Honda TN360, TN-III, TN-V dan TN7

Honda TN360 Pick up

Jaman sekarang, orang Indonesia mendengar nama mobil Honda pasti yang terbayangkan adalah mobil sedan/hatchback yang lincah dan lumayan kencang. Tapi tahukah anda kalau dekade 70an, Honda Indonesia pernah memasarkan mobil pikap cab over sekelas Daihatsu Hijet dan Suzuki Truntung dengan nama Honda TN. Di Jepang sana, mobil ini diciptakan untuk menggantikan Honda T360 yang menjadi mobil pertama buatan Honda.


Masih berkaitan dengan Honda TN series, di Bandung pada era 70an dulu orang menyebut angkot dengan sebutan Honda. Berbeda dengan masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menyebut Honda untuk mendeskripsikan sebuah sepeda motor. Ini dikarenakan pada jaman dulu, angkot atau angkutan kota hanya berupa mobil bak terbuka yang diberi penutup dan diberi bangku sebagai tempat duduk. Salah satu mobil bak terbuka yang dijakikan angkutan umum dan paling populer di Bandung pada waktu itu adalah Honda TN baik TN 360, TN-III, TN-V sampai TN7. Selain Honda TN juga sebetulnya ada mobil lain seperti Daihatsu Hijet, Subaru Sambar sampai Suzuki ST-20 alias truntung. Namun mungkin karena Honda TN yang paling banyak digunakan untuk angkutan umum, jadilah Honda dipakai untuk mendeskripsikan kendaraan umum seperti angkot terutama di daerah Bandung Selatan.







Walaupun bentuknya berupa mobil pikap kecil dengan desain culun khas era 70an, namun ternyata mobil ini sudah menggunakan teknologi canggih untuk mesinnya. Teknologi canggih disini bukan berupa electronic engine management atau sebangsanya, namun sebuah mesin 2 silinder SOHC 4 valve dengan penyuplai bahan bakar karburator. Memang terdengar kuno saat ini, namun jika melihat para pesaingnya yang saat itu masih memakai mesin 2 tak tentunya mobil ini menjadi selangkah lebih maju dalam permesinannya. Meski terlihat canggih, namun ternyata teknologi yang dipakai Honda TN ini sedikit mengalami kemunduran dibandingkan Honda T360 yang sudah DOHC 8 Valve. Sebetulnya mesin yang dipakai Honda T360 dan TN series ini mengambil langsung dari mesin sepeda motor Honda CB450 yang diperkecil agar sesuai dengan regulasi kei car pada saat itu. Uniknya lagi, letak mesinnya tidak berada di bawah jok pengemudi seperti mobil lain pada umumnya, melainkan dibawah bak belakang dekat gardan belakang.

Seperti pada judul, Honda TN ini terdapat beberapa generasi sejak diperkenalkan di Jepang pada tahun 1967 dan masuk ke Indonesia pada dekade 70an. Pertama kali keluar bentuknya menyerupai foto diatas lengkap dengan logo Honda yang besar pada bagian depannya. Pada tahun 1970, muncul TN-III yang sepintas terlihat mirip dengan TN360. Perbedaanya ada pada grill depan yang kini terlihat menyatu dengan lampu utama dengan warna chrome, bumper chrome, dan spion yang sedikit lebih besar. Model ini bertahan sampai tahun 1972.

Memasuki tahun 1972, Honda melakukan perubahan pada Honda TN terutama pada bagian depannya. Logo H besar yang ada pada bagian depan dihilangkan dan diganti dengan emblem tulisan Honda yang berlapis chrome. Pada bagian lampu utama masih tetap berbentuk bulat, namun kali ini terdapat 4 buah lampu utama yang pada tiap sisinya ditumpuk. Pada bagian mesinnya terdapat perubahan rasio kompresi agar memenuhi standar emisi Jepang saat itu. Model ini dinamakan Honda TN-V. Pada tahun 1975 muncul Honda TN7 yang merupakan varian terakhir dari Honda TN sebelum digantikan oleh Honda Acty karena regulasi kei car yang berubah pada 1 Januari 1976. Perbedaan dengan TN-V sepintas tidak ada karena TN7 ini hanya melengkapi kekurangannya dalam standar emisi dan keselamatan Jepang. Paling ketara ada pada penggunaan sabuk pengaman penumpang yang sebelumnya tidak ada pada mobil ini.

Honda TN ini selain tersedia dalam versi pikap juga tersedia dalam bentuk minibus yang dibuat oleh perusahaan karoseri lokal. Kini nasibnya sama seperti rivalnya saat itu seperti Subaru Sambar dan Hijet S38 yang sudah menghilang dari jalanan Indonesia. Selepas Honda TN ini juga Honda di Indonesia tidak memiliki mobil pikap sampai sekarang dan mobil lebih dari 5 penumpang sampai tahun 2002 ketika Honda Stream dan Odyssey dikeluarkan.

Spesifikasi Honda TN Series ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda TN series
Jenis Pick up
Tipe TN
Mesin SOHC 8 valve 354cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

0 Response to "Honda TN360, TN-III, TN-V dan TN7"

Post a Comment