Honda Civic Estilo SR3 / EG6

Honda Civic Estilo SR4

Honda Civic Estilo adalah versi hatchback dari Honda Civic Genio. Nama Genio sendiri dapat berarti genius seperti penggambaran Honda Civic Genio sementara Estilo dapat berarti stylish seperti penggambaran Honda Estilo. Mobil ini sanagat terkenal diajang motorsport mulai dari touge, drag racing, sampai touring car championship. Namun untuk di Indonesia, sepertinya mobil ini lebih terkenal akan kesan sporty dan harga jualnya yang sangat mahal untuk mobil Jepang tahun 90an.


Di Indonesia, mobil ini memiliki kode bodi SR3 sementara versi sedan 4 pintunya SR4. Walaupun begitu, kode mobil ini masih sering disalah artikan dengan kode EG6. Padahal untuk versi JDM, USDM dan EDM sendiri EG6 merujuk pada Civic generasi kelima dengan model hatchback 3 pintu dengan mesin Honda B16 DOHC VTEC. Untuk pasar Indonesia sendiri masih memakai mesin D16 SOHC tanpa VTEC. Di Jepang sendiri Honda Civic Genio atau versi sedan diberi nama Honda Civic Ferio sementara Honda Civic Estilo yang berbentuk hatchback diberi nama Honda Civic 3 door. Nama Genio dan Estilo sendiri sepertinya hanya ada untuk pasar Indonesia.


Seperti yang dijelaskan diatas, mesin Honda Civic Estilo versi Indonesia memakai mesin D16B2 SOHC 16 valve tanpa teknologi katup variabel khas Honda yang bernama VTEC. Mesin ini sama dengan yang terpasang pada Honda Genio. Untuk pengabut bahan bakar sudah memakai sistem injeksi PGM-Fi khas Honda. Tenaga maksimum yang diklaim Honda untuk mobil ini adalah 120Hp pada 6300Rpm dan torsi sebesar 140Nm pada 5500Rpm. Dengan berat kosong sebesar 970Kg, rasanya tenaga sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk ukuran mobil sporty era 90an. Untuk pilihan transmisinya, Honda Civic Estilo hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan.

Bentuk eksterior Honda Civic Estilo ini sangat kental nuansa sporty. Dari bagian depannya hampir tidak ada perbedaan dengan Honda Civic Genio. Perbedaan terbesarnya terletak pada lubang angin di bumper Genio yang memanjang sementara Estilo terbagi menjadi 3. Perbedaan paling menonjol lainnya tentu ada dibagian pintu dan bagian belakangnya. Yang unik dibagian belakangnya adalah mekanisme buka tutup pintunya yang antara pintu dengan jendelanya bisa dibuka secara terpisah tidak seperti Honda Civic Nouva yang antara pintu dan jendelana menjadi satu. Dibagian interiornya, Honda Civic Estilo ini sudah menganut jok depan yang lebih sporty dibandingkan Honda Civic Genio dengan lumbar support.

Pertama kali muncul pada tahun 1992 dengan ciri berupa lampu sein depan oranye penuh, lampu samping didekat fender, velg original dengan 5 palang dan masih menggunakan radiator 1 ply. Pada tahun 1994 muncul facelift dengan perbedaan berupa foglamp, lampu senja, tidak ada lampu samping dan sudah memakai radiator 2 ply. Fitur yang tersedia pada mobil ini sudah lumayan lengkap. Power steering, power window, central lock dan electric mirror sudah ada. Untuk fasilitas hiburan sudah tersedia sebuah radio/tape kaset. Fitur keselamatannya tergolong bagus dengan adanya sabuk pengaman di jok belakang dan rem belakang yang sudah memakai cakram walau belum ventilated disk.

Harga jual mobil ini pada waktu barunya lebih murah dibandingkan dengan versi sedannya. Kalau tidak salah pada waktu itu harga Civic Genio 68 juta rupiah sementara Civic Estilo 61 juta rupiah. Namun karena pada waktu itu orang Indonesia tidak terlalu menyukai hatchback, jadilah versi hatchback terlebih untuk hatchback berpintu minim seperti Honda Civic Estilo ini tidak banyak beredar. Kini dengan hadirnya era keterbukaan informasi dan pengaruh dunia motorsport sampai kultur otomotif di dunia, Honda Civic Estilo ini malah jauh lebih dicari dibandingkan Honda Civic Genio. Karenanya tidak heran kalau sebuah Honda Estilo yang sudah berumur lebih dari 20 tahun harganya bisa mencapai 100 juta lebih. Berbeda jauh dengan versi sedan 4 pintunya yang hanya berkisar 50an juta saja.

Kelebihan Honda Civic Estilo adalah kesan sporty dan model bodi yang tak lekang dimakan waktu. Handling mobil ini sangat baik berkat disokong suspensi double wishbone independen depan belakang serta stabilizer. Tenaga mesin yang walau belum segahar DOHC VTEC mesin B series, namun mesin Honda D16 ini sudah lumayan kencang kala dipasang ke Estilo yang beratnya ringan. Walau mobilnya jarang, namun part mesin dan kakinya lumayan banyak karena masih sama dengan Honda Genio. Bagi yang kurang puas dengan performa standar, part racing untuk mobil ini sangat banyak tersedia. Untuk melakukan engine swap juga banyak bengkel dan referensi yang tersedia untuk memasangkan mesin legendaris Honda seperti ZC sampai B series.

Kelemahan Honda Civic Estilo adalah kualitas interior yang terasa kurang seperti Honda masa kini. Parahnya lagi, console box dan tempat penyimpanan barang lainnya seperti cup holder tidak tersedia. Walaupun kabinnya jauh lebih lega dibanding hatchback lain dimasanya, namun karena pintunya yang hanya berjumlah 3 membuat penumpang belakang agak kesulitan untuk akses keluar masuk. Jumlahnya yang langka sementara peminatnya banyak membuat mobil ini terasa sangat mahal untuk ukuran mobil Jepang era 90an. Terakhir, akan sangat sulit menemukan mobil ini dengan tampilan standar. Sekedar Honda Civic Estilo dengan masih ban dan velg standar yang berukuran 185/60 R14 terpasang dengan baik saja sudah sangat susah.

Spesifikasi Honda Civic Estilo SR3 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic Estilo SR3
Jenis Hatchback
Tipe SR3
Mesin D16B2 SOHC 1590cc
Bore X Stroke 75.0 X 90.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi PGM-Fi
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.570 mm
Panjang 4.070 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.350 mm

1 Response to "Honda Civic Estilo SR3 / EG6"

  1. Honda Civic memang memiliki penampilan yang menarik, dari waktu ke waktu penampilannya semakin modis dan gaya.
    Mobilterbaru1234

    ReplyDelete