesin 2 silinder paralel twin 2 tak pendingin udara berkapasitas 125cc yang mampu menghasilkan tenaga yang lumayan besar pada masanya. Klaim pabrik, motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 16Hp pada 8500Rpm dan torsi 12,7Nm pada 8000Rpm dengan rasio kompresi 6,8:1. Dipadukan dengan berat motor yang hanya 110Kg membuat motor ini menjadi salah satu motor terkencang dijalanan Indonesia pada saat itu. Untuk pasokan bahan bakar, digunakan 2 buah karburator Teikei 18mm. Untuk transmisinya, digunakan transmisi manual 5 percepatan dengan pola 1-N-2-3-4-5.

Fitur motor ini lumayan lengkap untuk motor era 70an. Untuk keselamatan, pada bagian depan sudah memakai solid disk brake single piston dan rem teromol untuk bagian belakang. Speedometernya mencatatkan angka sampai 160Km/jam dan sudah dilengkapi dengan tachometer yang dapat mencatatkan angka sampai 12000Rpm dengan redline 10000Rpm. Suspensi depan mengandalkan teleskoptik dan belakangnya memakai shockbreaker ganda. Pengapian motor ini masih menggunakan platina dan untuk starternya hanya mengandalkan kick.

Saat ini motor ini sudah termasuk barang langka yang jumlahnya tinggal sedikit. Biasanya motor ini dijual sekitar 10 juta untuk kondisi biasa saja. Penyakit motor ini biasanya ada pada platinanya yang rewel dan susah setingganya. Selain itu, sambungan antara karburator dengan mesin motor ini terbuat dari karet yang sering terkena panas akhirnya getas dan membuat mesin brebet. Motor ini termasuk motor kalangan berpunya saat itu karena boros busi juga boros bensin karena mesin 2 tak 2 silindernya meski hanya 125cc. Bagusnya, jika setelan platinanya pas, suara mesin twin cylindernya melengking yang sangat merdu di telinga pecinta motor 2 tak. Kelebihan lainnya ada pada karakternya dan desain terutama tangkinya yang kotak memanjang dengan lekukan khusus untuk paha agar terasa mengapit motor lebih kuat kala cornering yang memang sudah seperti motor balap sejak awal kemunculannya.

Spesifikasi Yamaha RD125 / RX Twin ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Yamaha RD125 / RX Twin
Jenis Sepeda Motor
Tipe RD125
Mesin 124cc 2 stroke paralel twin
Bore X Stroke 43.0 X 43.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 1.240 mm
Panjang 1.935 mm
Lebar 840 mm
Tinggi 1.060 mm

0 Response to "Yamaha RD125 RX Twin"

Post a Comment