Datsun Sena (1200AX)

Datsun Sena minibus

Mungkin banyak yang tidak tahu kalau Datsun pernah membuat mobil pickup cab over atau pikap tanpa hidung/bonet dengan harga yang sangat murah pada era 70an. Mobil pickup itu diberi nama Datsun Sena. Nama Sena disini bukan berasal dari nama mendiang pembalap F1 asal Brazil yang jaya diera 80an, Ayrton Sena. Toh pada awal diperkenalkannya mobil ini, Ayrton Sena juga belum memulai karir balapannya. Nama Sena ini berasal dari singkatan Serba guNa.


Pada tahun 1970an, pemerintah Indonesia sedang gencarnya membangun sektor industri salah satunya industri mobil. Beberapa kebijakan yang dikeluarkan untuk meningkatkan kemajuan dibidang industri mobil ini antara lain melarang impor kendaraan bermotor pada tahun 1973 dan memberikan intensif pajak untuk mobil yang memiliki komponen dalam negeri yang tinggi. Pada tahun 1974 PT Indokaya yang membawahi merk Datsun di Indonesia memproduksi Datsun Sena yang diklaim penggunaan kandungan lokalnya mencapai 75%. Angka 75% ini sesuai dengan program KBNS atau Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana yang membuat harganya menjadi murah. Pada saat itu, mobil ini diproduksi rata-rata hanya 250 unit per bulan.

Lebih jauh mengenai KBNS dan mobil nasional era 70an.

Mobil ini konsepnya sama seperti Toyota Kijang generasi pertama dimana bodi dan sasis dikembangkan didalam negeri sementara mesinnya masih memakai buatan luar. Mesin yang digunakan Datsun Sena ini sama dengan mesin yang dipakai Datsun 120Y alias Datsun A12 SOHC 8 valve berkapasitas 1200cc. Secara spesifikasi mesin, sama persis dengan Datsun 120Y yang memakai konfiurasi  silinder dengan pemasok bahan bakar karburator. Transmisi yang digunakan juga sama dengan transmisi manual 4 percepatan. Yang membedakan hanyalah rasio gigi karena Datsun Sena ini dibuat untuk mobil barang.

Mobil ini sebenarnya merupakan proyek Datsun (Nissan) untuk menjual mobil dengan harga yang sangat murah. Datsun Sena ini pada awalnya dibuat di Thailand dengan nama Datsun 1200AX sebagai BUV (Basic Utility Vehicle). Sasis mobil ini mengambil dari sasis Datsun Sunny Cab C20 atau yang dikenal juga dengan nama Nissan Vanette dengan tipe sasis ladder frame. Kaki-kaki mobil ini mengambil rancangan Nissan Sunny B10 pada bagian depan sementara bagian belakangnya memakai leaf spring. Setir yang digunakan Sena mengambil dari setir Datsun 520 dan instrument cluster mengambil dari Nissan Sunny B110.

Sesuai dengan namanya, Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana Datsun Sena ini memiliki bentuk yang sangat sederhana dengan lekukan yang serba kotak. Dari bagian depannya, hanya terdapat sepasang lampu bulat besar dan bumper besi yang terlihat seperti plat besi yang ditekuk membentuk bangun kotak. Dibagian depan, sama sekali tidak ada tambahan aksesoris apapun seperti list dll. Satu-satunya bagian yang membuat bagian depannya tidak terlihat polos adalah lubang ventilasi yang letaknya dibagian tengah. Bak belakang mobil ini juga sederhana seperti mobil pickup lain di jamannya. Bentuk bak belakang mobil ini hanya tersedia dengan bentuk standar deck atau terdapat tonjolan untuk rumah roda dibagian belakangnya.

Selain versi pickup, ada juga versi minibus atau station yang dikerjakan oleh industri karoseri lokal. Ada varian minibus yang memiliki 4 buah pintu ada juga yang hanya memiliki 3 pintu dengan pintu untuk penumpang berada dibelakang. Untuk menghemat biaya produksi, interior mobil ini juga serba sederhana. Tidak ada dashboard yang mewah karena bentuk dashboardnya hanya sebatas batang besi untuk dudukan speedometer yang dilapisi semacam fiberglass. Kaca depan bagian pintu memakai sistem geser macam jendela rumah untuk menekan biaya produksi. Enggsel untuk buka tutup pintunya juga berbentuk seperti gagang pintu rumah seperti Kijang Buaya walau lebih maju selangkah dari Kijang yang engsel pintunya berada diluar.

Populasi mobil ini tergolong langka. Jangankan betemu dengan unit yang masih jalan, unit yang masih beroperasi untuk kendaraan niaga sebagaimana rancangan awalnya juga sulit ditemukan. Padahal jaman dulu, mobil ini sempat digunakan sebagai angkot dibeberapa daerah di Indonesia. Selain itu, pemerintah pada waktu itu juga sempat membagi-bagikan beberapa unit Datsun Sena untuk operasional berbagai perguruan tinggi. Salah satu unit Datsun Sena minibus yang dipakai operasional ini teronggok di dekat pintu timur UPN Veteran Yogyakarta seperti pada gambar diatas. Nissan dan Datsun juga sepertinya sudah lupa kalau mereka pernah membuat mobil ini.

Spesifikasi Datsun Sena ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Datsun Sena
Jenis Pickup / Minibus
Tipe 1200AX
Mesin A12 SOHC 1200cc
Bore X Stroke 73.0 X 70.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.370 mm
Panjang 2.900 mm
Lebar 1.600 mm
Tinggi 1.790

0 Response to "Datsun Sena (1200AX)"

Post a Comment