Honda NSR 150 series

Honda NSR 150R

Di Indonesia, sepeda motor Honda selalu dikenal sebagai motor 4 tak yang irit bahan bakar dan mudah perawatannya. Namun pada tahun 1994, Honda pernah mengeluarkan motor yang tidak biasa. Jika biasanya semua motor Honda yang hadir disini memakai mesin 4 langkah, namun waktu itu Federal Motor selaku ATPM motor Honda justru menghadirkan sport bike 150cc bermesin 2 langkah dengan teknologi yang terlalu canggih pada waktu itu. Sport bike tersebut diberi nama Honda NSR 150R dan diimpor langsung dari Thailand.


Ada beberapa varian Honda NSR dengan mesin 150cc yang masuk ke Indonesia. Secara umum mesin yang digunakan sama, yaitu mesin 1 silinder 2 langkah dengan pendingin udara serta power valve system yang diberi nama Honda RC Valve. Untuk transmisi daya mesin ke ban digunakan gearbox manual 6 percepatan. Tenaga yang dihasilkan berbeda tiap variannya karena menyesuaikan karakter motor keseluruhan dan mesinnya itu sendiri. Tenaga paling kecil diraih oleh NSR 150R dengan 31Hp pada 10500Rpm dan torsi 27Nm pada 10000Rpm. Paling besar, diraih oleh NSR 150SP dengan 39,5Hp pada 10500Rpm dan torsi 27Nm pada 10000Rpm.

Pertama kali muncul pada pertengahan tahun 1994, motor ini langsung menarik perhatian biker Indonesia karena belum pernah sebelumnya Honda menjual motor 2 tak di Indonesia. Motor ini didatangkan langsung dari Thailand dan menjadi sepeda motor dengan harga termahal pada lineup Honda saat itu. Pada waktu itu, Honda Tiger yang sudah dirasa mahal dengan harga 6 juta rupiah ternyata belum seberapa dibandingkan Honda NSR 150R yang dijual 9 juta rupiah. Harga NSR 150R bisa mahal karena motor ini masuk secara CBU yang otomatis langsung dikenakan bea masuk sebesar 300% dari harga pokok. Karena banyaknya permintaan, Honda akhirnya merakit motor ini tak lama setelahnya. Warna yang populer pada waktu itu adalah hijau tua dan ungu. Desain motor ini masih sangat terlihat kecil dan kurang gagah karena pada bagian fairingnya yang ramping hanya tersedia sebuah lampu utama kotak serta bagian belakangnya terlihat sangat kotak. Suspensi belakangnya sudah menggunakan shockbreaker tunggal dengan arm kotak. Velg yang digunakan menggunakan velg jari-jari dengan rem cakram dibagian depan dan belakang. Model ini muncul sampai dengan tahun 1997 dengan harga jual pada waktu itu 12 juta rupiah.

Setelah produksinya dihentikan karena krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1997 dan 1998, Honda kembali memperkenalkan varian terbaru Honda NSR dengan nama Honda NSR 150RR. Motor ini masuk ke Indonesia secara CBU pada tahun 2000. Sebenarnya, di Thailand sendiri motor ini merupakan barang sisa produksi yang sudah tidak boleh dijual karena tidak memenuhi standar emisi gas buang yang ada di sana. Oleh Astra Honda Motor yang menjadi ATPM Honda di Indonesia, motor ini kemudian dijual kepasar motor Indonesia karena peraturan emisi gas buang yang tidak terlalu ketat. Karena inilah motor ini juga mempunyai nama lain Honda NSR 150RR Astra. Berbeda jauh dengan Honda NSR 150R yang lebih ramping, NSR Astra kini lebih berisi dan gagah dengan bodi yang lebih dinamis dan lampu utama ganda berbentuk bulat. Sepintas, desain motor ini mirip dengan Honda CBR250RR MC22 yang dipasarkan di Jepang dan Australia. Pada bagian velgnya, kini sudah menggunakan cast wheel dengan 6 palang. Motor ini masuk ke Indonesia sebanyak 1600 unit dan saat itu dijual dengan harga 30 juta rupiah sampai tahun 2001.

Tak mau kalah dengan ATPM resmi Honda, importir umum juga tertarik menjual Honda NSR ke pasar motor Indonesia setelah kran impor kendaraan dibuka setelah ditutup sejak tahun 1970an. Untuk membedakan dengan versi Astra, Importir memasukkan Honda NSR 150 new RR dengan desain yang sedikit berbeda dengan NSR Astra. Walaupun sepintas sama, namun pada bagian lampu depannya berubah menjadi desain mata kucing yang membuatnya terkesan timeless. Pada NSR 150RR mata kucing ini juga menggunakan velg cast wheel dengan palang 3 yang berbeda dengan NSR Astra. Untuk bagian mesinnya, mesin NSR 150RR importir umum ini memiliki settingan yang berbeda sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 37Hp pada 10000Rpm dan torsi 26,5Nm pada 9000Rpm.

Honda NSR 150SP

Pada saat yang bersamaan, importir umum juga menghadirkan Honda NSR 150SP ke Indonesia. Sesuai dengan namanya, varian ini merupakan top of the line dari Honda NSR bermesin 150cc. Bodi motor ini masih mirip dengan Honda NSR 150 new RR. Yang spesial disini adalah penggunaan warna dan livery Repsol Honda yang mirip dengan livery NSR500 Mick Doohan di GP500. Pada bagian kaki-kakinya juga terasa sangat spesial dengan adanya velg palang 6 seperti NSR Astra dan velg palang 8 dibagian belakang yang keduanya berwarna orange. Yang unik disini adalah penggunaan lengan ayun tunggal yang disebut Honda sebagai Pro Arm. Swing arm Pro Arm ini terdapat disebelah kiri dengan ukuran yang lebih besar dibanding swing arm biasa karena selain sebagai tumpuan beban, juga sebagai dudukan untuk gear belakang dan cakram rem belakang. Pro Arm ini selain membuat tampilan kaki-kaki NSR SP menjadi keren juga mampu memperbaiki handling. Untuk bagian mesin, terdapat pengaturan pada RC Valve dan karburatornya yang membuat motor ini sanggup menghasilkan 39,5Hp pada 10500Rpm dan torsi 27Nm pada 10000Rpm. Dengan tenaga sebesar ini, tak heran kalau Honda NSR150SP menjadi motor produksi massal dibawah 175cc terkencang yang pernah dites di Bonneville SCTA Land Speed Record.

Kini populasi Honda NSR sudah semakin jarang dijumpai di jalanan. Ini dikarenakan perawatannya yang tergolong mahal berkat teknologi yang diusungnya. RC Valve yang merupakan kelebihan utama motor ini yang seharusnya dapat mengatur tenaga optimum ditiap putaran mesinnya dan menghasilkan tenaga yang merata ditiap RPM apabila rusak akan berakibat pada tenaga motor yang menurun drastis. Kelemahan RC Valve ini selain dapat menurunkan tenaga motor apabila rusak juga biaya untuk menggantinya akan sangat mahal karena harus impor dari luar negeri.

Style, speed serta handling yang sangat diutamakan dalam memilih sport bike seperti NSR150SP ini terakomodir semuanya dalam satu motor. Meskipun hanya hadir dalam waktu yang singkat dan harga jualnya yang sangat mahal, motor ini terus menjadi incaran biker di Indonesia. Tak hanya unit utuhnya, part eksotis seperti karburator dan Pro Arm NSR 150SP masih menjadi incaran utama untuk modifikasi. Karena inilah, tidak heran kalau sebuah Honda NSR150SP dengan kondisi istimewa harganya bisa mencapai 40 juta rupiah.

Spesifikasi Honda NSR150R ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda NSR150R
Jenis Sport, Sepeda Motor
Tipe NSR150
Mesin 2 tak 1 silinder 149cc crankcase reed valve induction
Bore X Stroke 59.0 X 54.5 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 6 Speed
Wheelbase 1.330 mm
Panjang 1.985 mm
Lebar 675 mm
Tinggi 1.050 mm

0 Response to "Honda NSR 150 series"

Post a Comment