Holden JB Camira

Holden JB Camira

Holden JB Camira merupakan mid size sedan yang diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1982. Di Australia sana, mobil ini dibuat untuk mengantikan Holden Torana yang dirasa sudah terlalu tertinggal teknologinya dibanding para kompetitornya. Walau dibuat sebagai pengganti Holden Torana, namun jarak antara discontinue Holden Torana dengan awal produksi Holden Camira ini berjarak 2 tahun. Dalam bahasa suku Aborigin, kata Camira berarti angin.


Mobil ini memakai platform GM J platform. Ini berarti mobil ini saling berbagi platform dengan mobil General Motor lain seperti Isuzu Azka di Jepang, Opel Ascona di Eropa Daratan, Vauxhall Cavalier di Inggris, Chevrolet Cavalier di Amerika serikat dan Chevrolet Monza di Brazil. Secara bentuk, Holden JB ini sudah jauh meningggalkan kesan Torana yang terlihat klasik dengan desain serba kotak ala era 80an. Diluar sana, Holden Camira juga dijual dalam bentuk station wagon 5 pintu. Untuk pasar Indonesia, sepertinya hanya varian sedan 4 pintu saja yang hadir.

Holden hanya memberikan 1 pilihan mesin untuk mobil ini. Mesin yang dipakai adalah GM Family II 4 silinder buatan Opel dengan kode 16LF berkapasitas 1600cc. Mobil ini diiklankan memakai teknologi Camtech yang hanya merupakan gimmick marketing karena mesin 16LF ini masih memakai teknologi SOHC 8 valve dengan 2 valve per silindernya. Untuk suplai bahan bakar ke mesin, digunakan sebuah karburator. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mesin ini adalah 86Hp pada 5800Rpm dan torsi 125Nm pada 3800Rpm. Untuk menggerakkan roda depannya, Holden membekali mobil ini dengan transmisi manual 5 atau 4 percepatan.

Di Indonesia, ada beberapa tipe Holden JB yang masuk. Tiap tipenya memiliki kelengkapan fitur yang berbeda-beda. Tipe paling bawah adalah Holden Camira SL. Fitur tipe SL yang menjadi entry level ini tidak dibekali dengan power steering dan AC. Tipe menengah ada SL/X yang sebetulnya hanya tipe SL dengan tambahan aksesoris visual seperti list chrome. Tipe tertingginya adalah SL/E dimana pada tipe ini sudah mempunyai instrument cluster lengkap dan aksesoris visual yang jauh lebih lengkap dibanding tipe SL/X. Pada tipe ini fitur AC hanya sebatas opsional saja. Power window pada semua varian Holden Camira tidak ada seperti halnya di Australia.

Sebagai pengganti Holden Torana atau Sunbird yang memang memiliki penggemar tersendiri di Australia, penjualan mobil ini pada awalnya tebilang bagus walau sudah jauh berbeda dibanding dengan Holden Torana. Sayangnya, sampai generasi terakhir Holden Camira pada tahun 1989 di Australia sendiri penjualannya terus merosot turun. Ini bukan dikarenakan rasa Holden Torananya yang berubah, melainkan karena Holden Camira ini terkenal bermasalah dan tidak reliable di sana. Model awal Holden Camira sering dikeluhkan masalah kontrol kualitasnya seperti mesin yang berasap, kebocoran di sekitar pintu, kualitas cat yang buruk dan kurangnya sistem pendinginan yang memadai. Salah satu penyakit mobil ini yang populer di Australia sana adalah overheating pada Holden Camira yang dilengkapi dengan AC. Karena banyaknya permasalahan dan keluhan, Holden di Selandia Baru bahkan langsung mengganti Holden Camira dengan Isuzu Azka yang dijual dengan nama Holden Camira.

Mobil ini hanya berumur singkat, yaitu dari 1982 sampai 1984 saja di Australia. Di Indonesia, tak banyak yang mengetahui tentang mobil ini karena penjualannya yang pada waktu itu sudah jauh tertinggal dibanding merk asal Jepang. Padahal khusus untuk pasar Indonesia, mobil ini masih dijual sampai tahun 1987. Di Jawa Timur, mobil ini pernah mengalami skandal perpajakan dimana Indauda selaku ATPM Holden di Jawa Timur mengimpor 300 unit Holden Camira sekara CKD namun dalam surat ijinnya hanya tertulis 150 unit. 150 unit sisanya masuk ke Indonesia dengan ijin sebagai perangkat AC. Selain itu, karena modelnya yang sudah terlalu modern membuat hanya sedikit penggemar Holden di Indonesia yang memburu mobil in untuk kemudian direstorasi yang mengakibatkan semakin langkanya mobil ini.

Spesifikasi Holden JB Camira ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden JB Camira
Jenis Sedan
Tipe JB
Mesin 16LF SOHC 1598cc
Bore X Stroke 80.0 X 79.5 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Manual 5 Speed
Wheelbase 2.577 mm
Panjang 4.377 mm
Lebar 1.668 mm
Tinggi 1.363 mm

0 Response to "Holden JB Camira"

Post a Comment