Suzuki Smash 110 FD110XC & FK110

Suzuki Smash SR FD110XC

Suzuki Smash adalah motor bebek low end yang pada awalnya dirancang agar dapat menekan harga jual dan bersaing dengan motor asal China yang berharga sangat murah dan lumayan laris saat itu. Model pertama dari Suzuki Smash diberi kode rangka FD sementara versi pembaruannya yang muncul tahun 2006 diberi kode FK. Generasi Suzuki Smash ini digantikan oleh Suzuki Titan yang muncul pada tahun 2010.


Mesin yang digunakan adalah mesin 4 tak SOHC 110cc yang berasal dari Suzuki Shogun 110. Walaupun berasal dari Suzuki Shogun, namun mesin Suzuki Smash ini terdapat perbedaan dengan mesin Suzuki Shogun. Pada bagian sirkulasi oli misalnya, pada Suzuki Smash terdapat saringan oli tipe catridge yang tidak ada pada Shogun. Transmisi yang digunakan pada motor ini adalah semi otomatis 4 percepatan yang sama dengan Shogun. Hanya saja rasio transmisi Suzuki Smash lebih rapat dibanding Shogun sehingga untuk akselerasinya lebih unggul Smash. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan adalah 7,6Hp pada 7000Rpm dan torsi 7Nm pada 5500Rpm. Untuk Suzuki New Smash tenaga yang dihasilkan meningkat drastis menjadi 9,7Hp pada 9000Rpm dan torsi 10Nm pada 7000Rpm berkat penyempurnaan mesinnya.

Awalnya Suzuki Smash hadir dengan velg jari dan masih menggunakan rem teromol. Untuk pilihan warnanya hanya single tone dan yang paling populer saat itu adalah warna biru. Pada awal 2003 muncul varian Suzuki Smash dengan rem cakram di depan. Suzuki Smash dengan cakram ini dijual dengan nama Suzuki Smash R untuk membedakan dengan versi sebelumnya yang masih teromol. Untuk warna, selain warna single tone juga tersedia pilihan warna two tone yang lebih atraktif. Memasuki tahun 2004, Suzuki mengeluarkan varian paling sporty dari Suzuki Smash yang dijual dengan nama Suzuki Smash SR. SR sendiri menurut Suzuki merupakan singkatan dari Street Runner dan tipe SR ini merupakan tipe termahal sekaligus yang paling sporty dari generasi Suzuki Smash. Perbedaannya dengan tipe sebelumnya adalah adanya velg racing palang 5 dan stripping yang jauh lebih sporty serta pilihan warna yang sangat menarik. Bagian disc brake mendapat aksen warna merah sementara shock belakang berwarna kuning. Knalpot yang dipakai juga berbeda yang bentuknya mirip dengan yang dipakai Suzuki Smash baru yang muncul tahun 2006.

Suzuki Smash Revo FK110

Menanggapi keluhan-keluhan yang dirasakan konsumen akan Suzuki Smash, Suzuki akhirnya mengeluarkan versi penyempurnaan dari Suzuki Smash yang dijual dengan nama New Suzuki Smash atau Suzuki Smash Revo pada tahun 2006. Dengan body yang benar-benar baru termasuk peletakan lampu sein yang kini berpindah di sayap samping mengikuti trend saat itu. Semua tipe dan kelengkapannya sama dengan Suzuki Smash sebelumnya baik tipe R maupun SR. Ada penambahan beberapa fitur seperti secure key shuter, bagasi dan lain sebagainya. Karena merupakan perbaikan total dari generasi sebelumnya, New Smash ini jauh lebih sempurna dibanding pendahulunya yang dikeluhkan kualitasnya. Bahkan untuk pembuktian kualitasnya, Suzuki pernah menguji motor ini selama 50 jam mengelilingi sirkuit tanpa mematikan mesin. Untuk mengatasi getaran berlebih, digunakan rangka model double cradle yang membuat motor makin stabil dan area bagasi menjadi lebih luas. Pada tahun 2007 bersama dengan Suzuki Skywave, Shogun 125, dan Spin 125, Suzuki Smash mendapat disi spesial dengan warna body yang seluruhnya berwarna hitam dan warna shockbreaker merah yang diberi nama Suzuki Smash NR atau Night Rider. Pada tahun 2008 dikeluarkan lagi pembaruan dari Night Rider dengan warna gelap yang diberi nama Night Rider II.

Kelebihan Suzuki Smash adalah sesuai dengan slogan "Si Gesit Irit". Gesit dan irit disini maksudnya adalah tarikannya yang spontan dan akselerasinya yang bagus berkat rasio transmisinya yang rapat. Dengan rangka yang lebih pendek dan ringan dibanding Shogun membuat motor yang iklannya dibintangi oleh Basuki Srimulat ini lincah dijalanan. Didesain sebagai motor entry level membuat konsumsi BBM motor ini sangat irit bahkan bisa mencapai 1:50. Selain itu, karena harga bekasnya hancur membuat motor ini pas untuk dimiliki dengan budged yang minim.

Kelemahan Suzuki Smash terutama untuk generasi awal adalah kualitasnya yang sangat berbeda dengan motor Suzuki yang terkenal awet dan tahan lama. Bodynya terasa sangat tipis dan ringkih terutama bagian belakangnya sehingga lampu belakang sangat sering terlepas karena dudukannya yang patah. Getaran mesin motor ini juga sangat terasa disamping suaranya yang berisik. Bagian joknya memang tidak sekeras motor dengan fitur helm in, namun tetap saja kulit joknya sangat licin sehingga membuat kurang nyaman. Selain itu, kopling dan gigi transmisinya juga sering selip disamping sering miss shift. Pada Suzuki Smash Revo yang baru memang semua kelemahan diatas sudah diatasi kecuali miss shift yang masih sering muncul. Sayangnya karena image buruk akan Suzuki Smash inilah yang membuat penjualan motor Suzuki di Indonesia menurun drastis. Saat itu bahkan konsumen loyal Suzuki yang kecewa akan kualitas Smash berpindah membeli Yamaha Jupiter yang akhirnya populer beberapa tahun kemudian.

Spesifikasi Suzuki Smash 110 FD110XC & FK110 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Smash 110 FD110XC & FK110
Jenis Cub
Tipe FD110XC
FK110
Mesin 4 tak SOHC 108cc
Bore X Stroke 53.5 X 48.8 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual semi otomatis 4 Speed
Wheelbase 1.333 mm
Panjang 1.932 mm (FD110XC)
1.915 mm (FK110)
Lebar 650 mm (FD110XC)
655 mm (FK110)
Tinggi 1.062 mm (FD110XC)
1.050 mm (FK110)

0 Response to "Suzuki Smash 110 FD110XC & FK110"

Post a Comment