Holden HQ/HJ/HX/HZ Kingswood, Premier, Statesman

Holden Premier

Selain mobil Eropa, ada merk lain yang menguasai pasar sedan mewah di Indonesia pada era 70an. Merk ini tidak lain adalah Holden. Andalan Holden di pasar mobil mewah pada waktu itu adalah Holden HQ, HJ dkk yang lebih dikenal dengan nama Holden Kingswood. Sistem penamaan mobil Holden ini agak rancu di benak masyarakat Indonesia. Nama HQ, HJ, HX dll merupakan nama generasi sementara Kinswood, Premier dan Statesmen merupakan nama trim atau tipe. Kini Holden mewah era 70an ini lebih dikenal dengan sebutan Australian Muscle Car karena bentuknya yang lebar dan mesin yang besar walau masih 6 silinder dan bukannya V8 seperti muscle car asli di Amerika.


Beda Holden Premier dan Kingswood adalah trim kelengkapan dimana Holden Premier ditujukan untuk pasar sedan mewah sedang Holden Kingswood berada pada level dibawahnya. Jadi, dalam kondisi standarnya kelengkapan aksesoris yang diusung keduanya jelas berbeda. Holden Premier lebih banyak namun tetap dibawah Holden Statesmen. Pada bagian eksteriornya, Holden Premier memiliki 4 lampu bulat didepan sedang Kingswood hanya sepasang lampu bulat didepan. Bentuk grill Premier juga terlihat lebih mewah dibanding Kingswood. Selain itu, pada Holden Premier terdapat lapisan kulit pada atapnya sedangkan Kingswood tidak. Sekitar era 70an dulu, Holden Kingswood ini pernah dipakai untuk armada taksi 4848 di Bandung.

Holden Statesman sendiri merupakan varian top of the line dimana semua fiturnya lengkap dan aksesoris yang lebih mewah. Bentuk Holden Statesman lebih berbeda dibandingkan Holden Kingswood dan Holden Premier dimana Holden Statesman lebih mengkotak dengan bagasi yang kurang miring. Selain bentuknya yang agak berbeda, wheelbase Holden Statesmen lebih panjang karena Holden Statesmen awalnya mengambil basis dari Holden kingswood station wagon. Karena wheelbase yang sedikit lebih panjang ini mengakibatkan ruang penumpang Holden Statesmen lebih besar dibanding Holden Kingswood dan Premier.

Mobil ini memakai mesin Holden inline 6 atau yang lebih dikenal dengan nama Holden Red engine. Holden Statesmen dan Premier memakai mesin 3300cc atau 202ci (cubic inch) dengan valvetrain OHV. Untuk transmisinya digunakan transmisi 4 percepatan dengan perseneling model tongkat. Selain transmisi manual, ada juga transmisi otomatis 3 percepatan yang diberi nama Trimatic yang hanya ada pada Holden Statesman. Berbeda dengan Holden Kingswood, mobil ini memakai mesin 2850cc atau 173ci yang juga masih OHV. Transmisi yang digunakan pada Holden Kingswood ini adalah manual 3 percepatan column shift atau yang biasa dikenal masyarakat Indonesia sebagai perseneling tangan. Untuk pasokan bahan bakarnya, kedua mesin ini masih mengandalkan karburator.

Holden Kingswood ini menggantikan Holden Special FK pada tahun 1968. Saat itu Holden Kingswood yang diperkenalkan adalah Holden HK berlanjut ke Holden HT lalu terakhir Holden HG. Pada tahun 1971 diperkenalkan Holden HQ yang sudah berubah total dibanding Holden Kingswood sebelumnya. Holden HQ ini merupakan Holden paling populer dan paling banyak populasinya.

Pada tahun 1974 muncul Holden HJ yang merupakan facelift dari Holden HQ. Perbedaanya dengan Holden HQ pada bagian eksterior adalah grill depan yang berubah dan bumper yang lebih besar. Pada bagian belakang, lampu belakang berubah dari yang sebelumnya terletak di bumper belakang sekarang menempel di bodi utama. Pada generasi HJ ini, Mazda memperkenalkan Mazda Roadpacer yang merupakan Holden HJ dengan mesin rotary dan berbagai aksesori mewah dari Mazda. Pada tahun 1976 dikenalkan generasi HX dimana terdapat perbedaan grill dan badge. Pada tahun 1977 dikenalkan generasi HZ yang merupakan generasi terakhir sampai akhirnya produksinya berakhir sampai tahun 1979.

Kini Holden ini sudah menjadi barang hobi. Karenanya tidak heran kalau harganya bisa sangat tidak masuk akal. Holden Kingswood kondisi standar cenderung tidak layak jalan saja bisa menyentuh angka 40 sampai 50 juta apalagi untuk model jarang seperti station wagon misalnya. Sparepartnya sudah mulai jarang bahkan di Australia sendiri termasuk junk yardnya. Konsumsi bensin mobil ini terbilang sangat boros. Namun dengan semua kekurangannya, tentunya memiliki sebuah Holden akan membuat pemiliknya memiliki prestige dan kebanggaan tersendiri.

Spesifikasi Holden Kingswood ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Kingswood
Jenis Sedan
Tipe HQ, HJ, HX, HZ
Mesin Inline 6 Red OHV 2800cc
Inline 6 Red OHV 3300cc
Bore X Stroke 88.9 X 76.2 mm (173 ci)
92.1 X 82.6 mm (202 ci)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Manual 3 Speed
Otomatis 3 Speed
Wheelbase 2.800 mm
Panjang 4.760 mm
Lebar 1.880 mm
Tinggi 1.370 mm

2 Responses to "Holden HQ/HJ/HX/HZ Kingswood, Premier, Statesman"

  1. Kalo Torana masuk kategori mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibawahnya lagi...
      kalo kingswood dkk diibaratkan inova, torana kayak avanza

      Delete