Daewoo Espero

Daewoo Espero

Daewoo Espero merupakan mid size sedan buatan subdivisi General Motor di Korea, Daewoo. Mobil ini menggunakan platform GM J yang juga digunakan oleh Isuzu Azka di Jepang, Holden Camira di Australia, Opel Ascona C di Eropa, sampai Toyota Cavalier dan Chevrolet Cavalier di Amerika Serikat. Daewoo Espero sendiri merupakan sedan buatan era 90an, namun karena platform J ini didesain era 80an membuat tampilannya sedikit jadul dimasanya. Walaupun merknya Korea, kenyataanya mobil ini dibuat di pabrik GM di Australia untuk versi 2000cc nya.


Mobil ini tersedia dengan berbagai pilihan mesin seperti 1500cc, 1800cc dan 2000cc. Untuk pasar Indonesia sepertinya hanya tipe mesin 2000cc saja yang masuk. Mesin 2000cc ini memiliki kode C20LE yang berasal dari GM family II yang dikembangkan oleh Opel. Mesin SOHC 4 silinder ini berkapasitas 1998cc dan sanggup menghasilkan tenaga sebesar 109Hp pada 5200Rpm dan torsi sekitar 136Nm pada 3000Rpm. Mesin injeksi ini dipadukan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan buatan Aisin.

Mobil ini pertama kali diperkenalkan di dunia pada tahun 1990. Ditambah dengan platform GM J membuat bentuk mobil ini masih terasa ada era 80an disana. Pertama kali keluar model tanpa lubang grill depan yang besar dan pada garnish lampu belakang terdapat tulisan Espero berwarna merah tua. Sekitar tahun 1997 muncul facelift dengan penambahan lubang grill depan dan tulisan Espero di garnish belakang berwarna hitam. Bagi sebagian orang, desain mobil ini agak aneh karena memang pada jaman itu, produsen mobil Korea masih dalam tahap belajar mendesain mobil dengan menyontek desain mobil buatan negara lain. Tidak heran kalau bagian depannya agak mirip Peugeot 405 sementara pilar C terasa seperti Mazda 626 dan lampu belakang agak mirip Galant lele.

Merk Daewoo sendiri walau pertama kali muncul di Indonesia pada pertengahan dasawarsa 1990an, namun merk ini terakhir menjual mobil dengan merk Daewoo sekitar tahun 2003 atau 2004. Pabrikan ini bukannya bangkrut lalu menutup usahanya, akan tetapi karena terkena dampak strategi GM yang menjadi induk perusahaanya. Kini Daewoo masih eksis di Indonesia dengan menjual mobil-mobil merk Chevrolet di Indonesia. Hampir semua mobil Chevrolet yang hadir di Indonesia merupakan buatan Daewoo seperti Captiva, Spin dan Trax. Bus Transjakarta sendiri juga kebanyakan merupakan merk Daewoo.

Kelebihan Daewoo Espero adalah harganya yang murah, untuk sekelas sedan nyaman yang harganya hanya 20 jutaan rasanya sangat menggiurkan. Belum lagi, mobil Daewoo ini umurnya tidak terlalu tua karena pertama masuk ke Indonesia sekitar tahun 1995. Sebagai sedan mid size, kenyamanan tentunya sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kelas sedan ini. Juga karena jarang yang punya, membuat mengendarai mobil ini menjadi unik dan beda sendiri dibanding pengguna jalan yang lain.

Kelemahan Daewoo Espero ini ada pada sparepart yang jarang. Untuk sparepart mesin mungkin masih aman karena banyak kemiripan dengan Chevrolet Tavera, Opel Blazer SOHC, Blazer Montera dan Opel Optima serta Vectra yang mesinnya sama-sama keluarga dari GM Family II. Part bodynya di toko jarang namun di kampakan ada banyak. Yang bermasalah mungkin part interior dan kaki-kaki yang jarang. Karena jarangnya tadi serta menjualnya yang sudah, tidak heran banyak Daewoo Espero yang akhirnya berkahir di kampakan walau umurnya tidak setua mobil lainnya di kampakan.

Spesifikasi Daewoo Espero ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daewoo Espero
Jenis Sedan
Tipe GM J / Espero
Mesin C20LE SOHC 1998cc
Bore X Stroke 86.0 X 86.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.620 mm
Panjang 4.615 mm
Lebar 1.718 mm
Tinggi 1.388 mm

0 Response to "Daewoo Espero"

Post a Comment