Opel Rekord E

Opel Rekord diesel station wagon

Opel Rekord dinegara asalnya merupakan lineup executive car sekelas Mercedes-Benz W123 atau BMW seri 5 yang bentuk sedannya pernah masuk ke Indonesia pada tahun 1970an dengan ATPMnya saat itu Garmak Motor. Opel Rekord dengan kode generasi D ini pada akhirnya digantikan oleh Opel Rekord dengan kode generasi E yang pertama kali muncul di Frankfurt Motor Show pada tahun 1977. Opel Rekord dengan kode E series (baik E1 maupun E2 untuk versi faceliftnya) ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 1980 dan baru stop produksi pada tahun 1988 dalam bentuk station wagon.

Secara bentuk, mobil ini masuk kedalam klasifikasi station wagon seperti Mazda Vantrend. Namun jika dilihat dari jumlah pintunya yang hanya 3 termasuk pintu belakang yang digunakan untuk akses bagasi, mobil ini lebih cocok dibilang sebagai shooting brake. Shooting brake bisa dikatakan merupakan kombinasi dari sebuah coupe 2 pintu dengan station wagon. Alasan mengapa diberi nama shooting brake konon karena jaman dulu (awal abad 20) mobil jenis ini sering dipakai untuk berburu dan dipakai untuk membawa senjata yang ukurannya panjang dibagian belakangnya.

Mengapa Opel Rekord berbentuk demikian mungkin ada kaitannya dengan aturan perpajakan yang berlaku di Indonesia yang dilihat terlalu memberatkan untuk tipe mobil sedan. Konon pada mulanya Opel Rekord ini masuk secara CKD dalam bentuk panel van 3 pintu. Panel van ini pada jaman sekarang lebih dikenal dengan isitilah blind van. Karena ijinnya yang hanya berupa mobil barang, jadilah mobil ini bisa digolongkan sebagai KBNS atau kendaraan bermotor niaga sederhana yang pajaknya murah. Selesai dirakit, saat hampir dijual di dealernya barulah mobil ini diberi jendela dan bangku penumpang seperti model station wagonnya.

Opel Rekord dengan kode generasi E ini muncul dalam 2 varian yaitu Opel Rekord E1 dan versi facelift Opel Rekord E2. Opel Rekord E1 ini memiliki bentuk kotak namun masih terdapat lekukak membulat dengan ciri khas berupa lampu utama yang berbentuk trapesium. Opel sendiri mengklaim bentuk Opel Rekord E1 ini memiliki nilai coefficient of drag sebesar 0,42 atau setara dengan Lamborghini Countach. Pada tahun 1982, muncul facelift Opel Rekord ini dengan kode Opel Rekord E2 dengan bentuk yang lebih mengotak termasuk sisi miring pada headlamp yang kini menjadi lebih datar dan perbaikan aerodinamis lainnya yang pada waktu itu merupakan poin yang sedan digemborkan oleh pabrikan Jerman Barat. Model facelift ini diklaim memiliki nilai coefficient of drag lebih kecil yaitu 0,36 atau setara dengan Ferrari Testarossa. Model facelift ini bertahan sampai tahun 1986 namun di Indonesia baru stop produksi tahun 1988. Selain itu sepertinya Opel Rekord E2 inilah yang paling banyak beredar.

Opel record ini hadir dalam 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Kedua mesin ini sama-sama berkapasitas 2000cc dengan konfigurasi 4 silinder OHC dengan pasokan bahan bakar dari Bosch L Jetronic. Untuk mengenali mesin apa yang dipakai pada Opel Rekord, bisa dilihat dari tampilan eksterior terutama bagian kap mesinnya. Untuk Opel Rekord bermesin diesel terdapat tonjolan di kap mesin seperti yang terdapat pada mobil dengan mesin turbo walau untuk Opel Rekord ini tidak ada lubangnya. Untuk varian bensin, kap mesinnya rata dan polos tanpa lekukan ornamen apapun. Yang unik dari mobil ini adalah penggunaan aki yang berjumlah 2 unit untuk 1 mesin. Transmisi yang digunakan mobil ini merupakan transmisi manual 4 percepatan standar masa itu.

Kini populasi Opel Rekord dijalanan Indonesia termasuk langka. Hal ini disebabkan dulu penjualannya yang kurang laris serta kini kurang populer dan jarang dilirik. Maklum saja, bentuknya yang station wagon namun berpintu 3 terasa aneh bagi sebagian rakyat Indonesia. Meskipun unik, merk ternama dan murah, namun karena bentuknya yang kurang populer tadi membuatnya jarang dilirik kolektor mobil tua yang makin membuatnya terlupakan.

Spesifikasi Opel Rekord E ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Opel Rekord E
Jenis Station Wagon
Tipe Rekord E
Mesin bensin 2000cc
diesel 2000cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar L Jetronic
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.670 mm
Panjang 4.620 mm
Lebar 1.725 mm
Tinggi N/A


Comments

  1. Saya butuh pompa oli opel rekord tahun 1981 bahan bakar bensin. Cp.085225645547 & 085713861386

    ReplyDelete
  2. How is car manufacturer BMW able to offer its electric vehicle at such a competitive price?
    automoves

    ReplyDelete
  3. Mau tny, utk mesin dieselnya sendiri, kabarnya waktu itu yg seri diesel pake mesin isuzu 2000cc - 2300cc

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bukan mesin isuzu deh. isuzu c223 kapasitas murni 2238cc sementara rekord diesel yg 2300cc itu 2260cc. yang 2000cc kapasitas murni 1998cc (boreXstroke 86mm), isuzu nggak punya mesin diesel begitu...

      Delete
  4. Numpang silaturahmi, saya punya opel rekord e 2000 diesel, untuk cari lampu set depan n belakang dimana ya, trusss klu mau pasang power stering cocok pake punyaan apa ya suadara saudara

    ReplyDelete
  5. Numpang silaturahmi, saya punya opel rekord e 2000 diesel, untuk cari lampu set depan n belakang dimana ya, trusss klu mau pasang power stering cocok pake punyaan apa ya suadara saudara

    ReplyDelete
  6. Saya punya..tpi kok mesinnya Daewoo diesel

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesinnya sudah diganti mungkin? atau pakai part Daewoo? karena jaman itu Daewoo baru saja dibentuk dan baru jualan mobil-mobil GM rebadge sebagai syarat biar boleh jualan di Korea Selatan

      Delete
  7. Review utk mobil opel tolong ditambahkan om, salah satunya opel kadett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin suatu saat. Sayanya belum pernah ketemu yang naik dan hobi Kadett jadi belum berani keluarin artikel soalnya banyak yang mau dibahas dulu soal mobil ini...

      Delete
  8. Saya punya opel rekord tahun 1981, fisikmya 2 pintu tp kenapa di STNK 4 pintu tertulisnya, penjelasannya seperti apa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa, orang samsat suka salah nulis identitas kendaraan. Selama nomor rangka dan mesinnya sama tidak masalah sih. Tapi kalau mau, silahkan mampir samsat untuk minta koreksi.

      Delete
  9. Nyari lampu depan Opel record 83 dimana ya

    ReplyDelete

Post a Comment