Honda Jazz GD3

Honda Jazz GD3

Honda Jazz GD3 merupakan compact hatchback yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2004. Walaupun masuk secara resmi ke Indonesia pada tahun 2004, namun sebenarnya mobil ini sudah sering wira-wiri dijalanan Indonesia sejak tahun 2001 dengan nama Honda Fit yang diimpor oleh importir umum langsung dari Jepang. Di Jepang, Amerika Serikat dan China, mobil ini diberi nama Honda Fit sedangkan di Asia Tenggara, Timur Tengah, Australia, Oceania dan Eropa mobil ini diberi nama Honda Jazz. Ini membuat Honda Jazz menjadi salah satu lineup mobil Honda yang mengambil nama dari dunia musik seperti Honda Ballade, Concerto dan Prelude.

Versi Indonesia pada awalnya hanya memiliki 1 pilihan mesin, yaitu L15A SOHC 8 valve dengan teknologi i-DSI. Teknologi ini menggunakan 2 busi per silinder yang berakibat pembakaran lebih sempurna dan konsumsi bahan bakar yang effisien. Mesin i-DSI ini sanggup menghasilkan tenaga 87Hp pada 5500Rpm dan torsi 128Nm pada 2700Rpm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan atau matic CVT. Karena suksesnya penjualan mobil ini dan antrean indent yang panjang membuat Honda Prospect Motor akhirnya memproduksi Honda Jazz secara CKD setelah sebelumnya unit yang dijual merupakan CBU dari Thailand. Pada tahun 2005 inilah hadir juga Honda Jazz VTEC dengan mesin L15A SOHC 16 valve yang hampir sama hanya saja menggunakan teknologi katup variabel khas Honda yang bernama VTEC. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mobil ini adalah 110Hp pada 5800Rpm dan torsi 143Nm pada 4800Rpm. Baik Jazz VTEC maupun i-DSI matic sudah dilengkapi dengan mode Steermatic 7-speed dengan tombol perpindahan gigi di setir untuk memberikan kesan sporty.

Di Indonesia, model Honda Jazz ini memberi angin segar akan pasar hatchback yang terakhir dimasuki Honda pada pertengahan era 90an dengan Honda Civic Estilo. Pintu depannya lebih panjang dibandingkan pintu belakangnya memberikan kesan hatchback 3 pintu seperti civic hatchback. Honda Jazz sendiri memang hanya tersedia dalam bentuk hatchback 5 pintu di penjuru dunia, namun andai pintu belakangnya dilas dan kaca belakangnya disatukan maka akan terlihat seperti hathcback 3 pintu asli terutama bagian kaca belakangnya yang mirip Honda Estilo. Karena bentuknya yang stylish inilah, banyak modifikator yang tertarik memodifikasi mobil ini hingga akhirnya Honda Prospect Motor mewadahi karya modifikasi Honda Jazz dalam ajang Jazz Tuning Contest yang rutin diselenggarakan tiap tahun.

Fitur Honda Jazz ini tergolong sangat lengkap. Secara umum, mobil ini sudah dilengkapi dengan AC, Power window, electronic power steering dan electric mirror. Untuk aksebilitas pengemudi, kemudi dapat diatur dengan fitur Tilt steering walau tanpa teleskoptik. Untuk keamanan dan kemudahan, mobil ini sudah dilengkapi dengan keyless entry dan power door lock. Untuk audionya lumayan dan sudah dilengkapi dengan head unit 2 din. Fitur unggulan Honda Jazz ini adalah ultra seat dimana jok belakangnya bisa dilipat sedemikian rupa sehingga dapat memberikan ruang bagasi yang sangat besar. Fitur ini kini sudah menjadi fitur umum yang ditemukan pada mobil Honda terbaru. Secara garis besarnya, varian i-DSI fiturnya lebih sedikit dibandingkan versi VTEC.

Perbedaan antara Jazz i-DSI dengan VTEC selain mesinnya ada pada kelengkapan aksesorisnya. Jazz VTEC dilengkapi dengan electrick folding mirror dan bodykit. Bagian rem juga berbeda dimana Jazz I-DSI masih memakai rem teromol dibelakang sementara Jazz VTEC sudah rem cakram. Untuk versi facelift tahun 2006, beda keduanya makin terlihat jelas dimana Jazz VTEC memiliki lampu belakang LED dan reflektor lampu depan yang warnanya senada dengan body. Selain itu, untuk VTEC yang fullspec terdapat tambahan lampu sein di spion dan peranti keselamatan seperti ABS, EBD dan Dual SRS Airbag.

Honda Jazz Rockz

Pada tahun 2006, Honda Jazz mendapatkan varian spesial dengan nama Honda Jazz Rockz yang diproduksi secara terbatas. Pada dasarnya, Honda Jazz Rockz adalah Honda Jazz VTEC dengan tambahan audio yang lebih bagus dibandingkan standarnya. Fitur audio tersebut berupa head unit tape radio AM/FM dengan CD dan dilengkapi USB Port untuk memutar lagu dalam format MP3 maupun WMA. Selain itu, juga memiliki tambahan top panel speaker yang ditempatkan di pilar depan. Sisanya tidak ada beda kecuali emblem Rockz dibelakang.

Kelebihan mobil ini adalah desainnya yang long lasting dan sporty. Bagian interiornya berkat ultra seat bisa mendapatkan kapasitas bagasi yang luas. Untuk versi VTEC tenaganya lumayan besar dan akselerasinya yang baik. Baik versi VTEC maupun i-DSI sama-sama irit BBM walaupun konsumsi keduanya untuk rute dalam kota sama saja, namun untuk rute luar kota i-DSI bisa jauh lebih irit dibanding VTEC.

Kelemahan Honda Jazz GD3 ini adalah tenaganya terasa kurang untuk varian i-DSI. Untuk kecepatan rendah mobil ini terasa sangat lincah, namun sayangnya untuk kecepatan tinggi terasa kurang stabil. Transmisi CVT mobil ini juga kurang tahan apalagi ketika awal mobil ini keluar, banyak yang salah mengganti oli maticnya dan mengakibatkan kerusakan parah pada transmisinya.

Spesifikasi Honda Jazz GD3 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Jazz GD3
Jenis Hatchback
Tipe GD3
Mesin L15A SOHC 8 valve 1500cc i-DSI
L15A SOHC 16 valve 1500cc VTEC
Bore X Stroke 73.0 × 89.4 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatic CVT dengan 7 speed steermatic
Wheelbase 2.450 mm
Panjang 3.830 mm
Lebar 1.693 mm
Tinggi 1.485 mm


Comments

  1. Untuk type iDSI thn 2005 manual,kira2 brp km bensin/ liternya

    ReplyDelete
    Replies
    1. rute dalam kota sama aja kayak jazz vtec. paling 1:12. kalau dipakai luar kota apalagi konstan 80/100kpj bisa 1:24 lebih.

      kondisi mesin, jalan, sama kualitas bensin pengaruh juga ya.

      Delete
  2. Bagus jazz idsi/vtec sama" thn 2005?
    Gan @charis alfan

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mnurut saya bagusan vtec.
      fitur lebih sip, bodi lebih keren mesin lebih enak, iritnya sama aja klo dalam kota...

      Delete
  3. Sorry om klo untuk oli mesin dan oli matic jazz 2005 yg recomended apa yaa om??

    ReplyDelete
  4. Sorry om klo untuk oli mesin dan oli matic jazz 2005 yg recomended apa yaa om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang recomended kata pabrikannya sih honda automobile oil (e-pro biru) spek 5w-30. tapi sebenarnya sih sesuaikan kantong saja selama speknya masih 5w-30.
      klo yg transmisi pake cvtf nya honda aja, atau eneos klo mau bagusan dikit.

      Delete
  5. Agan bos, oli mesin yg cocok untuk jazz idsi 2007 GD3 apa ?
    Dan oli transmisinya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja pake 5w-30 dan cvtf kayak jawaban diatas (ini matic kan?)

      Delete
  6. Iya matic gan, mantapzzz ...
    Gan klo indikator rem tangan ga nyala pas rem tangan dipake, itu kira2 knapa ya ?

    Jazz GD3 ada swicth rem tangannya ga ya ?
    Kira2 posisinya dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dari minyak dan kampas yang udah tipis sampai yg konyol saklarnya mati...

      kalau posisinya kurang tau, tapi barusan kata temen ada di dalam konsole tengah

      Delete
  7. Ikut nanya om,klo gd3 2006 manual itu ad g olie porsnelingnya...dan klo kita pake olie yg 20/50 it ngaruh g sma mesin...trimkasih om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dong, namanya MTF (Manual Transmission Fluid). spesifikasinya cek saja buku manual (saya lupa)... tapi kadang ada yang oli transmisinya diisi oli mesin 10/40
      kalau diisi oli 20/50 efeknya mesin kedengaran lebih halus tapi tarikan jadi lemot. kalau mobilnya tua banget kadang malah susah startnya.

      Delete
  8. Oli mesin penggantian di kilometer berapa gan, begitu juga untuk oli maticnya,, jazz idsi 2005,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesin 5000km, matic 10000km kuras tiap 20000km

      Delete
  9. Halo gan, ane beli jazz gd3 idsi tahun 2006 nih. Mau tanya spek oli yang sesuai, kalo dari kartu ganti oli sebelumnya pake helix 10w 40.
    Ane baca2 ada yg pake 10w 30,5w 30.

    Katanya pake yg 30 mesinnya jd berisik.
    Kudu pake yg mana sebnernya?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih mending yg 10w40 karena lebih ga berisik walaupun tarikan agak kurang, klo yg 10w30 tarikan enteng tp mesin berisik. Klo gw sih kasian mesin mending yg 10w40

      Delete
  10. Untuk ganti oli mesin jazz idsi matic 2003 hbis brapa liter ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak salah inget 3,5 dan 3,8 kalau ganti filter. Tapi lebih jelas ada di buku manual

      Delete
  11. Mau nanya untuk jazz gd3 VTEC 2007 cvt kapasitas oli nya brp ya? Dan di sarankan ganti oli aja apa sekalian di flush? Merk oli cvt nya apa kira-kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tergantung kalau mau keluar kota terus ganti oli 10w 40 tapi kl sering didalam kota 5w 30 karna lebih enak ngacir , tapi emang mesin rada panas tapi dikit ngefeknya karna oli jaman skr udah canggih kok , tapi kl mai keluar kota pun kl mau pake 5w 30 aman juga kok asal ga terlalu sering mesin panas dan jdi berisik kasian

      Delete
  12. Gen kalau honda jazz idzi metic 2005 pelumas yang perlu di ganti apa aja yach

    ReplyDelete

Post a Comment