Hyundai Accent / Bimantara Cakra X3

Hyundai Accent / Bimantara Cakra X3


Hyundai Accent adalah subcompact sedan yang dibuat oleh Hyundai untuk menggantikan Hyundai Excel di Korea Selatan yang masih berbasis Mitsubishi Mirage/Lancer pada tahun 1994. Di Korea Selatan mobil ini diberi nama Hyundai Verna sementara untuk versi Internasional diberi nama Hyundai Accent walaupun dibeberapa negara diberi nama lain untuk penyesuaian. Di Indonesia, mobil ini menjadi Bimantara Cakra yang menjadi proyek mobil nasional pada era 90an.


Mesin yang digunakan Hyundai Accent ini adalah Hyundai Alpha engine dengan kode G4EK. Mesin ini berkapasitas 1500cc SOHC 12 valve dengan penyuplai bahan bakar injeksi. Dengan konfigurasi seperti ini, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 92Hp pada 5500Rpm dan torsi 132Nm pada 4000Rpm. Memang tidak sebesar mesin-mesin mobil Jepang atau Eropa namun untuk mengangkat mobil seberat  975Kg tentunya tenaga sebesar itu sudah lebih dari cukup. Konon mesin ini mengambil blueprint dari Mitsubishi 4G15 yang dibeli Hyundai dan kemudian di rancang ulang agar sesuai dengan keinginan Hyundai. Karena itu part mesinnya ada banyak persamaan dengan mobil Mitsubishi.

Fitur mobil ini tergolong sangat lengkap untuk kelasnya. Power window, electric mirror, power door lock dan power steering sudah ada. Tombol power window untuk yang bukan bekas taksi ada di tengah depan tuas rem tangan sementara yang bekas taksi biasanya ada di doortrim (tempelan) namun tidak menutup kemungkinan ada juga yang tombol power windownya sama dengan yang bukan bekas taksi. Untuk kenyamanan penumpang, Hyundai Accent ini malah bisa dibilang yang ternyaman dikelasnya. Ini mungkin dikarenakan penggunaan independent MacPherson strut dan dual link independent di belakang dengan per spiral dan batang stabilizer anti-roll untuk bagian kaki-kakinya. Untuk kenyamanan pengemudi, stir depannya bisa diatur ketinggiannya karena sudah tilt steering.

Pada tahun 1996 untuk mensukseskan program mobil nasional, mobil ini dipilih oleh PT Citramobil Nasional untuk di rebrand menjadi Bimantara Cakra. Ciri khusus dari Bimantara Cakra selain emblem Bimantara dan Cakra adalah penggunaan lampu sein yang berwarna orange. Selain itu pada bagian bumpernya tidak terdapat foglamp. Setelah reformasi dan jatuhnya orde baru pada tahun 1998, nama Bimantara Cakra akhirnya kembali menjadi Hyundai Accent dengan masuknya ATPM Hyundai di Indonesia. Antara 1998 sampai 2001 inilah terdapat perbedaan kecil selain pada emblem untuk menandakan kalau mobil ini sudah tidak ada hubungannya dengan merk Bimantara. Versi Hyundai ini lampu sein sudah berwarna bening dan sudah dilengkapi dengan fog lamp.

Kelebihan Hyundai Accent adalah nyaman dan fiturnya lengkap. Walaupun ada yang bilang mobil ini mobil taksi, namun perlu diperhitungkan bahwasannya mobil taksi itu sudah teruji langsung dilapangan perihal ketangguhan sampai konsumsi BBM yang pastinya harus irit. Konsumsi BBM mobil ini bisa 1:14 dalam kota tanpa AC. Karena kental image taksi, sparepart mobil ini tergolong murah dan banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Juga berkat anggapan miring tentang mobil taksi, harga mobil ini juga tergolong murah antara 30 sampai 40 jutaan.

Kelemahan Hyundai Accent ini adalah mutu partnya yang kurang. Memang bisa diakali dengan part Mitsubishi yang jauh lebih baik namun tentunya harus dibayar lebih mahal. Walaupun irit dan lumayan bertenaga diputaran bawah, tenaga mesin mobil ini seperti hilang pada putaran atas. Walaupun tergolong nyaman, namun tentunya harga tidak bisa bohong. Kabin lumayan kecil dan power window belakang yang tidak ada tentu bisa menjadi pertimbangan sendiri kala ingin mengajak seluruh anggota keluarga berpergian.

Spesifikasi Hyundai Accent / Bimantara Cakra X3 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Hyundai Accent / Bimantara Cakra X3
Jenis Sedan
Tipe Accent X3
Mesin Hyundai Alpha G4EK SOHC 1500cc
Bore X Stroke 75.5 X 83.5 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi ECFI (Bimantara Cakra)
Injeksi MPI (Hyundai Accent)
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.400 mm
Panjang 4.117 mm
Lebar 1.620 mm
Tinggi 1.395 mm

1 Response to "Hyundai Accent / Bimantara Cakra X3"

  1. Modelnya kayak lebih enak dilihat daripada avega

    ReplyDelete