Ford Laser KC/KE

Ford Laser Sedan

Ford Laser adalah versi kembar dari Mazda Familia / 323 dari tahun 1980 dan seterusnya. Mobil ini adalah salah satu hasil akuisisi saham Mazda oleh Ford. Ford telah mengakuisisi 25% saham di Mazda pada tahun 1979. Karenanya tidak heran kalau model maupun sparepart bisa dibilang mirip karena Ford laser bisa dibilang versi rebadge dari sedan 323 Mazda. Generasi kedua dari Ford Laser memiliki kode bodi KC dan KE serta dijual antara tahun 1985 sampai 1989. Di Indonesia, mobil ini masih dijual sampai tahun 1997 walau yang dijual hanya khusus untuk armada taksi.


Generasi kedua dari Ford Laser ini masuk ke Indonesia dengan 3 pilihan bodi. Yang paling populer dan banyak berkeliaran adalah sedan 4 pintu yang juga dibuat versi taksinya. Versi sedan ini dijual dalam 2 tipe, yaitu GL dan Ghia. Selain versi sedan, ada juga versi hatchback 5 pintunya yang juga terbagi atas tipe GL dan Ghia. Bila bentuk versi sedannya terlihat sangat kotak yang mengisyaratkan kesan maskulin, versi hatchback ini malah terlihat lebih manis karena hampir seluruh bagiannya terlihat membulat khas era 90an. Selain versi hatchback 5 pintu, Ford Indonesia juga menghadirkan varian top of line Ford Laser yaitu Ford Laser TX3. Ford Laser TX3 ini memiliki bentuk hatchback sporty dengan 3 pintu dan kapasitas mesin yang lebih besar.

Lebih lanjut tentang Ford Laser TX3

Pertama kali masuk ke Indonesia, Ford Laser sedan dengan kode KC memiliki model yang lumayan membulat walau kesan kotaknya masih terasa kental. Pada grill depannya memakai model vertikal dengan 2 palang dibagian tengahnya. Bagian lampu seinnya terlihat mengarah naik. Untuk bagian belakangnya bisa dikenali dari lampu belakang polos dan terdapat semacam pembatas antara stoplamp bawah dan atas. Sekitar 1986 muncul faceliftnya dengan kode KE yang untuk versi sedannya memakai grill polos dengan sebuah lubang sirkulasi dan lampu sein depan yang terlihat mengarah kebawah. Pada bagian belakangnya, list pembatas pada lampu belakangnya sudah tidak ada. Sebagai gantinya, lampu belakangnya kini memiliki bentuk 3 garis horizontal yang menjorok kedalam dibagian tengahnya. Model terakhir ini nantinya terus digunakan sampai tahun 1997 sebagai mobil taksi.

Ford Laser Hatchback

Ford Laser KC dan KE ini memiliki 2 pilihan mesin tergantung tipenya. Tipe GL memakai mesin Mazda E3 berkapasitas 1300cc SOHC 8 valve dengan pengabut bahan bakar karburator. Tipe Ghia sendiri memakai mesin Mazda E5 berkapasitas 1500cc yang juga SOHC 8 valve dengan pengabut bahan bakar karburator. Untuk menyalurkan tenaga ke roda depan, digunakan transmisi manual 5 percepatan. Mesin dengan timing chain untuk menghubungkan bagian atas dan bawah mesinnya ini sama persis seperti yang dipasang di Mazda 323 XGS, Trendy dan Elite.

Perbedaan antara tipe GL dan Ghia hanya ada pada kelengkapan aksesorinya. Tipe GL ini merupakan tipe termurah dengan fitur yang paling minim dibanding Ford Laser Ghia dan TX3. Untuk membuka jendela misalnya, tipe GL masih mengandalkan engkol. Karena fiturnya yang sederhana inilah tipe GL yang sering digunakan untuk armada taksi. Tipe Ghia lebih lengkap dibanding tipe GL dengan hadirnya piranti elektronik seperti power window, electric mirror dan wiper belakang. Pada tahun 1988, Ford akhirnya menambahkan power steering untuk lineup Ford Laser Ghianya.

Kelebihan Ford Laser ini adalah lumayan irit dan bandel. Sparepartnya sendiri tidak terlalu sulit karena selain mayoritas mobil taksi seperti Ford Laser ini onderdilnya banyak bertebaran di toko-toko onderdil, part mesin dan kaki-kakinya bisa diganti atau disubtitusi dengan part dari Mazda 323 Elite, Trendy sampai Timor.  Kelemahannya biasanya ada dibagian kaki depan. Selain itu karena modelnya yang kotak dan kental image taksi, harga mobil ini menjadi jatuh. Kadang harga sebuah motor bebek low end bisa lebih murah daripada mobil ini.

Spesifikasi Ford Laser KC/KE ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Laser KC/KE
Jenis Sedan, Hatchback
Tipe KC, KE
Mesin E3 SOHC 1296cc
E5 SOHC 1490cc
Bore X Stroke 77.0 X 69.6 mm (E3)
77.0 X 80.0 mm (E5)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.400 mm
Panjang 4.110 mm (Hatchback)
4.310 mm (Sedan)
Lebar 1.645 mm
Tinggi 1.390 mm

5 Responses to "Ford Laser KC/KE"

  1. Wah ini paling bnyk di bursa mobil <20 jutaan..kadang dibawah 10jt juga ada..

    ReplyDelete
  2. Wah ini paling bnyk di bursa mobil <20 jutaan..kadang dibawah 10jt juga ada..

    ReplyDelete
  3. dibanding sedan kotak semacam accord th 82-85, corolla gl gimana ya akselerasi, handling?
    penasaran bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. ford laser buat saya rasanya seperti naek taksi. biasa saja. akselerasi lumayan buat sruntulan dijalan karna plat bodinya untuk versi taksi dibuat 0,8mm sementara non taksi 1,2mm yang berarti ver taksi lebih ringan. kalau ngebut rasanya kayak mau terbang. accord rasanya aksel berat tapi kalau jalan nggak nyadar tau2 udah 100kpj aja. handling nggak terlalu lincah dijalan sempit karna bodinya besar. kalau coro gl mesin 2a terasa kurang larinya. handling mirip2 sedan kecil macam laser cuma lebih anteb (b.indonya apaan ya?). klo saya pribadi lebih suka sedan kotak yg penggerak roda belakang macam DX, charmant, SL dkk.

      Delete