Daihatsu Feroza F70 & F75

Daihatsu Feroza F70

Daihatsu Feroza adalah sebuah jip bermesin bensin yang di jual oleh Astra Daihatsu Indonesia antara tahun 1993 sampai 1999. Berbeda dengan Daihatsu Taft yang bermesin diesel dan 4X4, Daihatsu Feroza ini hanya tersedia dalam pilihan mesin 1600cc karburator dan sistem gerak 4X2 RWD. Oleh karena itu mobil ini sering disebut sebagai jip banci. Bila Taft dibuat memang khusus untuk offroad, Daihatsu Feroza ini dibuat untuk kendaraan rekreasi saja. Di luar sana mobil ini dikenal dengan nama Daihatsu Rugger atau Daihatsu Fourtrak (Inggris). Kembaran versi JDM mobil ini dari Toyota diberi nama Toyota Blizzard.


Seperti yang dijelaskan diatas, mobil ini memakai mesin bensin SOHC 1600cc karburator dengan kode HD-C. Mesin ini sama seperti yang dipakai oleh Daihatsu Zebra Espass Supervan dan Daihatsu Taruna generasi pertama yang masih karburator. Tenaga maksimal mesin ini hanyalah 94Hp pada 5700Rpm dan torsi maksimal 127Nm pada 4800Rpm. Ditambah dengan berat kosong yang mencapai 1250Kg dan ban standar yang berukuran besar ala mobil jip membuat konsumsi bensin mobil ini boros apalagi untuk kondisi dalam kota yang butuh start dan stop yang banyak. Namun begitu, mesin ini banyak dipakai oleh Daihatsu Charade sebagai salah satu pilihan mesin balap drag.

Secara umum, mobil ini terbagi menjadi 2 pilihan body, yaitu sasis pendek atau SWB dengan kode sasis F70 dan sasis panjang atau LWB dengan kode F75. Selain itu ada juga versi 5 pintu dengan nama Daihatsu Feroza SL yang merupakan buatan karosei Tugas Anda Semarang. Pada awalnya, Daihatsu Feroza hanya tersedia dalam pilihan SWB 3 pintu. Memasuki tahun 1996, Daihatsu menambahkan varian Special Edition (SE) dengan tambahan berupa warna body two tone, over fender di tiap spakbornya, velg alumunium casting, jok belakangnya mengahadap depan, power steering dan power window. Selain varian SE, ada juga Daihatsu Feroza G2/Sporty yang muncul setahun kemudian dengan tambahan berupa suspensi depan independen dengan batang torsi dan untuk suspensi belakangnya independen coilspring multi link. Selain itu, ada juga tipe Megatop dengan wheelbase yang sedikit lebih panjang dan terdapat perbedaan pada atap belakangnya dimana memakai jendela geser dan atap lebih tinggi dengan jendela kecil tambahan diatasnya.

Daihatsu Feroza long


Fitur-fitur yang ada pada mobil ini tergantung pada variannya. Untuk keluaran pertama yang biasa, Daihatsu Feroza belum dilengkapi dengan power window, power steering dan central lock. Selain itu jok belakang Feroza ini masih berhadapan seperti pada jok angkot. Untuk Feroza G2 Sporty masih sama dengan Feroza pertama hanya saja terdapat penambahan power steering dan power window. Fitur suspensi independennya juga merupakan fitur yang sangat berguna pada Feroza G2 ini karena mengatasi keluhan akan kerasnya suspensi Daihatsu Feroza keluaran pertama. Untuk Feroza Megatop terdapat perbedaan posisi jok belakang yang kini sudah menghadap ke depan.

Kelebihan Daihatsu Feroza adalah ukuran kabin yang jika dibandingkan dengan jip seperti Suzuki Katana akan terasa lebih lapang. Khusus untuk Feroza Megatop ruang headroom dan legroom terasa lebih lega. Tampangnya yang gagah dan macho sempat menjadi trend tersendiri di kalangan anak muda era 90an. Kaki kakinya untuk yang sudah mengaplikasikan suspensi independen tentunya juga akan terasa lebih nyaman dibandingkan jip lain seperti Katana. Urusan sparepart mesin tidak perlu khawatir karena sama dengan yang dipakai minibus Zebra Espass Supervan atau Taruna karbu yang banyak wira wiri dijalan.

Kelemahan Daihatsu Feroza adalah bodynya yang terkesan ringkih dan mudah keropos karena tipisnya plat baja yang digunakan. Selain itu kaki kakinya sangat keras dan kurang nyaman serta limbung kala digunakan dalam kecepatan tinggi. Konsumsi BBMnya juga boros, berkisar 1:5 untuk dalam kota dan 1:10 untuk luar kota. Ini wajar mengingat tenaga mesin dan torsinya yang pas-pasan apalagi jika sudah mengganti ban standarnya dengan ban besar.

Spesifikasi Daihatsu Feroza F70 & F75 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daihatsu Feroza F70 & F75
Jenis Jip
Tipe F70 (SWB)
F75 (LWB)
Mesin HD-C SOHC 16 Valve 1600cc
Bore X Stroke 76.0 X 87.6 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.530 mm
Panjang 4.165 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.925 mm

0 Response to "Daihatsu Feroza F70 & F75"

Post a Comment